Tips Mengamankan Data Saat Menggunakan Telegram

0
26
Telegram

Gadgetdiva.id — Telegram memberi tips terkait mengamankan data bagi pengguna saat menggunakan platform tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sebelum kita membahas tips mengamankan data saat menggunakan Telegram, hal tersebut disebabkan karena sebagian besar masyarakat di seluruh dunia beralih ke platform online saat berkomunikasi. Di Indonesia sendiri presentasi masyarakat yang memiliki akses Internet meningkat sepajang pandemi dari 66,19% tahun 2019 menjadi 69,8% pada 2020.

Telegram
Foto: Unsplash/Chrisitan Wiediger

Masyarakat Indonesia sendiri juga telah memanfaatkan layanan aplikasi perpesanan untuk melakukan banyak hal. Tak hanya keperluan pribadi, namun juga untuk berbisnis, belajar, berdiskusi dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi platform untuk menjaga keamanan penggunanya.

Berikut adalah tips mengamankan data saat menggunakan Telegram. Simak ulasannya ya, Paradiva.

Tips mengamankan data saat menggunakan Telegram

Setidaknya ada delapan langkah yang dapat kamu ikuti untuk mengamankan data saat menggunakan telegram. Hal ini merupakan komitmen Telegram terhadap pengguna dalam pentingnya menjaga privasi mereka.

Telegram

  1. Membuat akun otentikasi pengguna – memasukkan nomor teleponmu saat sign up. Guna memastikan keasilian pengguna melalui verifikasi.
  2. Kebebasan penuh pengaturan kontak –  setelah sign up, kamu dapat memberi atau membaasi akses yang diminta Telegram atas kontak dan log panggilanmu.
  3. Verifikasi dua langkah – untuk log in berikutnya, Paradiva dapat mengaktifkan verifikasi dua langkah. Guna mencegah pembajakan akun.
  4. Secret chat untuk keamanan ekstra – setiap obrolan pada Telegram dienkripsi, namun paradiva dapat mengaktifkan fitur Secret Chat sebagai enkripsi end-to-end tambahan.
  5. Tetap aman dengan mengunci chat – klik pada ikon kunci agar pesanmu dapat dikunci secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit.
  6. Bersosialisasi secara aman – Lokasi bersifat pribadi karena fitur “people nearby” dinonaktifkan seara default dan kamu selalu dapat mengaktifkannya untuk bersosialisasi.
  7. Selain keamanan individu, keamanan grup juga penting – batasi undangan untuk bergabung dengan grup dan juga batasi pesanmu agar tidak dibagikan pada luar grup.
  8. Menghapus pesan sebelum log out – hapus riwayat obrolanmu kapan saja dan gunakan metode “auto-delate” untuk menghapus jejakmu secaara otomatis setelah sekian waktu berlalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini