Tips Lindungi Akun Telegram dari Penipuan Phishing dan Sniffing

0

Gadgetdiva.id – Sebuah kasus viral baru saja terjadi di bulan ini, di mana pelaku menggunakan metode sniffing dengan cara mengirim pesan kepada korban dan berpura-pura menjadi kurir paket. Mereka mengirimkan file yang diklaim menunjukkan detail pengiriman paket, tetapi sebenarnya adalah file perangkat lunak yang mengumpulkan data korban (data perbankan) dan mengirimkannya ke pelaku.

Bekaca dari hal itu, Telegram menyediakan fitur Secret Chats, fitur chat dengan end-to-end encryption untuk memastikan bahwa isi dari obrolanmu tidak dapat diakses siapapun. Pembaruan terbaru dari Telegram juga memberikan kamu kesempatan untuk menghapus pesan dari semua orang tanpa jejak, memasang auto-delete timers pada semua chat, dan bahkan membuat akun tanpa kartu SIM.

Telegram

Kini, Telegram meluncurkan mode Agresif Anti-Spam baru yang dapat diaktivasikan pada grup dengan lebih dari 200 anggota. Mode ini dapat secara otomatis menghapus potensi spam dan konten mencurigakan serta meminimalkan risiko terjaring phishing.

Admin grup juga dapat melaporkan kesalahan penandaan (false positive) apa pun. Hal ini akan melatih bot untuk melindungi anggota grupmu secara lebih baik lagi di masa mendatang.

Namun, meski dengan semua peningkatan keamanan ini, pengguna tetap harus mengetahui cara mengenali dan menghindari serangan phishing atau sniffing. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan keamanan kamu di Telegram.

Telegram

Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)

Two Factor Authentication adalah langkah yang dapat diambil untuk melindungi akunmu. Ini dapat dilakukan dengan membuka menu ‘Pengaturan’. Kemudian, buka ‘Privasi dan Keamanan’ dan klik ‘Verifikasi Dua Langkah’ di bawah bagian ‘Keamanan’. Selanjutnya, pilih ‘Atur Kata Sandi’ di bagian bawah, dan di layar berikutnya, buat dan masukkan kata sandi.

 Gunakan Browser Versi Terbaru

Saat menggunakan Telegram Web, pastikan kamu sudah menggunakan browser versi terbaru. Pada umumnya, browser dilengkapi dengan fitur anti-phishing bawaan untuk memastikan keamanan setiap pengguna

Jangan Pernah Memberikan Informasi Pribadi ke Situs Tidak Terpercaya

Kamu tidak dianjurkan memberikan informasi apa pun, termasuk data pribadi dan keuanganmu secara sukarela, kecuali kamu 100% mempercayai situs yang sedang kamu buka tersebut

Gunakan Kata Sandi Berbeda untuk Semua Akun

Untuk meningkatkan keamanan data, pastikan kamu menggunakan kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda. Menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap situs web/aplikasi dan mengubah kata sandi kamu secara berkala dapat membantu memastikan keamananmu.

Sebagai salah satu dari lima aplikasi dengan unggahan terbanyak di dunia, Telegram memprioritaskan privasi penggunanya dan menyediakan banyak fitur keamanan. Namun, pengguna juga perlu paham akan cara memanfaatkan fitur ini untuk melindungi diri mereka sendiri.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini