Hari Tanpa Belanja, Ketahui Tanda Kamu Mulai Ketagihan Belanja Online

0
94
Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Pickawood

Masih dalam rangka Hari Tanpa Belanja, Paradiva mesti mengetahui beberapa tanda kamu mulai ketagihan belanja online. Hal ini tentunya supaya gajimu nggak terbuang sia-sia.

Tujuan utama diadakannya Hari Tanpa Belanja adalah sebagai aksi anti konsumerisme. Dengan kata lain, supaya masyarakat nggak belanja berlebih.

Agar bisa menghabiskan waktu Hari Tanpa Belanja dengan maksimal, Gadgetdiva punya informasi penting supaya kamu nggak ketagihan belanja nih.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Adrien Delforge

Baca juga: Fakta Hari Tanpa Belanja yang Harus Kamu Ketahui

Dikutip dari sebuah artikel di Halodoc, salah satu penyebab dari kecanduan belanja online bisa dikarenakan gangguan kontrol impuls yang disebabkan oleh stress. Intinya, cara ktia menghindari perasaan negatif tersebut ya, dengan berbelanja.

Perilaku kompulsif ini mengacu pada pengulangan yang berkelanjutan dari suatu perilaku tanpa memikirkan konsekuensi yang merugikan. Hal ini tentunya memberi kita banyak kesulitan.

Di samping itu, kecanduan belanja online ini juga dapat ditumbulkan dari beberapa hal yang berhubungan dengan rasa candu. Berikut adalah tanda-tandanya.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Arturo Rey

Belanja dengan Impulsif

Dampak dari gangguan kontrol impulsif adalah kecanduan membeli barang karena dorongan hati bukan kebutuhan. Pengeluaran tanpa memperhitungkan banyak hal membuat barang yang dibeli terus bertumpuk tanpa digunakan.

Seseorang dengan gangguan tersebut cenderung berusaha menyembunyikan kebiasaan buruk tersebut dari orang sekitarnya.

Baca juga: Rayakan Hari Tanpa Belanja, Ada 5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Jika Tak Belanja

Rasa Bahagia Setelah Belanja

Saat mengalami kecanduan belanja online, kita dapat merasa bahagia setelah check-out suatu barang. Perasaan gembira tersebut bukan disebabkan karena rasa memiliki barang, namun dari tindakan kita saat membelinya. Rasa gembira inilah yang dapat menjadi candu jika tak segera mendapat penanganan.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Unsplash/Milada Vigerova

Belanja untuk Menghilangkan Rasa Emosi

Dilansir dari Psychology Today, seseorang yang mengalami kecanduan belanja online berusaha mengurangi emosi dengan cara emmbeli barang. Seolah cara ini dapat mengisi perasaan kesepian dan kepercayaan diri yang rendah.

Suasana hati negatif juga dapat menjadi penyebab. Misalnya, bertengkar atau frustasi bisa menyebabkan keinginan untuk berbelanja. Padahal, perasaan itu hanya sementara dan dapat berganti menjadi rasa cemas atau bersalah.

Hari Tanpa Belanja
Foto: Tom Official

Namun, Paradiva nggak perlu khawatir dengan gangguan tersebut. Kamu juga tidak perlu mendiagnosa dirimu sendiri. Jika dirasa kecanduan tersebut sudah mengganggumu, langsung konsultasikan ke ahlinya yang dapat menanganimu.

Nah, semoga dari Hari Tanpa Belanja ini, kamu bisa menggambil banyak pelajaran ya, Paradiva!

Baca juga: Buy Nothing Day, Hari Tanpa Belanja 26 November 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here