4 Trik Jitu Atasi Internet Lemot

0
106

Lagi googling, tapi hasil pencariannya lama keluar. Lagi seru-serunya nonton, tapi buffering. Lagi video call, tapi putus-putus. Internet lemot memang bikin jengkel dan hambat aktivitas sehari-hari. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kecepatan internet, bahkan bikin smartphone kamu terasa seperti baru!

Menariknya lagi, trik jitu ini bisa diterapkan di smartphone harga sejutaan sekalipun, seperti Galaxy A03 Series. Dengan layar, memori, dan baterai yang besar serta jaringan 4G, sensasimu berselancar di internet pakai smartphone terjangkau jadi lebih lancar.

Lakukan restart secara berkala

Tiap harinya, kita bisa menggunakan smartphone berjam-jam. Ada kalanya smartphone yang dipakai terus menerus jadi overheat, yang bikin smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun jadi lemah. Maka dari itu, merestart smartphone secara berkala jadi penting dilakukan supaya kinerja smartphone terjaga dalam jangka panjang.

Tutup, nonaktifkan, atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Semakin sering kita pakai smartphone untuk buka berbagai aplikasi, maka smartphone bisa mengalami hang dan bikin internetnya juga ikut lemot. Selain me-restart smartphone secara berkala untuk menjaga agar selalu responsif, kita juga bisa meningkatkan kenyamanan berinternet pakai smartphone dengan memerhatikan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Dengan menutup aplikasi secara utuh dan menonaktifkan, atau bahkan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, hal tersebut bukan hanya mengoptimalkan konektivitas internet, tapi juga akan memaksimalkan kinerja smartphone. Pasalnya, hal tersebut akan membuat RAM dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, sehingga smartphone punya lebih banyak memori untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar.

Blokir iklan yang mengganggu untuk browsing yang lebih lancar

Browsing jadi salah satu hal yang paling sering dilakukan dengan smartphone. Namun, jika kita browsing terus menerus, apalagi saat membuka situs-situs dengan banyak banner iklan, hal ini bisa bikin smartphone jadi lemot dan memperlambat koneksi. Untuk browsing yang lebih nyaman dan lancar, ada baiknya kamu menggunakan fungsi blokir iklan yang bisa ditemukan di aplikasi browser seperti Google Chrome dan Samsung Internet.

Maksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G merupakan jaringan mobile yang paling terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan operator guna mendukung pengguna menikmati internet yang lebih cepat untuk browsing, chatting, video call, streaming, hingga download konten yang lebih lancar. Untuk memaksimalkan jaringan 4G, kamu bisa memilih operator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu untuk mendapatkan internet yang lebih lancar.

Baca juga : Lenovo Yoga Resmi Rilis di Indonesia, Bawa Prosesor Intel Gen 12

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini