Smartphone Android Suka Nge-Freeze? Ikuti Cara Ini Biar Gak Kejadian Lagi!

0

Gadgetdiva.id — Menurut Google, terdapat lebih dari tiga miliar perangkat smartphone berbasis Android yang aktif di seluruh dunia. Pasar smartphone Android memang sangat digemari produsen maupun pelanggan karena harga yang relative terjangkau.

Android memang memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah mengunduh file atau aplikasi yang diperlukan dari sumber pihak ketiga atau tidak melalui toko aplikasi resmi. Pengguna akan merasakan efisiensi ketika menggunakan smartphone Android.

Namun, tidak semua smartphone Android memiliki hardware atau perangkat yang sama. Smartphone android memiliki level yang berbeda-beda, seperti entry-level, mid range, hingga flagship yang tentu saja juga memiliki kualitas dan spesifikasi berbeda.

Penggunaan smartphone jangka panjang akan menjadi masalah besar bagi smartphone Android yang memiliki spesifikasi minim. Hal ini dapat membuat smartphone tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan mengalami Freeze.

Freeze adalah sebuah istilah dimana perangkat mengalami malfungsi atau kelainan fungsi seperti tidak dapat dipencet, tidak dapat membuka aplikasi, dan masih banyak lagi. Nah, berikut terdapat beberapa cara untuk menghindari masalah freeze yang bisa Patadiva lakukan:

Restart Android dan Periksa Ruang Penyimpanan

Melakukan restart merupakan hal paling pertama yang bisa dilakukan saat mengalami Freeze. Setelah smartphone menyala, diamkan selama 1 menit untuk memberikan waktu kepada sistem mempersiapkan fungsinya.

Namun, jika ponsel Anda sering mengalami masalah atau macet, maka bisa dipertimbangkan untuk memeriksa ruang penyimpanan. Freeze bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan yang menipis, disarankan untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai.

Periksa Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi

Android juga bisa memiliki masalah pada sistem operasi atau software yang digunakan, sehingga brand smartphone pasti akan selalu memberikan update terbaru untuk memperbarui sistem. Periksa secara berkala update software ke versi terbaru.

Lalu lakukan update software secara berkala, untuk mengindari berbagai macam masalah seperti Freeze atau macet. Hal ini akan memberikan kesegaran baru pada software smartphone untuk bisa menjalakan fungsi dengan baik.

Itulah cara yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android yang mengalami Freeze. Terdapat satu cara atau alternatife lain yaitu melakukan reset setelan pabik. Namun, hal ini dapat menghapus file-file penting yang tersimpan dalam smartphone. Jadi dengan begitu, cara inilah yang aman untuk Paradiva lakukan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini