Tips Berkarier di Industri Teknologi ala Tokopedia

0
Berkarier
Foto: Unsplash/Annie Spratt

Tokopedia membagikan beberapa tips bagi Paradiva yang ingin berkarier dalam industri teknologi. Tips ini dibagikan oleh Leny Suwardi, SVP of Data Protection and Privacy Office Tokopedia.

Dalam rangka menyambut acara START Summit Extension, Leny membagikan lima tips bagi para wanita yang ingin berkarier di dunia teknologi. Hal ini merupakan bagian dari upaya Tokopedia dalam mendukung kemajuan talenta perempuan.

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia berupaya mendukung kemajuan talenta digital lokal, termasuk talenta perempuan, dan membentuk ekosistem yang kolaboratif demi mengakselerasi tumbuh kembang industri teknologi dalam negeri,” jelas Leny dalam acara pembukaan START Summit Extension. 

Tips Berkarier dalam Bidang Teknologi ala Tokopedia

Kembangkan Keterampilan – Terus tingkatkan keterampilan sesuai perkembangan zaman. Caranya dengan terus belajar dan mengeksplorasi berbagai hal. “Kita bisa belajar secara gratis melalui Tokopedia Academy. Ada banyak topik yang bisa dipelajari, mulai dari teknologi, data, product design, entrepreneurship dan masih banyak lagi,” ujar Leny. 

Temukan Kekuatan – Setiap orang pasti memiliki pengalaman serta perspektif yang beragam. Penting untuk memiliki kerendahan hati demi membuka diri belajar dari siapa pun. 

“Di sisi lain, kita harus fokus dengan apa yang dimiliki dan terus mengasahnya hingga menjadi kekuatan diri. Membandingkan apa yang tidak kita miliki dengan kelebihan orang lain hanya akan menghambat perkembangan pribadi,” jelas Leny.

Beradaptasi dengan Fleksibel – Situasi dan kondisi sekitar selalu berubah sehingga sangat penting untuk cepat beradaptasi. “Kita perlu terus menantang diri untuk berinovasi dan menjaga relevansi. Di mana pun berada, kita juga harus selalu memberikan yang terbaik,” kata Leny.

Multitasking – Kemampuan multitasking juga sangat diperlukan. Misalnya, menyeimbangkan kepentingan keluarga dan kepentingan pekerjaan, apalagi ketika sudah berkeluarga.

Pentingnya ‘Me Time’ – “Membaca buku, olahraga, nonton serial drama, dan melakukan hal yang kita sukai adalah cara untuk mengisi ulang energi agar tetap sehat fisik dan mental dalam menjalani peran di keluarga maupun pekerjaan,” tutup Leny.

Tokopedia sendiri kembali menggelar konferensi teknologi tahunan yang bertajuk START Women in Tech. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu (27/11) kemarin secara daring.

Acara tersebut melibatkan banyak perempuan ahli teknologi di Indonesia sebagai pembicara. Salah satunya adalah Leny Suwardi.

“START Women in Tech diharapkan dapat memberdayakan talenta digital Indonesia, khususnya perempuan, dengan memberikan kesempatan berbagi pengalaman, memperluas wawasan sekaligus jaringan di industri teknologi agar lebih mampu bersaing secara global,” tambah Leny. 

Selain Leny, START  Women in Tech turut dihadiri  oleh  Ir. Suharti. M.A, PhD, Sekretaris Jenderal Kemendikbud dan Ristek RI; Mira Tayyiba, S.T., MSEE, Sekretaris Jenderal Kemenkominfo RI; Jamshed M.Kazi, Country Representative Indonesia & Liaison to ASEAN at UN Women; Megawaty Khie, Country Director Google Cloud Indonesia; Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia; Catherine Sutjahyo, Chief Food Officer at Gojek Group dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Lebih dari 3 Women in Tech Berniat untuk Resign


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan