5 Tips Ampuh Dapat Bintang 5 Dari Pembeli TokoPedia

0
tokopedia 2023
Ilustrasi kurir

Ulasan dari pembeli sangat penting bagi kelangsungan bisnis pegiat usaha, termasuk UMKM lokal. Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review atau ulasan bintang lima dari pembeli.

Responsif dan Komunikatif

Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain.

“Sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka tutup hingga jadwal libur toko,” saran Resti.

Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

"Tokopedia"

Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan.

Deskripsikan Produk dengan Jelas

Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli.

Kemas Produk dengan Aman

Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman. Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang.

Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan.

Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi

Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko. Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.

“Berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diperoleh dan diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller. Kami berharap berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional,” tutup Resti.

Baca juga : Gandeng Erafone, vivo Indonesia Sediakan Unbox Experience vivo X80 Series


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan