Kiat Seru Jalani Puasa Bersama Keluarga ala Ririn Ekawati

0
Ririn Ekawati

Gadgetdiva.id — Ririn Ekawati ungkap kiat seru jalani puasa bersama keluarga. Kiat ini bisa banget Paradiva terapkan apalagi buat kamu yang memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama bulan Ramadan.

Bulan Ramadan menjadi momen yang pas bagi kita untuk kembali berkumpul bersama keluarga. Meski harus tetap menyeimbangkan waktu dalam kegiatan sehari-hari seperti yang dirasakan oleh Ririn Ekawati.

Menurut Ririn Ekawati, sebagai working mom, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan berbagi waktu luang dengan kelaurga menjadi tantangan tersendiri. Apalagi di bulan Ramadan ini, kebutuhan keluarga semakin banyak dan sedikit berbeda dari bulan-bulan sebelumnya.

“Tradisi khas dan kehangatan bersama keluarga menjadikan bulan Ramadan sebagai salah satu momen spesial yang selalu aku nantikan. Namun, sebagai seorang working mom, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu luang bersama keluarga menjadi tantangan tersendiri. Terlebih di bulan Ramadan ini, di mana kebutuhan keluarga semakin banyak dan cukup berbeda dengan bulan-bulan lainnya,” pungkas Ririn dikutip dari rilis ShopeePay yang Gadgetdiva terima kemarin (4/4).  

Ririn Ekawati

Kiat seru jalani puasa bersama keluaraga ala Ririn Ekawati

Kenalkan konsep berpuasa pada anak secara bertahap

Di tahun ini, Ririn Ekawati dengan konsisten mengajarkan Cattleya, putri bungsunya, untuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga. Pasalnya, sejak Cattleya menginjak umur empat tahun pada Ramadan tahun lalu, Ririn telah mengenalkan si kecil pada kegiatan puasa.

“Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi. Bagaimana pun, aku sadar setiap anak pasti punya tantangan puasa yang berbeda-beda. Cattleya, misalnya, dia itu bisa menahan rasa lapar, tapi kalau menahan godaan untuk minum susu masih susah, karena memang doyan. Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga,” ungkap Ririn Ekawati. 

Ririn Ekawati
Ririn Ekawati (foto: IG Ririn Ekawati)

Susun meal plan dan rencanakan kebutuhan harian puasa bersama seluruh anggota keluarga

Menurut Ririn Ekawati, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadan. Untuk menambah kehangatan, ia pun kerap melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan berbagai kebutuhan tersebut. 

Ririn Ekawati
Pasangan suami istri, Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati (foto: IG RIrin Ekawati)

Menyusun meal plan untuk sahur, misalnya, membuat anak-anak semakin semangat ketika melaksanakan sahur. Menjelang berbuka, Ririn pun kerap mengajak sang anak dan suami untuk memilih kudapan hingga santapan berbuka.

Selain mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga, kegiatan menyenangkan ini menjadi salah satu momen quality time Ririn bersama keluarga di bulan Ramadan. 

Sambung tradisi lama, bangun rutinitas baru

Bertepatan dengan bulan Ramadan, Ririn Ekawati kerap menjalankan tradisi bersama keluarga, seperti berziarah menjelang Ramadan tiba, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat. Ririn Ekawati juga memiliki kebiasaan bukber bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga. Kendati pandemi yang masih melanda, Ririn Ekawati tetap berupaya untuk meneruskan tradisi-tradisi tersebut meski dengan keterbatasan.

Selain aktivitas di luar rumah, Ririn Ekawati juga berusaha memperkenalkan makanan khas Ramadan yang ia sukai sejak kecil kepada suami dan anak. Tumbuh dan besar di tengah keluarga Sulawesi, Ririn kerap menghidangkan kuliner khas, seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil keluarga saat berbuka. Selain itu, Ririn juga melanjutkan tradisi membuat buras dan Coto Makassar sebagai hidangan khas sambut hari raya. 

Manfaatkan teknologi dan platform digital supaya makin praktis

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi Ririn dan keluarga untuk tetap maksimal menjalani aktivitas berpuasa setiap harinya. Misalnya, memanfaatkan layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood untuk persiapan sahur dan berbuka puasa, layanan kesehatan online seperti Alodokter dan Natural Farm agar keluarga tetap fit, berbagai platform hiburan digital untuk mengisi waktu ngabuburit, hingga layanan pembayaran digital ShopeePay saat mengunjungi restoran favorit keluarga ketika buka bersama. 

Sebagai pengguna setia ShopeePay, Ririn mengajak masyarakat untuk turut menikmati sederet promo dari ShopeePay Big Ramadan Deals selama satu bulan penuh yang menggandeng ratusan merchant favorit. 

“Sebagai ibu yang juga aktif bekerja, ShopeePay Big Ramadan Deals dengan berbagai promonya tentu saja sangat memberi banyak kemudahan dan membuat aku jadi lebih hemat di bulan Ramadan. Bukan hanya program spesial, aku juga terbantu dengan berbagai fitur ShopeePay, baik untuk transaksi hingga kebutuhan transfer menggunakan fitur Transfer ke Bank yang gratis tanpa batas,” tutur Ririn Ekawati. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan