Tips

Smartphone Android Suka Nge-Freeze? Ikuti Cara Ini Biar Gak Kejadian Lagi!

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Menurut Google, terdapat lebih dari tiga miliar perangkat smartphone berbasis Android yang aktif di seluruh dunia. Pasar smartphone Android memang sangat digemari produsen maupun pelanggan karena harga yang relative terjangkau.

Android memang memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah mengunduh file atau aplikasi yang diperlukan dari sumber pihak ketiga atau tidak melalui toko aplikasi resmi. Pengguna akan merasakan efisiensi ketika menggunakan smartphone Android.

Cara Mudah Menghapus Akun Gmail, Cuma Butuh 1 Menit!

Namun, tidak semua smartphone Android memiliki hardware atau perangkat yang sama. Smartphone android memiliki level yang berbeda-beda, seperti entry-level, mid range, hingga flagship yang tentu saja juga memiliki kualitas dan spesifikasi berbeda.

Penggunaan smartphone jangka panjang akan menjadi masalah besar bagi smartphone Android yang memiliki spesifikasi minim. Hal ini dapat membuat smartphone tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan mengalami Freeze.

Freeze adalah sebuah istilah dimana perangkat mengalami malfungsi atau kelainan fungsi seperti tidak dapat dipencet, tidak dapat membuka aplikasi, dan masih banyak lagi. Nah, berikut terdapat beberapa cara untuk menghindari masalah freeze yang bisa Patadiva lakukan:

Restart Android dan Periksa Ruang Penyimpanan

Melakukan restart merupakan hal paling pertama yang bisa dilakukan saat mengalami Freeze. Setelah smartphone menyala, diamkan selama 1 menit untuk memberikan waktu kepada sistem mempersiapkan fungsinya.

Namun, jika ponsel Anda sering mengalami masalah atau macet, maka bisa dipertimbangkan untuk memeriksa ruang penyimpanan. Freeze bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan yang menipis, disarankan untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai.

Periksa Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi

Android juga bisa memiliki masalah pada sistem operasi atau software yang digunakan, sehingga brand smartphone pasti akan selalu memberikan update terbaru untuk memperbarui sistem. Periksa secara berkala update software ke versi terbaru.

Lalu lakukan update software secara berkala, untuk mengindari berbagai macam masalah seperti Freeze atau macet. Hal ini akan memberikan kesegaran baru pada software smartphone untuk bisa menjalakan fungsi dengan baik.

Itulah cara yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android yang mengalami Freeze. Terdapat satu cara atau alternatife lain yaitu melakukan reset setelan pabik. Namun, hal ini dapat menghapus file-file penting yang tersimpan dalam smartphone. Jadi dengan begitu, cara inilah yang aman untuk Paradiva lakukan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Fikri Oktafian

Reporter

Lulusan sarjana Bahasa dan Kebudayaan Inggris Universitas Darma Persada. Gemar menonton film dan berolahraga. Memiliki pengalaman Content Writer. Live your life to the fullest.

Artikel Terkait

Ini Cara Ikutan Bikin Instagram Recap Reels 2022, Gampang Banget!
Tips

Ini Cara Ikutan Bikin Instagram Recap Reels 2022, Gampang Banget!

Gagdetdiva.id — Tahun 2022 hampir berakhir, kini Instagram telah mengalihkan fokus mereka ke ko..

Cara Mudah Menghapus Akun Gmail, Cuma Butuh 1 Menit!
Tips

Cara Mudah Menghapus Akun Gmail, Cuma Butuh 1 Menit!

Gadgetdiva.id — Terdapat banyak sekali alasan dan faktor lain bagi para pengguna Gmail untuk me..

Tips Belanja Online Aman Selama Liburan Akhir Tahun
Tips

Tips Belanja Online Aman Selama Liburan Akhir Tahun

Gadgetidiva.id — Jelang libur Nataru (Natal dan Tahun Baru), Kaspersky memberi tips aman b..

Kena Hack Akun Instagram? Fitur Ini Bantu Pengguna Kembali Dapatkan Akses!
Tips

Kena Hack Akun Instagram? Fitur Ini Bantu Pengguna Kembali Dapatkan Akses!

Gadgetdiva.id — Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki kerentanan cukup besa..


;