Smartphone Android Tidak Bisa Ngecas? Coba Lakukan 3 Cara Ini!

0

Gadgetdiva.id — Smartphone Android sudah semakin berkembang dari masa ke masa. Kemampuan yang semakin canggih membuat kemudahan bagi para pengguna untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Hingga saat ini, banyak sekali brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, dan lain-lain membuat produk smartphone Android dengan berbagai keunggulan yang salah satunya adalah kapasitas baterai dan kecepatan pengisian daya.

Android memang dikenal dengan smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar, mulai dari 4000 mAh higga 500 mAh. Kemampuan pengisian daya yang cepat, membuat smartphone Android menjadikan kedua kekuatan ini disenangi penggunanya.

Namun, bagaimanapun smartphone Android merupakan sebuah sistem yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa dan membutuhkan daya untuk penggunaannya. Apa yang akan terjadi apabila smartphone tidak bisa Ngecas? Tentu saja akan mati kehabisan daya.

Apabila hal tersebut terjadi maka terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Inilah 3 cara yang bisa dilakukan apabila smartphone Android tidak bisa Ngecas:

Periksa Stopkontak dan Charger
Setelah Anda menyadari masalah tersebut, cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap Stopkontak apakah telah dialiri listrik atau memang mengalami kerusakan.

Setelah Stopkontak, kemudian Anda bisa melakukan pemeriksaan pada charger dan kabel charger untuk memastikan fungsinya masih terjaga dan baik untuk dapat mengaliri daya ke smartphone Android.

Restart Smartphone Android
Jika, cara pertama sudah dilakukan maka saatnya beralih ke cara kedua. Restart smartphone, merupakan salah satu cara yang mungkin bisa memperbaiki sistem unuk dapat menerima daya.

Diamkan smartphone beberapa saat setelah dilakukan restart, dan coba kembali lakukan pengisian daya. Menunggu smartphone mempersiapkan sistem, merupakan sebuah kunci penting untuk diperhatikan.

Bersihkan Port Charger dan Periksa Status Isi Daya
Ini merupakan cara terakhir apabila Anda sudah melakukan cara pertama dan kedua. Port pengisian daya mungkin kotor. Bersihkan port atau lubang charger agar kabel dapat mengalirkan daya dan smartphone dapat menerima daya dengan normal.

Periksa status pengisian daya dengan cara melakukan turn off pada smartphone Android, lakukan pengisian daya, dan tunggu beberapa saat hingga terdapat status pengisian daya yang muncul.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini