Tips

Trik Edit Konten Dalam Hitungan Detik di Galaxy S23 Series 5G

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Mengedit konten, baik foto maupun video bisa dilakukan langsung dalam hitungan detik di Samsung Galaxy S23 Series 5G. Bahkan tanpa aplikasi sekalipun.

Pasalnya, Samsung Galaxy S23 Series 5G tak hanya dilengkapi dengan kamera yang canggih dan berbasis AI tapi juga fitur yang mumpuni. Selain kamera, menu Gallery juga bisa langsung dijadikan media edit konten. Apalagi One UI 5.1 sudah dibekali dengan pembaruan yang mendukung kinerja dan hasil kamera berkualitas.

Berikut ini beberapa trik edit konten dalam hitungan detik dengan memanfaatkan kecanggihan fitur di Galaxy S23 Series 5G.

Kamera

Samsung Galaxy S23 Series 5G dibekali dengan kamera yang diklaim cukup keren untuk para konten kreator. Dari 3 varian Galaxy S23 tersebut, Samsung Galaxy S23 dan S23+ dibekali 3 kamera, resolusi 50MP, 10MP dan 12MP.

Untuk Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dengan kasta tertinggi, dibekali 4 kamera sekaligus, masing-masing resolusi 200MP, 10MP dan 12MP dan 10MP. 

Semua model Galaxy S23 series juga dibekali teknologi Detail Enhancer. Hal ini dilatarbelakangi saat memotret di kondisi backlight sering kali hasil foto terlalu gelap.

Galaxy S23 Series

Namun dengan Detail Enhancer, pengguna bisa mendapat hasil foto jadi lebih cerah. Begitu juga dengan saat ambil foto dari jarak cukup jauh, hasilnya mungkin buram, namun Detail Enhancer membuat hasil foto lebih detail meski di zoom sekali pun. 

Varian Ultra memiliki optical zoom beragam, mulai dari 3X sampai 10X namun digital Zoomnya mampu sampai 100x. Inilah yang dijagokan para penggemar mobile fotografi untuk memotret bulan. Sedangkan varian S23 dan S23+ memiliki optical zoom 3X dengan digital zoom 30X.

Kamera Selfie

Ketiga varian Samsung Galaxy S23 Series memiliki resolusi kamera selfie yang sama. Samsung menurunkan ukuran MP kamera selfie di Galaxy S22 Ultra yang semula 40MP ke 12MP di Galaxy S23 series. Meski begitu perusahaan mengklaim kualitasnya lebih baik dari seri terdahulu berkat sensor gambar terbaru dengan optimalisasi kecerdasan buatan yang lebih maksimal.

Samsung menerapkan teknologi AI object-aware engine, memberi kemampuan identifikasi objek yang lebih baik. Sehingga, kamera mampu hasilkan gambar lebih tajam dengan warna lebih hidup.

Fitur ini mengusung kualitas selfie Galaxy S23 series lebih epic, termasuk saat mengambil portrait selfie. Karena, teknologi AI object-aware engine tersebut bisa membedakan sosok orang dan latar belakangnya dengan lebih akurat.

Gallery

Sejatinya, Gallery merupakan fitur penting yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten lebih epik di Galaxy S23 Series 5G. Bayangnya, kita bisa membuat folder berisi foto dan video sesuai dengan tema konten yang ingin dibuat. Jika folder tidak terorganisir, bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencari serpihan foto yang akan dijahit menjadi konten. 

Untuk itu, ada baiknya edit terlebih dahulu nama, waktu, tanggal dan lokasi yang ada di dalam foto atau video, kemudian masukkan ke dalam folder atau album. 

Galaxy S23 Series

Yang menarik, saat ini pengguna Samsung bisa mengedit langsung semua foto dan video yang ada di galeri tanpa harus menggunakan aplikasi. Bisa memilih background musik, stiker GIF, filter, menambahkan kontras dan brightness, bahkan bereksperimen dengan efek untuk film. Dalam hitungan menit, video pendek untuk IG atau TikTok bisa langsung tercipta.

Ada juga Photo Remaster atau Object Eraser

Photo Remaster sangat berguna untuk meningkatkan kualitas gambar dan meningkatkan resolusi, kecerahan warna dan ketajaman foto. Caranya sangat mudah. Tinggal buka foto yang akan di-remaster, kemudian sentuh tiga titik yang ada di kanan bawah foto, lalu pilih Remaster. Dalam hitungan detik, kita akan disuguhkan perbedaan nyata dari foto sebelum dan sesudah di remaster.

Nah, kalau Object Eraser, ini lebih menarik lagi. Karena foto apapun bisa kita edit sehingga menjadi lebih eksklusif. Artinya, objek yang tidak kita inginkan bisa dihilangkan. Misalnya saat berfoto di tengah keramaian. Kita bisa menghilangkan orang-orang di dalam foto tersebut sehingga hanya tersisa diri kita saja.  

One UI 5.1

One UI 5,1 juga cukup membantu dalam kita menciptakan konten melalui Samsung Galaxy S23 Series 5G. Pasalnya user interface milik Samsung itu telah menambahkan fitur-fitur yang dapat diandalkan dalam mengedit konten. Pada sektor kamera, One UI 5.1 memberikan fitur yang menunjang fotografi. Beberapa di antaranya seperti:

Expert RAW

Aplikasi Expert RAW memang tidak mendapat pembaruan setelah gawai berada di One UI 5.1. Namun, kini aplikasi Expert RAW dapat diakses melalui aplikasi kamera bawaan. Ini lebih efektif bagi saya yang intens menggunakan kamera. Saya tidak perlu lagi bolak-balik membuka antara Expert RAW atau kamera bawaan saat mengambil foto dan video secara bergantian.

Camera Assistant

Sebelum mendapat pembaruan ONE UI 5.1, aplikasi Camera Assistant mendapat pembaruan terlebih dahulu. Pembaruan tersebut membawa fitur-fitur yang terbuka saat gawai berada di One UI 5.1. Berikut fitur-fitur terbaru dari Camera Assistant usai pembaruan One UI 5.1:

Penghalusan Gambar

Fitur ini sudah ada sejak Camera Assistant diluncurkan. Sebelumnya, fitur ini hanya dapat di-on/off-kan saja. Namun, setelah pembaruan ke One UI 5.1, fitur dapat diatur tingkat efek penghalusan gambar. Ada dua tingkatan efek yaitu Sedang dan Tinggi. Sedang memberikan efek penghalusan sebesar 50% sedangkan Tinggi memberikan efek 100%.

Ketuk Cepat Rana

Fitur kedua dari Camera Assistant setelah One UI 5.1 adalah Ketuk Cepat Rana (Quick Tap Shutter). Fitur ini memungkinkan kita mengambil foto saat tombol rana (shutter) ditekan. Biasanya, foto akan diambil setelah tombol rana dilepas usai ditekan. Namun, dengan mengaktifkan fitur ini, foto akan segera diambil saat tombol rana ditekan. Fitur ini dapat mengurangi shutter lag yang menjadi isu di Galaxy S22 Ultra. Dari pengalaman saya mencoba fitur ini, hasilnya cukup membantu.

Kecepatan Penangkapan

Fitur ketiga yang hadir usai pembaruan One UI 5.1 adalah Kecepatan Penangkapan atau Capture Speed Step. Fitur ini menawarkan tiga pilihan pengambilan foto yaitu memprioritaskan kualitas, seimbang antara kualitas dan kecepatan, serta prioritas terhadap kecepatan pengambilan foto.

Opsi Multi Foto Per Waktu. Fitur ini digunakan saat menggunakan pewaktu alias timer ketika mengambil foto.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus
Tips

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus

IG Story adalah tempat di mana pengguna dan bisnis dapat berbagi gambar dan video vertikal dalam for..

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial
Tips

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Pelajari langkah-langkah terbaru untuk melindungi privasi Anda di media sosial. Dengan 5 tips ini, h..

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE
Tips

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE

Gadgetdiva.id – Mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan skrip..

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!
Tips

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!

Gadgetdiva.id – Antusiasme para NCTzen di Indonesia mencapai puncaknya menjelang konser NCT..

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI
Tips

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI

Gadgetdiva.id – Masalah rambut sering menjadi perhatian utama bagi wanita Indonesia. Dari r..


;