Tips Filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G ala Angga Dwimas Sasongko 

0
film pendek

Gadgetdiva.id — Angga Dwimas Sasongko ulas tips seputar filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G. Tips tersebut ia berikan dalam Galaxy Masterclass pada Galaxy Movie Studio 2022. 

Sebelum membahas tips filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G, Galaxy Masterclass sendiri merupakan sebuah workshop yang bekerja sama dengan Angga Dwimas Sasongko dengan memberi montoring. Topik yang dibahas ialah cara membuat film baik dari mulai proses pre-production hingga post production. 

Termasuk membahas tips filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G. Setidaknya, ada 3 kiat-kiat yang bisa kamu ikuti dalam proses pembuatan film. 

Tips Filmmaking

Tips Filmmaking Pakai Galaxy S22 Ultra 5G ala Angga Dwimas Sasongko

Siapkan pre-production dengan matang

Tips filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G pertama yang diulas oleh Angga adalah menyiapkan pre-production film dengan matang. Salah satunya adalah dengan menyajikan cerita terbaik untuk penonton. 

Oleh karena itu, sineas muda harus mampu membuat cerita yang dapat dipercaya oleh mereka. Supaya karya yang dibuatnya dapat dinikmatk seutuhnya. 

Untuk membuat storytelling yang mengalir, yang harus dilakukan oleh sineas adalah mencari ide dan gagasan yang kuat. Sehingga, dapat dikembangkan bersama-sama untuk kemudian dituangkan dalam penulisan karakter yang matang dan penyusunan plot yang ideal. 

Tips Filmmaking

Menurut Angga, dalam proses membuat storytelling, penting untuk pada sineas untuk memahami foundation of creation. Yakni, bagaimana sebuah kde dibangun, dibentuk, di-challange untuk kemudian dipertahankan dan dituangkan ke dalam penulisan yang lebih detail. 

“Don’t married to idea, karena kita sebagai kreator harus punya keterbukaan untuk ide-ide kita mendapat challenge dari orang lain karena dari situ kita bisa menemukan cerita yang lebih matang.”

Dalam proses pembuatan film menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G dalam Galaxy Movie Studio, challange yang harus dihadapi para sineas adalah memaksimalkan fitur yang ada pada Galaxy S22 Ultra 5G. Yakni, Nightography

Menurutnya, sineas harus bisa mengawinkan konsep tersebut dengan cerita yang mereka buat. Selain, memastikan mereka menulis karakter terlebih dahulu sebelum menentukan plot dan dialog. 

“Pastikan kita menulis karakter terlebih dahulu sebelum plot dan dialog, karena karakter menentukan seberapa hidup dan meyakinkan cerita yang kita bawa ke penonton,” ujar Angga.

Menguasai set dan tools guna maksimalkan proses produksi

Tips filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G selanjutnya adalah menguasai set dan tools. Salah satunya adalah menekankan pada pentingnya penempatan kamera. 

Pasalnya, penempatan kamera merupakan hal yang paling menentukan dalam menceritakan kisah dalam film sebagai kesatuan yang utuh. Plus, produksi film sendiri ditentukan oleh cerita yang dibawa, standar akan idealnya perlengkapan shooting pun bisa bermacam-macam. Hal ini perlh dipahami oleh para sineas dalam beradaptasi dengan berbagai properti dalam berkarya. 

Tips filmmaking

Galaxy S22 Ultra 5G memberi sineas peluang untuk lebih kreatif dalam menentukan angle dan scene dari film yang dibuatnya. Menurut Angga, hal tersebut dapat dilakukan berkat kemampuan perekaman hingga 8K dengan dukungan format gambar HDR10+, Cinematic Camera Movement hingga Nightography. 

Angga menambahkan bentuk Galaxy S22 Ultra 5G yang compact memungkinan para sineas hntuk explore berbagai shot atau pengambilan gambar dengan lebih mudah. Berkat angle dan penempatan kamera yang kompleks dan berani sekalipun. 

Menurutnya, hal ini bisa menambah keseruan dalam pengalaman menonton. Angga sendiri mengungkap fitur favoritnya, yakni Nightography yang dapat membantunya dalam mengeksekusi adegan dalam lokasi-lokasi yang minim cahaya. Sehingga, dapat menghasilkan rekaman yang dramatis dan cinematic. 

Mode Pro pada Galaxy S22 Ultra 5G dapat memberikan lebih banyak opsi dan pengaturan untuk mendukung kreativitas. US, Cinematic Camera movement yang menghasilkan bidikan lebih stabil saat keadaan low-light. Menurut Angga, Galaxy S22 Ultra 5G mampu memberi keleluasaan bagi pengguna untuk berkreasi dengan fitur-fitur yang dapat dimaksimalkan.

Tips Filmmaking

Arnand Praktikto, Director of Photography film Ben & Jody turut memberi tips. Menurutnya, salah satu aspek penting dalam shooting adalah bagaimana menempatkan karakter dalam menempatkan karakter dalam ruang yang digunakan. Mulai dari blocking terhadap sudut lensa hingga jarak antara kamera dan karakter. 

Setelah itu, baru penguasaan set dan ambience yang ada dalam lokasi juga menjadi penting. Oleh karena, hal tersebut dapat memudahkan penempatan karakter, framing hingga pemanfaatan lighting untuk hasil shooting yang maksimal. 

Smartphone sebagai alat perekam, bakal semakin memudahkan blocking karena tidak memerlukan tempat yang luas dengan mudah dapat meletakkan smartphone di sudut manapun bahkan bisa menempelkannya di dinding. 

Menyulap film dalam proses post-production

Tak hanya ditemani oleh Arnand Pratikto, Angga juga turut didampingi oleh Tedjo Teguh Raharjo, Editor dari film Wiro Sableng dan Filosofi Kopi. Dirinya memberi tips filmmaking bagi para sineas dalam proses post-production film.

Tips Filmmaking
BTS Web Series My New Rules of Journey menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Menurut Tedjo, editor adalah tulang punggung dari proses post-production film. Oleh karena itu, mereka harus bekerja keras dalam “menyulap” hasil film. Mereka juga harus bisa membaca visi sutradara dan memahami script, sehingga dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan melalui visual yang ditampilkan dengan sesuai. 

Bagi para sineas muda, proses editing kini sudah lebih memudahkan. Dalam melakukan proses editing menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G, para pembust film dapat langsung melakukan editing dengan bantuan aplikasi Adobe Premiere Pro agar proses pengeditan dapat dilakukan dengan lebih simpel. 

Nah, selamat mencoba sendiri tips filmmaking pakai Galaxy S22 Ultra 5G dari Angga ya, Paradiva!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan