Begini Cara Melakukan Reset Pada Ponsel iPhone

0
103
iOS 15.5

Gadgetdiva.id — Saat layar iPhone-mu tak merespon apapun, cara yang harus dilakukan adalah melakukan reset iPhone. Dengan itu, ponsel kamu akan kembali dapat digunakan sedia kala.

Reset iPhone sejatinya mirip dengan perangkat lainnya. Namun, setelah merilis banyaknya model baru pada ponsel, langkah tersebut mengalami beberapa perubahan.

Dilansir dari Digital Trends, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk reset iPhone. Mulai dari restart, soft reset dan factory reset.

Reset iPhone
Foto: Unsplash/Omid Armin

Perbedaan antara soft reset, force restart dan factory reset

Restart iPhone menggunakan opsi soft reset tak akan mengakibatkan datanya hilang, begitu pula dengan menggunakan force reset. Dimaana memungkinkan kamu menggunakan tombol perangkat keras untuk restart iPhone ketika layar sentuh tidak responsif atau aplikasi kamu mulai bertingkah aneh.

Sementara, factory reset adalah hal yang berbeda. Cara ini akan mengembalikan iPhone kamu ke dalam keadaan semula ketika pertam kali keluar dari box. Cara ini juga kaan menghapu semua konten, pengaturan dan informasi pribadi dari perangkat.

Factory reset dapat dilakukan jika kamu ingin menjual perangkatmu. Ini merupakan cara terkakhir yang Paradiva lakukan setelah memindahkan semua data pribadi dalam ponselmu.

Reset iPhone

Cara Factory Reset iPhone

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih General > Transfer or Reset Phone.
  3. Pilih Erase All Content and Settings.
  4. Klik Continue > Enter your passcode.
  5. Setelah samapi sini, ponsel kamu akan mencoba mencadangkan ke cloud. Jika berhasil, Paradiva akan diizinkan untuk melanjutkannya.
  6. Jika tidak, kamu tetap akan dibinta untuk menghapusnya.

Cara Soft Reset iPhone

Cara termudah untuk melakukan soft reset iPhone adalah dengan mematikannya. Metode ini sering disebut dengan soft reset. Pasalnya, tidak seperti factory reset, Paradiva tak akan kehilangan data apapun.

Apple merubah cara melakukan soft reset pada iPhone seri X, 11 dan 12. Di mana soft reset mengharuskan kamu menahan dua tombol.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah tekan dan menahan tombol power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan. Pada iPhone X dan model lebih baru, kamu akan menemukan tombol power di sisi kanan ponsel.

Reset iPhone

Langkah selanjutnya adalah letakkan jari kamu pada penggeser Slide to Power Off yang muncul pada layar. Lalu, geser ke kanan. Layar akan berubah menjadi warna hitam.

Setelah itu, tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Apple untuk menyalakannya kembali. Jika kamu menggunakan iPhone SE atau iPhone 8 atau versi lebih lama, kamu dapat mematikan iPhone hanya dengan menahan tombol Power hingga penggeser kembali muncul.

Atau, asalkan kamu menginstall iOS 11 atau lebih baru, Paradiva dapat mengunjungi Settings > General, lalu gulir ke bawah layar. Di mana kamu akan menemukan tombol Power.

Saat kamu mengetuk Shut Down, kamu akan melihat notifikasi Slide to Power Off. Lalu, kamu dapat melanjutkan ke langkah sebelumnya di atas.

Baca juga: Cara Bikin Collaborative Playlist di Spotify

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini