Mudahkan Pendengar Akses ke Playlist Favorit, Spotify Bawa Fitur Folder

0
Fitur Video Music
Foto: Unsplash/Sgdesignco

Gadgetdiva.id — Fitur Folder Spotify telah tiba pada platform. Fitur ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam mencari koleksi playlist yang mereka ikuti maupun mereka buat sendiri.

Paradiva mungkin sering kesulitan mencari playlist maupun lagu yang ingin kita dengan karena banyaknya koleksi playlist lainnya yang berantakan di akun kita. Nah, kini platform telah menghadirkan fitur Folder Spotify.

Fitur Folder Spotify sendiri berfungsi agar para pengguna dapat membuat folder-folder playlist dan kompilasi kelompok lagu berdasarkan tema, suasana hati, sumber atau kategori yang mereka tentukan sendiri. Dapat diakses melalui aplikasi desktop atau pemutar web di komputer.

Cara Menggunakan Fitur Folder Spotify

Lebih lanjut, fitur ini juga dapat menghemat waktu pengguna untuk menemukan playlist tertentu yang sedang ingin didengarkan. Nah, untuk menggunakannya Paradiva dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

Buka aplikasi Spotify di desktop atau pemutar web

Masuk ke akun Spotify pada aplikasi desktop atau pemutar web dan pilih salah satu playlist yang sudah ada di ‘Koleksi Kamu’. Klik kanan pada playlist tersebut.

Pilih “Buat folder”

Setelah mengklik kanan playlist yang dipilih, klik pilihan “Buat folder” dan pengguna akan melihat folder kosong baru pada layar bernama “Folder Baru” di aplikasi dekstop atau pemutar web Spotify mereka. 

Ketik nama yang dipilih untuk playlist

Ubah nama asli “Folder Baru” sesuai dengan preferensi. Inspirasi untuk nama folder playlist bisa berasal dari dekade, genre, suasana hati–atau kategori lain yang dipilih pengguna. 

Cukup seret dan lepas untuk menambahkan lebih banyak playlist ke dalam folder

Paradiva dapat mengelompokan playlist sejenis untuk akses lebih mudah dan untuk menghemat ruang. Kamu dapat menarik playlist yang mereka ingin gabungkan dan melepaskannya pada satu folder.

Folder untuk playlist siap digunakan

Setelah Paradiva menambahkan playlist pada folder, kamu dapat mengklik nama folder tersebut untuk dapat diakses dengan mudah. Gunakan tombol panah di sebelah nama folder untuk memperluas atau mengecilkan folder playlist dari tampilan. Paradiva bahkan dapat membuat folder di dalam folder – cukup dengan klik kanan pada folder yang dimaksud dan klik “Buat folder”.

Jika sewaktu-waktu Paradiva berubah pikiran, kamu dapat menarik playlist ke luar folder dan menghapus folder tersebut. Tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah, menghapus folder secara permanen akan menghapus seluruh playlist yang ada di dalamnya. Sebelum menghapus folder di Spotify, pastikan semua playlist penting telah dipindahkan keluar folder terlebih dahulu.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan