Cara Ukur Kalori Terbakar Saat Bermain Lato-lato, Pakai Galaxy Watch5

0
lato-lato
Dok. Istimewa

Gadgetdiva.id — Lato-lato mengundang bunyi tek-tok berulang kali dan terdengar hampir setiap hari. Ini merupakan tren permainan yang sedang digandrungi anak-anak. Sampai-sampai, saat tahun baru pun tak hanya bunyi petasan dan kembang api yang terdengar, tapi juga suara hentakan lato-lato.

Permainan lato-lato melibatkan dua buah bola keras atau yang biasa disebuat sebagai pendulum, terbuat dari plastik polimer. Bentuknya yang keras dan padat menyebabkan keluar bunyi tek-tok saat kedua bandulan dibenturkan dengan bantuan seutas tali.

Apa itu lato-lato?

Cara bermain lato-lato ternyata tidak mudah. Meski banyak yang menganggap remeh, namun butuh berkali kali menyeimbangkan kedua bandulan pendulum agar bisa dibenturkan berkali-kali dalam waktu lama. Benturan kedua pendulum harus tepat dengan kecepatan dan berbagai macam atraksi.

lato-lato

Meski banyak dimainkan masyarakat Indonesia, permainan sebenarnya berasal Amerika Serikat. Di negara asalnya, permainan ini juga disebut sebagai clackers, click-clacks, knockers, ker-bangers, atau clankers.

Istilah-istilah tersebut merujuk pada benda yang sama, yakni dua bola yang dihubungkan dengan dua utas tali. Cara bermainnya pun persis sebagaimana dimainkan di Indonesia. Ketika dimainkan, mainan akan memunculkan bunyi yang khas ‘clack-clack’. Bunyi tersebut kemudian mendasari penamaan mainan ini.

Meski hanya membutuhkan satu tangan untuk membenturkan kedua pendulum, ternyata permainan ini juga bisa membakar kalori dalam tubuh.

Kami mencoba mengukur berapa jumlah kalori terbakar saat bermain lato-lato selama 7 menit saja. Pengukuran yang kami lakukan menggunakan smartwatch buatan Samsung, yakni Galaxy Watch5.

Sebelum berolahraga dengan lato-lato, ada baiknya belajar terlebih dahulu cara bermainnya. Jika sudah mahir, pakailah Galaxy Watch5 kamu. Bisa di lengan kanan atau kiri.

Dalam percobaan Gadgetdiva, saat Watch5 dikenakan di lengan yang sama dengan yang digunakan bermain, hasilnya sama saja. Jadi silakan pakai di lengan yang diinginkan.

1. Buka Watch5 dengan menekan tombol di samping kanan
2. Geser layar Watch5 ke arah kiri sampai keluar jenis olahraga yang akan dipilih
3. Karena tidak ada olahraga lato-lato, maka sentuh menu ‘Lainnya’.
4. Geser terus layar Watch5 sampai ketemu ‘Olahraga Lain’.
5. Nah, dari sini, layar smartphone akan langsung meminta kita untuk bersiap mengukur durasi dan kalori saat bermain.
6. Ketuk Mulai

Lato-lato
Jumlah kalori terbakar saat bermain lato-lato.

Nah, silakan bermain selama mungkin. Smartwatch Galaxy Watch5 akan mulai menghitung berapa lama kita bermain. Di bagian bawah tertera juga informasi lain, seperti jumlah kalori terbakar, denyut jantung, dan lainnya.

Semakin kuat benturan dan goyangan tangan, maka denyut jantung akan naik terus. Perhatian angka denyut jantung. Jika terlalu bersemangat, maka jantung akan berdegup kencang dan logo hati akan berubah menjadi warna merah. Saatnya slow down bermain lato-lato.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan