5 Cara Untuk Menentukan Provider Internet yang Tepat

0

Gadgetdiva.id — Internet merupakan kebutuhan esensial bagi banyak orang di era digital. Dalam aktivitas sehari-hari seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, hingga hiburan, internet dapat memudahkan dan mempercepat aktivitas online.

Menurut laporan We Are Social dan Meltwater berjudul Digital 2023, sekitar 77 persen populasi Indonesia atau 212,9 juta orang menggunakan internet dengan rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 7 jam 42 menit per-hari. Hal ini menunjukkan bahwa internet telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, apakah Paradiva sudah yakin dengan provider internet yang digunakan? Hal ini sangat penting lho untuk diketahui.

Nah jangan khawatir, ini dia cara untuk mengetahui apakah provider internet yang digunakan dirumah kamu sudah tepat dan memenuhi kebutuhan. Simak ya paradiva!

1. Cek Kecepatan Internet!

Langkah pertama Kamu bisa menggunakan situs speed test online seperti Speedtest by Ookla atau Fast.com untuk mengecek kecepatan internet. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat mengetahui apakah kecepatan internet yang diberikan oleh provider sudah sesuai dengan yang dijanjikan. Namun, perlu diingat bahwa kecepatan internet tergantung pada beberapa faktor seperti salah satunya seberapa banyak perangkat yang terkoneksi internet di rumahmu.

Contohnya, jika ada dua pengguna aktif internet dirumahmu dengan menggunakan 3-4 perangkat, kecepatan hingga 30 Mbps sudah sangat cukup untuk melakukan browsing dan streaming. Namun jika ada lebih dari 4 perangkat, tentunya kamu memerlukan kecepatan akses internet yang lebih tinggi lagi untuk melakukan kegiatanmu.

2. Koneksi Stabil


Ketika memilih provider internet, stabilitas koneksi internet juga menjadi faktor krusial yang perlu dipertimbangkan. Koneksi yang sering putus atau tidak stabil dapat sangat mengganggu aktivitas online. Untuk menguji stabilitas koneksi internet yang diberikan oleh provider internet, kamu bisa coba melakukan video streaming atau download file berukuran besar selama beberapa hari, dan mencatat apakah koneksi internet sering terputus atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tes sendiri menggunakan aplikasi gratis seperti Ping dan Tracert atau situs web seperti Internet Health Test atau Ping Can Be Useful.

3. Perhatikan Biaya dan Pilihan Produk yang Ditawarkan

Setiap provider internet biasanya menawarkan berbagai pilihan paket dengan harga yang variatif. Oleh karena itu, sebelum memilih provider internet yang tepat, sebaiknya kamu pertimbangkan budget atau anggaran yang dimiliki terlebih dahulu.

Selain itu, beberapa provider internet juga menawarkan kombinasi paket unlimited internet dengan TV kabel yang memiliki pilihan channel yang banyak atau streaming platform. Kombinasi paket ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang membutuhkan layanan internet dan suka menikmati tayangan hiburan. Dengan memilih paket ini, kamu dapat menghemat biaya.

4. Cermat dalam Melihat Review


Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mencari referensi dari orang sekitar dan membaca review di media sosial, atau situs-situs review internet. Kamu juga perlu melakukan proses verifikasi sendiri dengan melakukan trial menggunakan beberapa provider internet untuk merasakan langsung kualitas layanan yang ditawarkan. Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung kepada orang-orang terdekat atau mengunjungi website resmi masing-masing provider internet untuk memperoleh informasi yang lebih akurat. Ingatlah bahwa review yang diberikan oleh pengguna internet dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga kamu perlu melakukan cross check dan melakukan proses verifikasi sendiri sebelum memutuskan untuk berlangganan.

5. Pelayanan Pelanggan


Hal ini juga sangat penting karena kamu akan sering berinteraksi dengan provider internet dalam hal informasi produk dan layanan, pembayaran tagihan, atau ketika terjadi masalah teknis. Provider internet yang memiliki pelayanan pelanggan yang baik selain memastikan bahwa kita mendapatkan bantuan yang cepat dan efektif, mereka juga akan mendengarkan dan memperhatikan pelanggannya agar dapat memberikan kebutuhan yang sesuai.

Tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk menentukan provider internet yang tepat. Semoga dapat membantu ya, Paradiva.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan