Ikuti Tips dan Cara ini untuk Membersihkan AirPods Dengan Benar

0
80
Membersihkan AirPods
Unsplash/Jackson Simmer

Gadgetdiva.id — Paradiva perlu meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan AirPods yang kamu gunakan. Gadgetdiva punya nih tips cara membersihkan AirPods dengan baik dan benar.

Sebelum membahas seputar cara membersihkan AirPods yang benar, Paradiva perlu tahu terlebih dahulu bahwa kotoran yang berada pada earbuds-mu tersebut dapat meredam suara jernih dan tajam. Bahkan, ia juga dapat menyebabkan infeksi telinga.

Membersihkan AirPods
Unsplash/Sophia Stark

Tidak membersihkan AirPods, tepatnya earbuds dapat menyebabkan infeksi disebabkan karena telinga kita secara alami menghasilkan kotoran telinga. Dimana secara medis dikenal seabgai serumen untuk melindungi telinga.

Jika kamu sering menggunakan earbuds tanpa membersihkannya, lilin yang terdapat pada benda tersebut dapat menempel. Lalu, menjadi sarang bakteri.

Menurut Baton Rouge General, menempatkan earphone berulang kali di telingamu tanpa mendisinfeksinya dapat memindahkan saluran telingamu. Sehingga, dapat menyebabkan infeksi.

Membersihkan AirPods
Unsplash/nidheesh kavalan

Cara membersihkan AirPods

Nah, langkah pertama untuk membersihkan AirPods adalah pastikan terlebih dahulu earbuds dalam keadaan mati dan terputus dari perangkat apapun. Berikut adalah cara membersihkan Airpods yang benar.

Jika Paradiva memiliki satu set earbud dengan ujung silikon yang dapat dilepas, misal AirPods Pro atau JBL Reflect Flow Pro, kamu beruntung karena lebih mudah untuk dibersihkan. Ujung silikon membantu melindungi speaker dari kotoran dan kotoran lainnya, plus mudah dilepas.

Membersihkan AirPods
Unsplash/John Smit

Untuk membersihkan ujungya, lepaskan dari earphone dan rendam dalam air sabun hangat selama 30 menit. Jika benar-benar kotor, kamu bisa mengaduk wadah untuk melonggarkan kotorannya.

Selanjutnya, gunakan kain bersih untuk kapas guna menghilangkan kotoran atau kotoran telinga yang tersisa. Lalu, biarkan ujung silikon benar-benar kering.

Jika kamu memiliki sepasang earbuds yang tidak dilengkapi dengan ujung silikon, kamu dapat membelinya di Amazon. Tergantung pada gaya earbuds-nya.

Cara terbaik untuk membersihkan AirPods dan Earbuds lainnya

AirPods dan earbuds Apple lainnya memiliki beberapa saran untuk membersihkan perangkatnya. Salah satu metode yang disaranakan ialah menggunakan desinfektan atau lap alkohol untuk membersihkan permukaan luar — jangan digunakan pada lubang speakernya.

Jika kamu menggunakan cairan apapun untuk membersihkan earbuds, keringkan sepenuhnya sebelum digunakan. Untuk lubang mikrofon dan speaker, gunakan kapas kering dan sikat berbulu lembut untuk menyeka kotoran dengan lembut.

Membersihkan AirPods
Unsplash/Content Pixie

Jangan menekan terlalu keras, jika kamu tidak ingin mendorong lilin melalui kasa. Pasalnya, akan sangat sulit untuk mengeluarkannya dari sana.

Jika kamu ingin tetap menggunakan produk Apple, perusahaan tersebut menyediakan Polishing Cloth khusus untuk membersihkan AirPods. Benda tersebut dibanderol seharga 19 dollar USD atau sekitar Rp. 273.000-an.

Jangan lupa bersihkan casing pengisi daya AirPods

Selain membersihkan AirPods, Paradiva juga harus membersihkan casing pengisi dayanya. Caranya sebagai berikut.

Jika Paradiva memiliki earbuds nikrabel, perangkat tersebut biasanya ditempatkan dalam sebuah wadah pengisi daya. ‘Rumah’ mereka tersebut harus dijaga juga kebersihannya.

Membersihkan AirPods
Unsplash/Screen Post

Gunakan kain lembut, kering dan tidak berbulu untuk menyeka kotoran. Jika perlu, kamu dapat sedikit membasahinya dengan air atau alkohol, namun kamu mesti hati-hati agar cairan tersebut tidak masuk ke dalam port pengisian daya.

Jangan membersihkan AirPods seperti ini!!

Meski kamu mengetahui bahwa beberapa AirPods dan Earbuds tahan atau kedap air, namun kami tidak menyarankan kamu untuk merendamnya dalam air. Kecuali, ujung silikonnya yang dapat dilepas.

Membersihkan AirPods
Unsplash/Suganth

Hal tersebut dapat menimbulkan beragam masalah. Pasalnya, beberapa earbuds tahan air hanya dirancang untuk terendam air selama kira-kira 30 menit. Namun, apa jadinya jika kamu lupa? Sebaliknya, tetap di sisi yang aman dan basahi kain mikrofiber atau kapas dan bersihkan kotoran dengan lembut.

Hindari membersihkan AirPods menggunakan benda tajam. Seperti peniti untuk membersihkan lubang mikrofon dan speaker karena dapat menusuk speaekernya. Sebagai ganti, kamu dapat menggunakan sikat berbulu halus atau tusuk gigi kayu untuk menghilangkan kotoran tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini