Tips Sulap Hunian Jadi Rumah Pintar Ramah Kantong

0
rumah pintar

Gadgetdiva.id — Rumah pintar menjadi salah satu solusi tepat sejak pandemi COVID-19 yang memaksa kita untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Dengan memanfaatkan teknologi, segala pekerjaan yang kita miliki jadi lebih mudah terselesaikan namun tetap hemat waktu.

Sebelum menyulap rumahmu menjadi rumah pintar, hal pertama yang harus diingat ialah rumah pintar tak hanya melulu soal teknologi. Namun juga harus fungsional dan dapat membuat penghuni nyaman.

Seperti yang dikatakan oleh Revano Satria yang berprofesi sebagai arsitek dalam BincangShopee 6.6 pada Selasa (24/5) lalu. Menurut Revano, sebuah rumah juga dapat dikatakan sebagai smart home ketika mengedepankan ketepatan desain, fungsionalitas dan juga pemilihan peralatan rumah tangga.

Konsep rumah pintar bagi Revano ialah sebuah rumah yang secara keseluruhan bisa menjadi hunian yang tak hanya pintar dari segi teknologi. Namun juga, pintar menciptakan suasana bahagia dan mendorong produktivitas para penghuninya.

rumah pintar

Tips Miliki Rumah Pintar Ramah Kantong

Gali informasi tentang keunggulan konsep smart home 

Sebelum kamu memutuskan untuk ikut mengadopsi sistem smart home di hunian-mu, pastikan bahwa kamu telah memiliki informasi yang cukup mengenai konsep smart home itu sendiri. Terdapat beberapa keunggulan smart home yang bisa kamu manfaatkan di dalam hunian-mu, seperti sistem smart home dengan gadget nirkabel yang dapat menghemat tenaga dan waktu penghuni atau juga hunian pintar yang rapi dan tertata, sehingga konsep smart home yang kamu terapkan nantinya dapat mengakomodir segala kebutuhan dan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penghuni. 

Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki

Untuk dapat membangun hunian pintar yang ramah dikantong, tentu berbagai perlengkapan rumah pintar yang kita beli harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Setiap berbelanja, jangan lupa untuk melakukan komparasi harga antar barang. Saat ini, sudah tersedia ragam pilihan perangkat rumah pintar dengan harga yang bervariasi dan sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Jangan khawatir karena kamu bisa menemukan berbagai perangkat dan keperluan smart home yang kamu butuhkan di Shopee, seperti storage box, robot vacuum hingga smart door lock, dengan memanfaatkan ragam promo menarik di Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale. Jadi, jangan takut untuk mulai menciptakan hunian pintar ramah kantong impian kalian, ya! 

Rumah Pintar

Cari tahu apa yang hunian kamu butuhkan

Ketahui bahwa tidak ada satu produk yang cocok untuk semua. Sebelum hendak membeli peralatan rumah pintar untuk hunian-mu, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja yang hunian-mu benar-benar butuhkan. Kamu bisa tentukan ruangan mana yang ingin terlebih dahulu dilengkapi dengan smart home appliances, misal ruang tamu, kamar utama atau kamar anak, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa memilih perangkat yang hendak kamu beli agar sesuai dengan desain area yang ada. Dengan ini, kamu akan semakin memiliki perencanaan serta alokasi dana yang matang untuk mewujudkan hunian pintar impianmu!

Pastikan peralatan smart home sesuai dengan tipe hunian kamu

Dalam membangun rumah pintar yang ramah dikantong, hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan bahwa peralatan rumah pintar yang kamu beli sesuai dengan kondisi dan kapasitas rumah sehingga tidak mengganggu ruang dan fungsionalitas hunian. Selain menyesuaikan dengan kondisi dan kapasitas rumah, pastikan juga perangkat yang hendak kamu beli cocok dengan tipe hunian-mu. Misalnya, untuk konsep hunian minimalis, pilihlah perangkat dengan warna-warna sederhana agar hunian-mu terkesan simple namun tetap elegan.

rumah pintar
Foto: Unsplash/Patrick Campanale

Bandingkan fungsi dan kualitas dari peralatan smart home 

Selain keempat hal diatas, hal lain yang perlu diingat dalam memilih peralatan rumah pintar adalah spesifikasi dan kualitas dari produk yang hendak kamu beli. Carilah produk dengan spesifikasi yang tepat dan harga yang pas serta berkualitas, sehingga dapat kamu gunakan untuk jangka waktu yang lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini