MacBook Lemot? Ini Penyebab dan Solusi Untuk Mengatasinya

0
MacBook Lemot

Gadgetdiva.id — MacBook merupakan produk laptop dari Apple yang memiliki reputasi sangat baik meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa MacBook seiring berjalannya waktu akan menjadi lemot atau mengalami masalah lain seperti, mesin cepat panas, butuh waktu lama membuka software, hingga bluescreen.

Bekerja dengan MacBook Lemot sangat membuat frustrasi, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurani masalah tersebut.

Membiarkan Terlalu Banyak Aplikasi Terbuka

MacBook Lemot dapat terjadi jika menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, jadi cara lain untuk membuat MacBook menjadi lebih cepat seperti dengan menutup semua aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui Dock di desktop. Semua aplikasi yang berjalan akan muncul di Dock dengan titik bercahaya di bawah ikonnya. Untuk menutup aplikasi yang terbuka, klik kanan ikonnya, lalu pilih keluar.

Ruang Disk Semakin Kecil Bikin MacBook Lemot

Laptop membutuhkan ruang yang cukup pada drive untuk bekerja secara optimal, sehingga MacBook mungkin akan menjadi lamban saat penyimpanan mendekati kapasitas maksimum.

Untuk memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia, klik ikon Apple di kiri atas bilah menu, lalu buka “About Mac” dan pilih penyimpanan, dan akan melihat ruang yang digunakan dan yang tersedia, serta kategori file mana yang paling banyak menggunakan ruang di MacBook.

Melakukan penghapusan aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan, sangat membantu untuk merubah keadaan MacBook lemot kembali ke performa yang secepat kilat.

macOS sudah Terlalu Tua

Apple selalu merilis pembaruan macOS setiap tahun, dan setiap peningkatan macOS akan mendapatkan fitur lanjutan, perbaikan bug, tambalan, dan peningkatan lainnya untuk berbagai sistem.

Sangatlah penting untuk memperbarui MacOS secara teratur untuk memastikan bahwa MacBook telah mengikuti pengembangan perangkat lunak dan bekerja secara optimal.

Jika Anda menjalankan macOS yang kedaluwarsa, perangkat mungkin bermasalah dan pada akhirnya, lambat hingga tidak bisa menunjang aktifitas seperti biasanya.

Untuk memperbarui macOS, pertama harus dipastikan laptop terhubung dengan internet, lalu cadangkan File agar Anda tidak kehilangan data penting apa pun jika terjadi kesalahan.

Setelah selesai, klik menu Apple di pojok kiri atas layar dan buka Tentang Mac Ini, lalu pilih Pembaruan Perangkat Lunak dari tab Ringkasan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini