Waspada Scamming Lewat Game The Last of Us, Gini Cara Menghindarinya

0
The Last of Us

Gadgetdiva.id —– Kaspersky menemukan scamming yang mengatasnamakan gim PlayStation The Last of Us. Begini cara menghindarinya.

The Last of Us merupakan salah satu gim yang paling digemari oleh pengguna PlayStation. Gim tersebut telah diadaptasi oleh HBO dan akan dirilis pada 15 Januari 2023 dengan judul yang sama.

Mengetahui The Last of Us akan memiliki ratusan ribu penggemar baru, penjahat dunia maya telah merencanakan skama baru untuk mengelabui para penggemar serial tersebut. Mereka telah menyebarkan kejahatan siber melalui PlayStation yang sebelumnya jarang terjadi.

Mereka bahkan menawarkan unduhan gim The Last of Us untuk PC. Padahal, file tersebut bahkan belum diriilis oleh perusahaan.

Para peneliti dari Kaspersky sendiri menemukan sebuah situs yang menawarkan penggemar untuk mengunduh gim The Last of Us Part II di PC. Dimana file tersebut sebenarnya berbahaya bagi mereka yang mengunduhnya.

File berbahaya ini dapat tersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun. Paradiva tak akan menyadari adanya sesuatu yang berbahaya karena mungkin tidak menyebabkan kerusakan yang terlihat.

The Last of Us

Lebih lanjut, Kaspersky turut menemukan sebuah situs phising yang menawarkan kode aktivasi untuk The Last of Us. Mereka dapat mengunduh file dengan kode, kemudian meminta pengguna untuk memilih salah satu hadiah yang akan mereka terima bersama dengan gim tersebut.

Contohnya, mereka bisa mendapatkan Gift Car PlayStation 5 atau Roblox USD100 terbaru. Kemudian, pengguna disuruh memasukkan kredensial dan data rekening bank untuk membayar biaya komisi.

Faktanya dengan memberikan data kepada penjahat dunia maya, uang pengguna akan dicuri tanpa tersisa. lalu, data pribadi mereka nantinya akan digunakan dalam skema penipuan lainnya.

The Last of Us

Menanggapi hal tersebut, pakar keamanan Kaspersky Olga Svistunova menyatakan bahwa gamer pemula yang belum cukup tahu mengenai keamanan siber saat bermain dapat menjadi target utama audiens pertama di dunia maya. Lalu, mengekspoitasinya.

Waspada dan periksa apakah game yang Anda tunggu-tunggu tersedia di platform yang ditawarkan, unduh game hanya dari toko aplikasi resmi dan jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan tepercaya,” tutur Olga. 

Cara menghindari phising gim The Last of Us

The Last of Us

  1. Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika kamu meragukan keaslian konten, hubungi penyedia hiburanmu.
  2. Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi. Gunakan halaman web resmi terpercaya untuk menonton atau mengunduh film.
  3. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
  4. Perhatikan ekstensi file yang kamu unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.
  5. Gunakan solusi keamanan, Kaspersky Security Cloud untuk mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblikir situs phishing.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini