Asik! Google Bard Sudah Tersedia untuk Publik, Begini Cara Pakainya

0
Google Bard

Gadgetdiva.id — ChatGPT punya Google, Bard akhirnya tersedia untuk khalayak lebih luas. Teknologi chatbot berbasis AI ini sudah dapat digunakan dalam bahasa Inggris.

Tak ingin kalah dengan Microsoft yang baru saja menyelesaikan waitlist alias daftar tunggu untuk Bing, Google akhirnya melakukan hal serupa dengan meluncurkan kembali Bard besutannya. ChatGPT ini dirilis pada konferensi Google I/O, Rabbu (10/5).

Kini, Bard akan tersedia untuk beberapa pengguna di 180 negara. Teknologi ini telah tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan Korea.

Melansir dari Digital Trend, Google Bard merupakan sebuah chatbot AI dengan banyak fungsi yang sama secara teoritis pada akhirnya dapat menjadi penambah alat pencarian Google. Serta, memberi dukungan otomatis dan interaksi seperti manusia untuk bisnis.

Bard sendiri tealh dikembangkan selama beberapa tahun menggunakan teknologi LaMDA. Merupakan sebuah model bahasa untuk aplikasi Dialog.

Chatbot ini dibangun berdasarkan artsitektur jaringan saraf dari Google Trasnformer. Dimana merupakan basis bagi alat generatif yang sama untuk model bahasa GPT-3.5 dari ChatGPT.

Beberapa rumor menyatakan bahwa Bard dilatih menggunakan data ChatGPT tanpa izin. Namun, rumor tersebut langsung dibantah oleh perusahaan.

Kendati, CEO Google Sundar Pichai menyatakan bahwa Bard akan segera diperbarui supaya dapat lebih kompetitif dari ChatGPT. Dia menyebutnya sebagai “civic yang ditingkatkan dibandingkan dengan ChatGPT”.

Sebagai langkah agar dapat diakses oleh lebih banyak pengguna internet, Bard telah tersedia pada beberapa produk Google. Di antaranya ialah Google Docs dan Google Sheets.

Cara Menggunakan Google Bard

Melansir dari ZDNet, untuk menggunakan chatbot Google Bard ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Simak ulasannya ya, Paradiva!

Pertama, buka laman Google Bard terlebih dahulu dan lakukan login menggunakan email-mu. Yakni, dengan membuka situs Bard.Google.com.

Google Bard

Setelah kamu membuka lamannya, Paradiva akan langsung diarahkan menuju jendela obrolan. Fitur ini telah dioptimalkan agar pengguna lebih mudah menavigasinya.

Kemudian, masukkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan pada Google Bard. Lalu, kirimkan ke chatbot untuk melihat responsnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan