Mengenal Facebook Reels yang Dihadirkan Meta

0
63
Facebook Reels

Gadgetdiva.id — Facebook Reels resmi diluncurkan oleh Meta. Semua pengguna aplikasi maupun dari iOS atau Android dapat menggunakannya.

Facebook Reels ini sebenarnya merupakan salah satu upaya Meta agar Facebook tak ditinggalkan oleh pengguna. Mengingat jumlah pengguna harian mereka berkurang drastis untuk pertama kalinya setelah 17 tahun dilahirkan.

Facebook Reels

Sama seperti Reels milik Instagram, Facebook Reels juga memungkinkan pengguna untuk melihat video dalam bentuk vertikal sekaligus melakukan penyuntingan layaknya TikTok.

“Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang sejauh ini, dan hari ini kamu membuatnya tersedia untuk semua orang di Facebook secara global,” ujar Mark Zuckerberg, CEO Meta dalam sebuah unggahan pada Selasa (22/2) dikutip dari Gizmologi.

Baca juga: Fitur Reels dan Musik Resmi Hadir di Indonesia

Apa itu Facebook Reels?

Sering digambarkan sebagai tiruan dari TikTok, Reels debut pertama kali di Instagram pada 2020 lalu. Namun, fitur tersebut baru hadir di Indonesia pada 2021 lalu.

Facebook Reels sendiri sebenarnya telah diuji untuk pengguna Amerika Serikat pada Agustus 2021 lalu. Hanya saja, mereka baru meluncurkannya sekarang.

Sejatinya, menggunakan Facebook Reels Paradiva dapat membuat video pendek dan mengeditnya secara cepat. Termasuk dengan menambahkan musik ke atau menggunakan video orang lain.

Facebook Reels sendiri dapat direkam dalam rangkaian klip atau sekaligus menggunakan unggahan video dari Gallery ponsel kamu atau dengan menggunggah video baru selama proses pembuatan. Dalam fitur ini, Paradiva juga dapat “me-remix” video orang lain dalam artian berduet dengan mereka dan mengunggah klip yang berdurasi hingga 60 detik.

Facebook ReelsParadiva juga dapat menyimpannya dalam draft. Jika dirasa belum siap untuk mengunggahnya.

Meski fitur ini merupakan tiruan dari TikTok, namun dalam Facebook reels Paradiva tak perlu mengunduh aplikasi terpisah apapun untuk menggunakannya. Tinggal buka saja Facebook atau Instagram.

Cara membuat Facebook Reels

Untuk membuat Facebook Reels ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti. Di antaranya sebagai berikut.

Facebook Reels

  1. Klik Create from the Reels pada Feeds atau lakukan tap pada ikon kamera yang berada di bagian kanan atas layar saat kamu sedang menggunakan Reels.
  2. Klik tombol rekam untuk menambahkan video. Lalu, tap pada ikon foto yang berada di bagian kiri atas untuk menambahkan video dalam Reels.
  3. Untuk menambahkan audio, text, efek, caption atau timer, Paradiva dapat melakukan tap pada masing-masing ikon yang tersedia pada layar.
  4. Klik Next jika dirasa sudah puas dengan konten yang ingin kamu unggah.
  5. Tulis deskripsi yang kamu inginkan. Lalu, pilih audeins.
  6. Kilk Share Reels untuk mengunggah Facebook Reels kamu.

Nah, selamat mencoba Facebook Reels ya, Paradiva!

Baca juga: Facebook Ujicoba Fitur Reels untuk Pengguna Amerika Serikat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini