Puasa, Sekalian Diet Sehat Dipandu Samsung Galaxy Watch4

0
184
diet sehat dipandu samsung galaxy watch4

Gadgetdiva.id — Puasa ramadan menjadi momen yang penting untuk para pejuang tubuh langsung belajar diet sehat. Apalagi jika ditambah dengan bantuan Samsung Galaxy Watch4 di pergelangan tangan. Jam tangan pintar itu telah dibekali dengan banyak fitur untuk membuat tubuh sehat, termasuk menjalani diet sehat guna mendapatkan tubuh ideal.

Untuk mencapai target body goals, ada beberapa fitur di Samsung Galaxy Watch4 yang bisa membantu. Pertama adalah Body Composition, Weight Loss dan Diet Journey. Tentunya, Body Composition dibutuhkan sebagai tahap awal menentukan target berapa kilogram berat tubuh yang harus dikurangi. Setelah itu, tinggal rencananya proses penurunan berat badan dengan program Weight Loss. Terakhir, bisa direncanakan juga perjalanan diet paradiva sampai target tercapai.

Sejatinya, tubuh ideal bisa didapatkan dengan program diet yang teratur dan konsisten. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika paradiva memiliki smartwatch Samsung Galaxy Watch4.

diet sehat dipandu samsung galaxy watch4

Galaxy Watch4 Series mampu memahami tubuh pengguna lebih baik dalam mengukur komposisi tubuh kita. Fitur Body Composition ini dapat berjalan dengan akurat berkat kemampuan sensor Bioelectrical Impedance Analysis (BIA).

BIA Sensor memegang peran penting dalam mengoptimalkan fitur Body Composition pengguna dengan memakai Galaxy Watch4. Sensor ini bekerja dengan cara mengirimkan arus mikro untuk mengukur indeks massa tubuh (BMI), massa otot, basal metabolic rate, massa lemak, hingga kadar air di dalam tubuh.

Galaxy Watch4 dapat memeriksa kondisi tubuh pengguna hanya dalam waktu 15 detik dan satu sentuhan saja. Fitur Body Composition dapat ditemukan dalam aplikasi Samsung Health pada smartwatch.

Sebelum memeriksa kondisi tubuh, paradiva harus memastikan jika pengetesan saat sebelum makan, setelah buang air kecil, sebelum berolahraga, atau aktivitas lainnya yang menyebabkan suhu tubuh naik. Pengetesan juga akan lebih akurat jika paradiva tidak sedang menstruasi, tidak memakai benda logam. Jangan pernah mengukura komposisi tubuh saat sedang hamil karena kondisi ini sangat berbeda dengan tubuh orang normal.

Body Composition

Untuk mengukur Body Composition, cukup tekan ‘Measure’, lalu masukkan jenis kelamin, berat tubuh dan tinggi badan. Kemudian letakkan jari tengah dan jari manis pada tombol Home dan Back di bagian kanan jam tangan, lalu tunggu hingga hasilnya muncul di layar. Periksa hasil komposisi tubuh yang terpampang di layar smartwatch. Untuk melihat informasi tambahan yang terkait dengan komposisi tubuh, putar bezel ke kanan atau geser layar ke atas.

diet sehat dipandu samsung galaxy watch4

Galaxy Watch4 juga menyediakan insight komposisi tubuh yang lebih luas dari Centr, platform digital fitness yang dikurasi oleh aktor ternama Chris Hemsworth.

Menariknya lagi, pengguna Galaxy Watch4 juga akan mendapatkan uji coba gratis selama 30 hari untuk semua fitur dan akses di Centr. Padahal normalnya, Centr hanya memberikan free trial selama 7 hari. Centr akan membantu pengguna menemukan program olahraga hingga pilihan program diet yang dapat membantu mencapai tubuh ideal.

Ada fitur Body Composition Target untuk mencapai body goals yang diinginkan, mulai dari mengatur berat badan hingga massa otot. Fitur ini akan memberikan pengingat setiap harinya dalam menjalani gaya hidup sehat. Dengan ini, kita bisa menghubungkan target komposisi tubuh dengan workout routine, termasuk dengan kegiatan lari sehingga manfaatnya lebih maksimal dari rutinitas berolahraga dengan target yang komprehensif dan detail.

Ada tips dan pengingat yang dibagikan setiap harinya untuk memotivasi agar paradiva tetap konsisten dan bersemangat menjalani program diet. Fitur ini pun bisa membantu menjalani diet dan gaya hidup sehat yang eco-friendly, sehingga pengguna tidak hanya bisa mencapai wellness dari sisi fisik, namun juga dari dimensi lingkungan.

Weight Loss

Menurunkan berat badan atau Weight Loss dengan cara berolahraga akan terasa lebih menyenangkan dengan Galaxy Watch4 Series. Smartwatch ini akan berfungsi sebagai personal trainer, khususnya saat workout rutin untuk membakar lemak tubuh. Smartwatch ini juga mampu mengukur VO2 Max (kadar oksigen maksimum yang digunakan tubuh saat olahraga) secara real-time. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui sejauh mana mereka bisa memacu diri saat berlari dalam menjaga kebugaran tubuh. Kemudian, ada fitur Sweat Loss yang memberikan rekomendasi jumlah air yang perlu diminum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi berdasarkan jumlah cairan tubuh yang hilang setelah berlari.

diet sehat dipandu samsung galaxy watch4
Foto: Samsung

Lalu, ada Recovery Heart Rate yang akan mengawasi pemulihan detak jantung kamu selama dua menit setelah berolahraga. Fitur ini akan memberi tahu pengguna waktu yang tepat untuk mengambil jeda atau beristirahat sejenak. Saat berolahraga selama lebih dari 10 menit sambil mengenakan Galaxy Watch4, jam akan menampilkan pesan yang memicu semangat pengguna. Sebaliknya, ketika Galaxy Watch4 mengenali tubuh pengguna sedang tidak aktif selama lebih dari satu jam, smartwatch ini akan memberi tahu dan menunjukkan beberapa gerakan peregangan simpel yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan.

Selain itu, fitur baru Interval Training yang akan memberikan jadwal latihan custom dan dipersonalisasikan sesuai dengan target-target yang kamu inginkan, seperti durasi dan jarak lari.

Diet Journey

Aplikasi Samsung Health akan mencatat dan mengelola aktivitas serta pola tidur setiap hari untuk menumbuhkan kebiasaan yang sehat. Saat menghubungkan Galaxy Watch ke perangkat seluler, paradiva dapat menyimpan dan mengelola data terkait kesehatan dan menerima informasi berguna tentang kesehatan. 

Contohnya, melihat berapa banyak kalori yang terbakar setiap harinya dalam aplikasi Samsung Health pada smartwatch. Aplikasi ini akan mengatur kalori harian dan mingguan yang terbakar serta asupan kalori berdasarkan target berat badan yang ditetapkan. Jangan lupa aktifkan fitur manajemen berat badan di aplikasi Samsung Health pada ponsel untuk memeriksa berat badan di bagian Calorie Balance.

Selain kalori, Galaxy Watch4 juga akan mendeteksi langkah yang berperan penting dalam proses pembakaran lemak. Dengan fitur Steps, smartwatch ini akan mengukur langkah dan jarak tempuh pengguna. Paradiva juga bisa membuat target langkah setiap harinya, lho. Untuk melihatnya, pengguna hanya tinggal membuka grafik catatan yang ada di Samsung Health.

Galaxy Watch4 Series tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm, sedangkan Galaxy Watch4 Classic tersedia dengan pilihan ukuran 42mm dan 46mm.

  • Galaxy Watch4 40mm dibanderol Rp2.999.000, opsi warna Black dan Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 44mm dibanderol Rp3.499.000, opsi warna Black, Silver, dan Green;
  • Galaxy Watch4 LTE 40mm dibanderol Rp 3.999.000, opsi warna Pink Gold;
  • Galaxy Watch4 Classic 42mm Bluetooth dibanderol Rp4.499.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm Bluetooth dibanderol Rp4.999.000, opsi warna Black dan Silver;
  • Galaxy Watch4 Classic 46mm LTE dibanderol Rp5.999.000, opsi warna Black.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini