4 Cara Cari Cuan Lewat NFT, Tak Bisa Instan

0
160
Instagram NFT
Photo by Andrey Metelev on Unsplash

Gadgetdiva.id — Banyak yang menduga jika mencari uang dengan NFT merupakan salah satu jalan ninja untuk cepat kaya. Padahal tidak begitu ceritanya. Meskipun ada bukti hidup bernama Ghazali yang meraup banyak untung dari menjual foto selfie, tidak se-instan itu cara cari cuan lewat NFT.

NFT yang merupakan singkatan dari Non-Fungible Token dipercaya merupakan salah satu sumber menjajakan hasil karya digital dan mengubahnya menjadi uang. Namun arti sebenarnya adalah kepemilikan token oleh seseorang dan bisa merepresentasikan kepemilikan seseorang atas suatu hal, baik itu karya seni, game, sampai musik. Makanya cara cari cuan lewat NFT tidak bisa langsung berbentuk uang.

Baca juga: Wirda Mansur Tak Tahu Cara Check Out Shopee

Menurut blog Tokocrypto, NFT memiliki karakter unik dan langka dan satu kesatuan. Artinya, sebuah produk NFT memiliki kode yang berbeda di masing-masing pemiliknya. Meski barang digital itu sama, namun bisa dikenali siapa pemiliknya, berkat bantuan kode khusus yang ada di teknologi blockchain. Di situ akan tertera siapa penciptanya pertama kali, kapan pertama kali dijual, siapa saja pemiliknya, dan siapa pemiliknya saat ini. Jadi satu barang tidak bisa dihapus apalagi dipalsukan. Nah, lalu bagaimana cara cari cuan lewat NFT?

cara cari cuan lewat NFT
Ilustrasi-TokoMall-by-Tokocrypto

Cara cari cuan lewat NFT, seperti yang disebutkan di atas, tidak bisa instan atau duitnya langsung masuk ke tabungan. NFT bisa dibilang adalah token pribadi kita, yang harus dijual dengan cara menukarnya dengan aset kripto orang lain, baik berupa bitcoin, ethereum, dan sejenisnya. Nah, ketika karya kita sudah dibeli orang dengan aset kripto mereka, aset kripto itu bisa kita jual.

Untuk memaksimalkan karya NFT kamu, ada beberapa tips yang Gadgetdiva ambil dari blog Tokocrypto. Di antaranya adalah:

1. Cara Cari Cuan Lewat NFT: Buat karya yang original dan berbeda

Cara pertama adalah dengan membuat karya yang original dan memiliki visual yang berbeda dengan NFT kebanyakan. Cara ini terbukti bisa membawa banyak keuntungan, seperti yang terjadi pada visual artist FEWOCIOUS yang berhasil menjual doodle berciri khas ke dalam bentuk NFT dan menjadikan dirinya sebagai salah satu kreator dengan pendapatan terbesar dari NFT saat ini.

Cara ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada NFT Art, tetapi juga pada NFT Music dan NFT Game, nih. Misalnya pada NFT Music, Anda bisa menggunakan beat buatan Anda sendiri dan untuk NFT Game, Anda bisa mencari ide baru dan unik yang bisa dituangkan ke dalam game play. Memiliki karya yang asli dan unik sangat bisa meningkatkan nilai tambah NFT Anda.

2. Sambungkan dengan royalti NFT
Apakah Anda sudah tahu bahwa NFT dapat disambungkan dengan royalti, sehingga Anda sebagai kreator bisa terus memperoleh sejumlah pendapatan setiap kali NFT milik Anda terjual di pasar? Nah, cara ini bisa dijadikan alternatif untuk menghasilkan uang lewat NFT. Pasalnya, biaya royalti ini juga lah yang membedakan karya seni konvensional yang masih menggunakan sistem “beli-putus”.

Royalti ini bisa Anda sambungkan pada saat proses minting berlangsung dengan jumlah persentase hingga 10% dari harga NFT Anda di pasar. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hingga NFT Anda terjual dan nantinya royalti secara otomatis akan dikirim ke wallet Anda, sesuai dengan jumlah persentase yang Anda pilih.

3. Minting di platform besar
Jika sebelumnya berfokus pada karya, cara yang satu ini sifatnya lebih teknis, nih, yaitu dengan melakukan minting di platform yang besar. Selain karena platform besar memiliki reputasi yang baik dan terjamin keamanannya, Anda juga berkesempatan untuk membuat karya NFT Anda menjadi lebih dikenal khalayak luas, seperti yang dimiliki TokoMall.

Sebab, rata-rata platform atau marketplace NFT besar memiliki fitur yang lebih unggul jika dibandingkan dengan marketplace yang kecil dan kurang jelas asal usulnya. Selain itu, NFT Anda juga cenderung akan lebih mudah ditemukan karena akan ada banyak sekali kolektor NFT yang ‘berburu’ koleksi di marketplace besar.

Beberapa marketplace besar juga memungkinkan Anda untuk menyambungkan akun Anda dengan media sosial lho, sehingga jangkauan NFT Anda tidak terbatas pada marketplace saja. Jadi, lebih besar pula kemungkinan NFT Anda terjual dan menghasilkan uang.

4. Lakukan promosi
Cara terakhir adalah cara yang wajib dilakukan selepas minting, yaitu melakukan promosi atau shilling. Dalam pasar konvensional, promosi sudah terbukti banyak membantu meningkatkan penjualan. Hal yang sama juga dapat terjadi di dunia NFT. Promosi yang dilakukan terhadap NFT milik Anda akan membuat NFT Anda dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Bahkan, bisa jadi Anda menemukan kolektor yang sedang secara spesifik mencari karya seni dengan aliran yang Anda gunakan.

Nah, shilling ini tidak hanya bisa dilakukan di media sosial saja, lho. Tetapi Anda juga bisa melakukan shilling di komunitas NFT, baik yang global maupun nasional. Lewat komunitas, Anda juga bisa menjalin koneksi dengan banyak kreator juga kolektor. Jika beruntung, bisa saja kolektor tersebut tertarik dengan NFT yang Anda tawarkan dan berujung menghasilkan uang.

Memang, cara menghasilkan uang lewat NFT tidak bisa dilakukan secara instan dan perlu waktu. Namun, selama Anda melakukannya dengan telaten, perlahan NFT karya Anda akan menemukan kolektornya dan menghasilkan sejumlah uang ke wallet Anda, sang kreator.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini