Tips Menghemat Baterai Poco M3 Pro 5G

0
Fitur NFC

Gadgetdiva.id — Menghemat baterai Poco merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh semua pengguna smartphone. Walau mampu bertahan lama, tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai di smartphone sehingga bisa menemani seharian. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang umur baterai POCO M3 Pro 5G:

Matikan aplikasi usai digunakan

Untuk tips menghemat baterai Poco M3 Pro 5G yang satu ini, semua pengguna smartphone pasti sudah tahu. Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai smartphone terkuras dalam waktu cepat. Bahkan smartphone kadang suka nge-lag. Nah, untuk melakukan hal ini, tak perlu aplikasi khusus. Android Authority menyebut jika aplikasi khusus ‘killer app’ hanya menambah beban konsumsi baterai. Lagipula, apa susahnya mematikan aplikasi langsung dengan jari kita?

tips menghemat baterai poco

Gunakan internet dengan bijak

Seperti yang telah disebutkan di atas soal menghemat baterai Poco, layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang wi-fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi, penggunaan Wi-Fi juga bisa menghemat kuota data seluler yang kami miliki.

Matikan yang tidak digunakan

Fitur yang tidak digunakan namun tetap aktif kadang juga berpengaruh dalam konsumsi baterai smartphone POCO M3 Pro 5G. Mereka akan terus menyedot baterai. Maka dari itu, saat tidak digunakan, ada baiknya fitur-fitur tersebut dinonaktifkan agar daya pakai smartphone bisa lebih lama lagi.

Apa saja? Misalnya fitur koneksi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS atau lokasi. Jika kamu merasa tidak terlalu membutuhkannya, ya matikan saja. Cara paling mudah untuk mematikan semua fitur boros baterai itu adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Apalagi ketika kamu berada di area yang tidak memiliki layanan seluler, baterai akan cepat habis karena terus aktif mencari koneksi yang ada. Makanya, Airplane Mode merupakan fitur yang berjasa untuk menghemat baterai. Dan jangan lupa, jaringan selular biasanya lebih boros baterai ketimbang Wi-Fi.

tips menghemat baterai poco

Selain fitur konektivitas, mode getar juga diklaim sebagai fitur yang menyedot baterai dalam jumlah besar. Pasalnya, saat getar diaktifkan, perangkat akan berusaha keras untuk memutar alat penggerak sehingga menghasilkan vibrasi. Inilah yang akan membuat baterai cepat boros.

Atur layar adalah salah satu tips menghemat baterai

Kecerahan layar yang cukup tinggi ternyata juga mampu menyedot baterai dalam jumlah besar. Bahkan layar merupakan musuh baterai paling utama. Maka dari itu, atur kecerahan layar kamu serendah mungkin dari fitur Pengaturan smartphone. Atau bisa juga menggunakan fitur Adaptive Brightness yang membuat kecerahan layar diatur secara otomatis tergantung pada situasi dan kondisi pencahayaan di sekitar. Selain itu, atur kunci layar dalam durasi yang lebih cepat. Yang terbaik adalah pengaturan kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

Batasi lokasi dan data

Hampir semua aplikasi membutuhkan info lokasi perangkat atau location services. Ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat boros baterai. Oleh karena itu, untuk menghemat baterai Poco, sebisa mungkin matikan Location Service melalui Pengaturan di perangkat POCO M3 Pro 5G. Bisa juga menonaktifkan opsi Location and Google Search karena semua fitur ini membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar.

Gunakan mode hemat baterai

Mode hemat baterai bisa dibilang menjadi ‘pahlawan’ bagi perangkat smartphone. Hampir semua pabrikan smartphone memiliki fitur ini untuk bisa menghemat baterai hingga bertahan lebih lama dari yang diharapkan. Fitur penghemat baterai secara otomatis mematikan aplikasi yang ada di background, mampu mengelola aplikasi dengan baik, mengendalikan pengaturan pada smartphone secara otomatis, dan yang paling penting, secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.

Baca juga: 15 Mirror Selfie Dian Sastro dari Masa ke Masa

Di bawa ke pasar Indonesia sebagai “The Real 5G Killer”, POCO M3 Pro 5G menawarkan peningkatan performa dan kecepatan secara keseluruhan. Chipset Dimensity 700 yang tangguh di dalamnya memberikan performa flagship-level dengan tetap mempertahankan daya konsumsi yang lebih rendah untuk masa pakai baterai yang tahan lama berkat teknologi pemrosesan 7nm. Dengan modem 5G terintegrasi, perangkat ini mendukung dual 5G standby, memberikan pengguna koneksi 5G yang selalu aktif tanpa menukar kartu SIM secara fisik.

Harga POCO M3 Pro 5G saat ini berkisar mulai dari harga Rp. 2.599.000 untuk varian 4/64GB dan Rp. 2.899.000 untuk varian 6/128GB.

Gizmologi


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan