Cara Pakai Edge Panel di Samsung Galaxy Z Flip4 5G

0
Edge panel di Samsung
Tampilan Panel Edge di Samsung Galaxy Z Flip4 5G.

Gadgetdiva.idEdge Panel di Samsung Galaxy Z Flip4 5G merupakan salah satu fitur yang cukup menyenangkan untuk digunakan oleh mereka yang multitasking. Pasalnya, edge panel membuat perpindahan aplikasi juga lebih cepat dan mulus.

Sejatinya, Edge Panel di Samsung sudah ada sejak lama. Awalnya, hanya menampilkan aplikasi favorit yang sering dipakai sehari-hari. Namun kini, alat tersebut bisa dikostumisasi dengan menu atau widget yang lain. Misalnya akses cepat ke aplikasi favorit, kontak, widget cuaca  sampai kalender, dan yang lainnya. 

Yang terpenting, Edge Panel di Samsung memungkinkan pengguna untuk bisa mengoperasikan smartphone dengan satu tangan. Tinggal swipe 1-2 kali, tanpa bolak-balik menu, home screen, atau app drawer terlebih dahulu. 

Edge panel di Samsung
Tampilan Panel Edge di Samsung Galaxy Z Flip4 5G.

Edge Panel ini sendiri sudah lama menghiasi layar smartphone Galaxy, jadi buat kamu yang belum memaksimalkan kegunaannya, kamu bisa mulai melakukannya di Galaxy Z Flip4 5G. Dengan Edge Panel, pengguna bisa multitasking dengan lebih praktis. Misalnya, saat sedang streaming video di YouTube dan ingin kepoin si YouTuber di Instagram. Pengguna bisa buka Edge Panel dan drag ikon Instagram ke layar, lalu layar akan otomatis menjalankan Multi Window dalam mode split screen. Bahkan, kita masih bisa tambah satu lagi jendela aplikasi secara pop-up screen–jadi total kamu bisa buka 3 aplikasi sekaligus.

Selain bikin multitasking jadi lebih praktis, Edge Panel juga bikin pengalaman menggunakan smartphone secara keseluruhan menjadi lebih nyaman berkat kustomisasi yang ditawarkannya. Sebagai contoh, kita bisa menempatkan Edge Panel di kanan bawah layar agar lebih dekat ke jempol kanan supaya lebih mudah dijangkau. Lalu, bisa juga mengatur transparansi, warna, dan ukurannya agar lebih mudah dilihat dan diakses.

Jadi, ini bisa sangat mudah menjangkau berbagai fungsi smartphone hanya dengan satu tangan. Kustomisasi lainnya, bisa dengan mengubah desain seutuhnya dari Edge Panel menggunakan pilihan tema yang tersedia di Galaxy Store.

Berikut cara mengatur Edge Panel di Samsung agar layar smartphone lebih kekinian:

Edge panel di Samsung Panel Edge di Samsung Panel Edge di Samsung

  1. Buka Settings
  2. Pilih Display
  3. Pilih Edge Panel
  4. Pilih Panels untuk menentukan fungsi apa saja yang disertakan di Edge Panel. Setelah masuk ke menu ini, kamu bisa menentukan aplikasi, kontak, widget, hingga tools favoritmu. Di menu ini, kamu juga bisa tap Galaxy Store untuk mengubah desain dari Edge Panel.
  5. Pilih Handle untuk mengatur tampilan Edge Panel di layar. Setelah masuk ke menu ini, kamu bisa menentukan posisi, warna, transparansi, dan ukuran Edge Panel sesuai preferensi.
  6. Pastikan toggle Edge Panel dalam keadaan aktif supaya kamu bisa menggunakannya.

Galaxy Z Flip4 5G hadir dalam tiga pilihan warna Bora Purple, Graphite, Pink Gold dan Blue. Perangkat ini dibanderol seharga Rp. 14.999.000 (8GB/256GB) dan Rp. 16.999.000 (8GB/512GB). Smartphone sudah bisa didapatkan secara daring maupun luring.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini