Begini Cara Schedule Posting Instagram, Catat ya!

0
49
Instagram
Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Gadgetdiva.id — Paradiva, apakah kamu tahu kita dapat melakukan schedule posting Instagram? Kali ini, Gadgetdiva akan memberi tahu caranya.

Schedule posting Instagram dapat membantu kita menjadwalkan postingan untuk dipublikasikan beberapa hari sebelumnya. Cocok banget buat kamu yang bekerja sebagai social media specialist atau telah menggubah akunmu menjadi akun bisnis.

Jika Paradiva diharuskan melakukan penjadwalan terkait posting Instagram, hal pertama yang harus ketahui bahwa untuk melakukannya ada banyak metode bervariasi yang harus kamu ikuti. Metode schedule posting Instagram ini berdasarkan jenis akun yang kamu milki.

Pasalnya, metode schadule posting Instagram untuk akun bisnis berbeda dengan akun Instagram pribadi. Berikut adalah langkah-langkahnya, simak ulasannya ya, Paradiva.

Cara Schedule Posting Instagram untuk Akun Bisnis

Untuk akun bisnis, petunjuk berikut adalah metode yang ideal untuk menjadwalkan posting di Instagram. Namun, ada beberapa persyaratan untuk membuat metode ini berfungsi. Salah satunya adalah Instagram kamu harus menjadi akun bisnis dan harus terhubung ke Creator Studio Facebook.

Untuk menghubungkannya, buka Creator Studio, lakukan log-in. Kemudian pilih opsi Connect your account. Setelah log-in ke akun Instagram, pilih opsi untuk menghubungkan akunmu ke Facebook Page.

Lalu, atur Account Center jika diperlukan. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan link akun bisnis Instagrammu ke Facebook Page yang ada. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Creator Studio, lalu pilih tombol Create yang berwarna hijau.
  2. Dari menu yang muncul, pilih feed Instagram atau video IG. Sesuai kebutuhanmu.
  3. Pada layar Post to Instagram feeds, isi formulir dengan mengunggah postingan kamu ke sana. Lalu, tambahkan detail yang relevan tentangnya seperti keterangan, lokasi dan lain-lain.
  4. Saat kamu siap menjadwalkan positngan untuk dipublikasi, lihat tombol Publish button yang berwarna biru. Pilih ikon panah ke bawah yang berwarna biru di sebelahnya. Setelah itu, pilih opsi Schedule.
  5. Kemudian, atur tanggal dan waktu sesuai yang kamu butuhkan. Pilih tombol Schedule yang berwarna biru.

Cara Schedule Posting Instagram untuk Akun Pribadi

Paradiva dapat menjadwalkan posting Instagram untuk akun Instagram pribadi. Namun, kamu tidak akan dapat mempublikasikannya secara otomatis pada waktu terjadwal yang diinginkan karena Creator Studio maupun aplikasi manajemen media sosial pihak ketiga umumnya tidak mengizinkan akun Instagram pribadi untuk melakukannya. Artinya, akun bisnis saja yang dapat melakukannya.

Namun untuk akun Instagram pribadi, Paradiva tetap dapat menjadwalkan postingan kamu. Alih-alih, postingan terjadwal kamu diterbitkan secara otomatis, kamu akan menerima pemberitahuan push atau pemberitahuan email yang akan mengingatkan kamu untuk mempublikasikan posting secara manual pada waktu yang dijadwalkan.

Petunjuk berikut akan menunjukkan cara menjadwalkan posting untuk akun Instagram pribadi menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut Planoly. Planoly gratis untuk digunakan dan tersedia untuk iOS dan Android.

Jika kamu sudah memiliki aplikasi tersebut, Paradiva dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Tautkan akun Instagram pribadimu dan jawab pertanyaan yang akan ditunjukkan.
  2. Setelah akun kamu siap dan telah terhubung dengan Instagram, buka aplikasi Planoly. Lalu, pilih ikon tanda Plus di bagian bawah layar.
  3. Pada opsi Choose a source yang muncul pada pop up menu, pilih content source. Untuk panduan ini, memungkinkan kita untuk memilih foto.
  4. Pada layar berikutnya, pilih konten yang ingin kamu unggah. Kemudian, pilih Upload.
  5. Setelah diunggah, thumbnail konten kamu akan muncul pada dasboardmu di bawah tab Unscheduled.
  6. Pilih konten tidak terjadwalmu dan tambahkan keterangan atau detail lainnya ke postingan kamu. Kemudian, pilih sakelar di sebelah opsi Schedule a reminder notification.
  7. Pada layar berikutnya, atur tanggal dan waktu yang kamu inginkan untuk menjadwalkan postinganmu. Kemudian, pilih Save.
  8. Pilih tombol Save tersebut di bagian bawah layarmu. Postignanmu akan muncul di dashboard bawah tab Scheduled.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini