Tips Melindungi Akun Pribadi Twitter dari Kaspersky

0
DM Twittter

Gadgetdiva.id — Keamanan akun dan data pribadi menjadi hal terpenting saat kita bermedia sosial. Tak terkecuali keamanan akun pribadi Twitter.

Twitter belakangan ini mengalami banyak perubahan setelah diakusisi oleh Elon Musk beberapa waktu lalu. Platform tersebut kini berada dalam era baru pengembangan Elon.

Salah satu hal yang paling ialah kemanan akun pribadi sekaligus perlindungan data pengguna. Sebab itu, para pakar Kaspersky telah menyiapkan tips melindungi data pribadi Twitter. Guna membantu mereka mengamankan privasi dan keamanan data pribadi dalam akun masing-masing.

Sehingga, para pengguna dapat melindungi akun Twitter pribadi mereka meski ada banyak perubahan ke depannya yang akan dilakukan oleh platform tersebut. Berikut tipsnya.

Tips melindungi data pribadi di Twitter

Pertama-tama, yang harus Paradiva lakukan secara teratur ialah memeriksa apliaksi mana yang memiliki akses ke akun Twitter-mu. Beberapa aplikasi dapat memeriksa kontak, data pribadi seperti nomor telepon atau alamat email.

Untuk mengamanakan dan melindunginya, lebih  aman jika membatasi akses untuk semua aplikasi yang tidak diperlukan. Informasi ini dapat diperiksa dalam bagian Keamanan dan Akses Akun.

Tips melindungi akun pribadi Twitter
Foto: Unsplash/Ravi Sharma

Langkah lainnya yang dapat kamu lakukan ialah menghentikan pengguna menemukan akunmu melalui nomor telepon atau alamat email yang terdaftar. Cara ini dapat mencegah penjahat dunia maya menggunakan informasi tersebut.

Sejatinya secara default, pengguna Twitter lain dapat menemukan akunmu menggunakan nomor telepon atau alamat email. Informasi dari profil kamu juga dapat membantu penjahat dunia maya melakukan serangan phishing. Maka, sebaiknya nonaktifkan fitur ini,

Untuk menghentikan pengguna menemukan akunmu menggunakan nomoer telepon atau email. Paradiva bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut.

    • Buka menu dengan mengetuk ikon di sudut kiri atas layar.
    • Buka bagian Pengaturan dan privasi.
    • Pilih Privasi dan keamanan.
    • Klik Discoverability dan kontak.
    • Hapus tanda centang di sebelah: Biarkan orang lain menemukan Anda melalui email Anda; (Let others find you by your email) dan Biarkan orang lain menemukan Anda melalui telepon. (Let others find you by phone). 

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Otentikasi Dua Faktor (2FA/ Two-Factor Authentication) yang dapat menyelamatkan akun dari berbagai kemungkinan serangan. Selain itu, menambahkan lapisan perlindungan kedua dapat menghentikan sebagian besar penipuan online. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini