Tips

Tips Mengatasi Kelelahan dalam Tim Keamanan TI

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Bagi orang yang bekerja di bidang keamanan informasi, seperti yang berada di pusat operasi keamanan (SOC), sifat pekerjaan mereka adalah rute langsung menuju kejenuhan profesional, yang dapat merusak diri sendiri bahkan organisasi mereka.

Pekerjaan tersebut pada dasarnya memerlukan pencarian anomali dalam data yang masuk, hari demi hari. Ketika anomali terdeteksi, situasi menjadi sedikit terguncang karena ada insiden yang harus diselidiki, data untuk dikumpulkan, dan penilaian kerusakan dan risiko yang harus diuji.

Tetapi insiden siber yang menarik tidak terlalu umum terjadi di perusahaan yang dilengkapi solusi canggih yang menjaga server, stasiun kerja, dan seluruh infrastruktur informasi.

Kaspersky menunjuk Enterprise Strategy Group dan dalam studi terbaru tersebut dan menunjukkan bahwa 70% organisasi mengaku kesulitan untuk mengikuti volume peringatan keamanan.

Untuk merampingkan pekerjaan SOC dan menghindari keletihan waspada, Kaspersky membagikan kiat berikut kepada perusahaan:

  • Atur shift kerja dalam tim SOC untuk menghindari staf yang terlalu banyak bekerja. Pastikan semua tugas utama didistribusikan ke masing-masing divisi seperti pemantauan, investigasi, arsitektur dan teknik TI, administrasi, dan manajemen SOC secara keseluruhan.
  • Praktik seperti transfer dan rotasi internal serta mengotomatiskan operasi rutin dan mempekerjakan pakar pemantauan data dari luar dapat membantu staf yang kewalahan yang dapat menyebabkan kelelahan SOC.
  • Gunakan layanan intelijen ancaman yang terbukti memungkinkan integrasi intelijen yang dapat dibaca mesin ke dalam kontrol keamanan Anda, seperti sistem SIEM, untuk mengotomatiskan proses triase awal dan menghasilkan konteks yang cukup untuk memutuskan apakah peringatan harus segera diselidiki.
  • Untuk membantu membebaskan SOC Anda dari tugas triase peringatan rutin, gunakan layanan deteksi dan respons terkelola yang telah terbukti, seperti Kaspersky Extended Detection and Response atau platform XDR, teknologi keamanan berlapis yang melindungi infrastruktur TI. XDR dianggap sebagai versi endpoint detection and response (EDR) yang lebih canggih.
  • Sementara EDR berfokus pada titik akhir, XDR berfokus secara lebih luas pada beberapa titik kontrol keamanan untuk mendeteksi ancaman secara lebih cepat, menggunakan analitik dan otomatisasi yang mendalam.
  • Produk dan solusi yang membentuk XDR adalah: Kaspersky EDR Optimum, Kaspersky EDR Expert, Kaspersky Anti-Targeted Attack Platform, Kaspersky Managed Detection and Response, dan Kaspersky Incident Response.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial
Tips

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Pelajari langkah-langkah terbaru untuk melindungi privasi Anda di media sosial. Dengan 5 tips ini, h..

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE
Tips

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE

Gadgetdiva.id – Mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan skrip..

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!
Tips

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!

Gadgetdiva.id – Antusiasme para NCTzen di Indonesia mencapai puncaknya menjelang konser NCT..

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI
Tips

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI

Gadgetdiva.id – Masalah rambut sering menjadi perhatian utama bagi wanita Indonesia. Dari r..

Tips Ampuh dari POCO untuk Kembali Produktif Pasca Libur Lebaran
Tips

Tips Ampuh dari POCO untuk Kembali Produktif Pasca Libur Lebaran

Gadgetdiva – Setiap libur panjang Lebaran usai, tantangan untuk kembali ke rutinitas kerja ..


;