2 Cara Menggunakan Fitur Take a Break Instagram

0
113
Postingan Instagram

Gadgetdiva.id — Fitur Take a Break Instagram telah menyambangi Indonesia. Dalam fitur ini, paradiva diberikan waktu untuk beristirahat sejenak dari Instagram. Ini dilakukan untuk mendukung produktivitas pengguna, terutama para remaja.

Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Instagram membagikan rangkaian tips kepada remaja untuk tetap menjaga keamanan dan wellbeing mereka melalui fitur-fitur yang tersedia. Bertepatan dengan momen spesial ini, Instagram juga mengumumkan kehadiran Fitur Pengingat untuk Istirahat (Take A Break) untuk seluruh pengguna di Indonesia sejak diperkenalkan pertama kali di beberapa negara pada Desember 2021.

Fitur Take a Break Instagram bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat keputusan yang tepat saat menghabiskan waktu mereka di Instagram. Jika paradiva telah menggulir dalam jangka waktu tertentu, Instagram akan meminta untuk beristirahat dan menyarankan agar mengatur pengingat di masa mendatang.

FItur take a break instagram

Cara yang dikembangkan Instagram ini berada di dalam tab Kelola Waktu, sama seperti dengan fitur Batas Harian yang memberi tahu pengguna jumlah waktu yang mereka habiskan di Instagram setiap hari serta menawarkan kemampuan untuk mematikan notifikasi dari Instagram. Untuk memastikan pengguna mengetahui fitur ini, Instagram akan memberikan notifikasi kepada mereka untuk menyalakan fitur ini.

Baca juga: Wirda Mansyur Bikin Token Crypto

Terlebih lagi, Instagram juga mengajak para remaja untuk menggunakan fitur ini karena hasil uji coba kami menunjukkan bahwa 90% remaja tetap menggunakan fitur ini setelah menyalakannya. Dalam beberapa bulan kedepan, Instagram juga akan mengaktifkan fitur ini secara otomatis kepada pengguna baru, khususnya akun remaja, serta menyarankan mereka dari Reels.

Cara mengaktifkan fitur take a break Instagram

a. Buka Aplikasi Instagram

b. Buka profil Anda

c. Ketuk tiga garis di pojok kanan atas profil Anda

d. Pilih menu Waktu

e. Pilih Atur Pengingat untuk Istirahat

f. Anda dapat mengatur pengingat untuk Istirahat untuk 10 menit, 20 menit, hingga 30 menit

g. Ketuk selesai untuk mengaktifkan waktu pengingat yang telah dipilih

Menerapkan secara otomatis akun baru dibawah 16 tahun akan menjadi akun privat. Instagram mulai menggunakan teknologi untuk mencegah orang dewasa dengan aktivitas mencurigakan mengikuti atau berinteraksi dengan akun remaja di Explore atau di kolom komentar.

Dimanapun dan kapanpun, Instagram terus berusaha untuk melindungi pengguna remaja di Instagram dari orang dewasa yang mereka tidak mereka kenali. Platform berbagi foto itu percaya bahwa dengan menjadikan akun privat merupakan langkah yang tepat untuk melindungi pengguna remaja dari interaksi yang tidak diinginkan ketika bergabung dengan Instagram. Semua ada di fitur Take a Break Instagram.

Untuk terus melindungi pengguna dari komentar kurang wajar dan perundungan, telah dikembangkan serangkaian fitur Take a Break Instagram sebagai berikut:

  1. Batas (Limit). Dengan fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan komentar atau DM dari akun yang tidak mengikuti Anda. Hal ini berarti jika pengguna mengalami pelecehan atau bullying, mereka dapat melindungi diri mereka hanya dengan beberapa ketukan sambil terus berinteraksi dengan komunitas dan kerabat terdekat mereka.
  2. Kata yang disembunyikan yang secara otomatis menyaring permintaan DM yang berisi kata, frasa, dan emoji yang menunjukkan ujaran kebencian, sehingga Anda tidak perlu melihat dan membacanya. Fitur ini berfokus pada permintaan DM, karena berdasarkan data kami permintaan DM merupakan fitur dimana pengguna kami biasanya menerima pesan-pesan ujaran kebencian tersebut. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan filter permintaan komentar dan DM di bagian khusus dari Pengaturan Privasi Anda tepatnya pada bagian Kata yang disembunyikan.
  3. Blokir dimana membantu Anda memiliki opsi untuk memblokir akun mereka dan atau memblokir akun baru yang mungkin dibuat oleh orang tersebut terlebih dahulu. Ini akan mempersulit orang yang telah Anda diblokir untuk menghubungi Anda lagi melalui akun baru. Hal ini dibangun atas dasar fitur sebelumnya yang kami persembahkan kepada pengguna kami, termasuk fitur Batas.

Untuk mengaktifkan ketiga fitur ini, paradiva dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Instagram
  • Buka profil Anda
  • Ketuk tiga garis di pojok kanan atas profil Anda
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Privasi
  • Anda dapat memilih pengaturan privasi mulai dari Batas, Kata yang Disembunyikan hingga Blokir pada laman Privasi ini, kemudian ikuti perintah pada masing-masing fitur untuk mengaktifkannya

Lebih lanjut, kami juga telah menghadirkan satu ide yang menurut kami dapat melindungi komunitas kami lebih jauh. Berdasarkan penelitian kami, kami mulai memahami beberapa jenis konten yang menurut sebagian orang cenderung adiktif dan berdampak negatif, dan kami hadir untuk memberikan solusi demi mendorong pengguna yang melihat topik yang cenderung negatif itu untuk melihat jenis konten yang berbeda. Hal ini kami sebut sebagai Nudges, sebuah fitur untuk mengarahkan orang ke konten yang menginspirasi serta mengalihkan pengguna dari menghabiskan terlalu banyak waktu untuk topik yang berpotensi memicu adiksi.

Dari segi program dan kemitraan, Instagram juga telah menyelenggarakan kampanye #RealTalk yang di pionir di Indonesia. Tahun lalu, Instagram telah bekerja sama dengan pakar kesehatan mental seperti @riliv dan @ibunda.id untuk menyebarluaskan informasi dan memberikan edukasi mengenai akses layanan kesehatan mental yang tersedia secara online. Kami juga bekerja sama dengan kreator konten remaja untuk mulai menyebarluaskan informasi kesehatan mental dan membantu mengurangi stigma mengenai isu ini. Selain itu, di tahun 2020, kami juga bekerja sama dengan komunitas orang tua Mom Sweet Moms untuk meluncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua edisi kedua yang dapat diakses disini.

Instagram menyadari bahwa masih banyak yang bisa dilakukan dalam mendukung keamanan dan wellbeing pengguna remaja secara online. Ke depannya, Instagram akan terus mendengar komunitas dan pakar serta bekerja sama dengan mereka untuk membangun dan menciptakan pengalaman yang positif untuk semua pengguna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini