Tokopedia Bagikan Tips Investasi Dana Pendidikan untuk Anak

0

Gadgetdiva.id – Pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk membentuk masa depan anak yang lebih baik. Karenanya, sangat penting untuk menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin demi menjamin pendidikan mumpuni bagi anak, tanpa terbebani biaya yang tinggi di masa mendatang.

Tokopedia melalui Head of Sales and Operation Development Tokopedia, Jonathan Tricahyo bersama Certified Financial Planner, Annisa Steviani, membagikan tips bagi masyarakat, khususnya orang tua, yang ingin menyiapkan dana pendidikan anak.

Tokopedia

Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin

“Gunakan skema menabung enam tahunan dimulai pada saat mengandung atau melahirkan. Proyeksikan tabungan untuk biaya masuk SD dan universitas. Biaya kuliah didahulukan agar waktu menabung lebih panjang,” jelas Annisa.

Survei Sekolah Idealnya Sejak Anak Lahir

Mulailah melakukan survei sekolah secepatnya, idealnya sejak anak lahir.“ Berdiskusilah dengan pasangan dan satukan persepsi agar dapat merencanakan pilihan sekolah yang cocok dengan pola pengasuhan atau nilai yang dipegang keluarga,” jelas Annisa.

Pilih Sekolah Sesuai Kemampuan

“Perhitungkan juga biaya di luar uang pangkal masuk sekolah, misalnya ekstrakurikuler, praktikum, field trip dan banyak lagi. Pilihlah sekolah sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai mengganggu cash flow bulanan rumah tangga,” terang Annisa.

Gunakan Layanan Biaya Pendidikan dari Tokopedia

Demi mempermudah masyarakat membayar dana pendidikan anak, termasuk di periode pembayaran kuliah seperti saat ini, Tokopedia menyediakan layanan Biaya Pendidikan, berkolaborasi dengan ribuan institusi pendidikan di Indonesia, dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga universitas.

Tokopedia juga baru saja menghadirkan fitur ‘Langganan’ pada layanan Biaya Pendidikan, yang bisa mempermudah masyarakat membayar biaya pendidikan di ribuan sekolah, secara otomatis. Ada lebih dari 50 pilihan metode pembayaran, seperti transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, minimarket dan masih banyak lagi.

Lakukan Investasi Jangka Panjang

Annisa berkata, “Selain menabung, orang tua sebaiknya berinvestasi jangka panjang, seperti emas atau reksa dana, yang secara historis bisa melawan inflasi dana pendidikan.”

Jonathan menambahkan, “Masyarakat bisa dengan mudah dan aman berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10.000 di Tokopedia Reksa Dana atau emas mulai dari Rp5.000 di Tokopedia Emas.”

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan