Nggak Perlu FOMO lagi, Begini Cara Melihat Spotify Wrapped 2021

0
185
Spotify Wrapped 2021
Foto: Unsplash/Sgdesignco

Menyambut pergantian tahun, Spotify kembali meluncurkan Spotify Wrapped 2021. Buat Paradiva yang belum tahu cara membuatnya, nggak perlu khawatir karena kami bakal tunjukkin caranya. Simak ulasannya, ya!

Sama seperti tahun sebelumnya, Spotify Wrapped tahun ini kembali menunjukkan kebiasaan unik dari 381 penggunanya selama tahun 2021. Pengguna gratis maupun premium dapat mengakses pengalaman Wrapped mereka melalui aplikasi Spotify di iOS maupun Android.

Spotify Wrapped sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari podcast dan lagu teratas dari setiap pendengar yang dikombinasikan menjadi playlist. Lalu, dikemas menjadi sebuah konten mirip IG Story.

Spotify Wrapped 2021
Foto: Spotify

Jajaran ini dibuat berbasis data yang telah dikurasi secara khusus oleh tim editorial Spotify. Sehingga, Paradiva dapat menkmati beragam playlist dalam Wrapped 2021 seperti Your 2021 Wrapped, Top Tracks & Artists of 2021, Best New Podcasts of 2021 dan Best Episodes of 2021.

Yang menarik dari tahun ini adalah Wrapped 2021 menghadirkan empat fitur baru. Fitur ini menggambarkan ragam aktivitasmu dalam mendengarkan audio sepanjang tahun.

Ambil contoh 2021: The Movie yang diambil dari deretan lagu teratasmu yang dicocokkan dengan adegan film klasik. Playlist ini menggambarkan perjalanan audiomu.

Ada juga kategori Audio Aura, dimana Spotify bekerja sama dengan ahli aura dalam memvisualisasikan audiomu berdasarkan dua mood musik yang paling banyak didengarkan.

Sementara itu, Playing Cards menampilkan permainan interaktif berdasarkan data yang dapat dibagikan bersama teman. Spotify juga akan menyajikan beberapa pernyataan terkait kebiasaan mendengarkan pengguna selama satu tahun, lalu mengajak mereka menebak pilihan yang benar.

Yang terakhir adalah 2021 Wrapped Blend. Kategori ini berkaitan dengan fitur Blend yang diluncurkan tahun ini.

Dalam kategori 2021 Wrapped Blend ini, Paradiva dapat melihat bagaimana kecocokanmu di tahun 2021 dengan teman-temanmu. Sekaligus, memutar playlist blend dan membagikan hasilnya di media sosial.

Lebih lanjut, Spotify juga menghadirkan video apresiasi dari artis dan kreator untuk penggemar yang telah mendukung perjalanan mereka tahun ini. Video ucapan terima kasih tersebut akan muncul di playlist Your Top Songs 2021” atau “Your Artists Revealed” milikmu. 

Spotify juga akan merilis Spotify Clips for Podcasts sehingga penggemar dapat juga menerima pesan terima kasih dari host podcast favorit mereka. Kamu dapat memutar video tersebut dengan mengunjungi laman Spotify dari podcast yang berpartisipasi dalam program ini.

Cara Melihat Spotify Wrapped 2021

  1. Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped
  2. Pilih spanduk “Your 2021 Wrapped” pada beranda aplikasi.
  3. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, yang mana Wrapped 2021 seharusnya akan muncul di paling atas.
  4. Setelah masuk, kamu akan menemukan cerita “Wrapped” yang berisi informasi unik tentang pengalaman mendengarkanmu, seperti artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan total menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio di sepanjang tahun 2021.
  5. Selain itu, terdapat juga fitur-fitur baru yang disebutkan sebelumnya, seperti 2021: The Movie, Playing Cards, Audio Aura, Blend, serta Artist’s clips.
  6. Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut media sosial mereka.

Selamat mencoba Spotify Wrapped 2021-mu ya, Paradiva!

Baca juga: Ingin Karaoke Bareng Teman? Begini Cara Lihat Lirik Lagu Spotify

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here