Tips

Begini Cara Bikin Konten Visual yang Seru

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Membuat konten visual kini bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Hanya bermodalkan perangkat smartphone kita sudah bisa membuat konten sendiri.

Membuat konten visual kini jauh lebih mudah berkat banyaknya platform yang dapat digunakan sebagai wadah kreativitas penggunanya. Ditambah, banyak pula media-media pendukung yang dapat membuat konten yang kita buat menjadi lebih indah.

Lebih dari itu, dewasa ini, konten visual juga dapat menguntungkan para pembuatnya. Sebab, konten tersebut dapat dijadikan sarana pemasaran hingga akhirnya bisa menambah penghasilan mereka.

Maka tak jarang juga, kini konten kreator telah dijadikan mata pencaharian utama bagi beberapa orang. Sehingga, dapat dikatakan bahwa konten visual kini dapat membuka peluang baru untuk masyarakat.

Dalam membuat konten visual, pastinya kita perlu banyak refrensi supaya tidak menghasilkan konten yang monoton alias itu-itu saja. Perlu adanya ide-ide menarik dan baru demi menyuguhkan konten yang fresh.

Tips membuat konten visual yang seru ala Dhiarcom

Tentukan niche sebagai seorang kreator

Tech Infliencer Dhiarcom menyebut bahwa menekuni profesi sebagai kreator tentunya perlu banyak jatuh-bangun. Apalagi, saat memulainya di era perkembangan teknologi yang belum secepat sekarang.

Memang bukan perjalanan yang mudah saat saya memutuskan untuk menekuni profesi ini pada tahun 2009, dimana saat itu kemajuan teknologi dan perkembangan sosial media belum se-masif saat ini,” tutur Dhiarcom dalam acara BincangShopee 6.6 Elektronik Mega Sale, Rabu (31/5).

Konten Kreator

Kini, kita hanya memanfaatkan smartphone dan koneksi internet untuk membuat sebuah konten visual. Oleh sebab itu, memiliki niche atau DNA yang membedakan konten kita dari jutaan konten lainnya sangat penting.

Eksplorasilah berbagai format, gaya dan pendekatan sampai kamu menemukan sesuatu yang paling cocok dengan kepribadianmu. Kamu bisa mencarinya lewat hobi, skill maupun hal yang membuatmu tertarik saat ini.

Sesuaikan keahlian dan hobi yang kamu punya

Menciptakan konten yang sesuai dengan keahlian dan minat kita itu sangat penting dilakukan. Supaya kita dapat memberi nilai tambah kepada audiens.

Kamu bisa berfokus pada topik atau bidang yang dikuasai. Sehingga, nantinya kamu dapat menawarkan wawasan yang berharga. Tentunya, juga tetap mengikuti perkembangan tren terkini dalam bidang tersebut.

Konten Visual

Hal ini jgua memungkinkan kamu dapat menciptakan konten yang relevan dan bermutu. Sehingga, audiens bisa mengandalkan kontenmu sebagai sumber informasi yang terpercaya.

Konsisten dan terus upgrade kualitas konten 

Konsistensi dalam menghasilkan konten juga merupakan faktor penting karena dapat membantu membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang dengan audiens.

Tidak hanya konsisten, penting juga untuk terus meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan. Industri kreasi konten terus berkembang dengan cepat, dan audiens memiliki harapan yang semakin tinggi terhadap konten yang mereka konsumsi.

Konten VisualFoto: Unsplash/theregisti

Untuk tetap relevan dan menarik, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan karya yang berkualitas. 

Dhiarcom menaytakan bahwa saat masih merintis kita tak perlu langsung membeli peralatan yang paling bagus dan mutakhir. Cukup memanfaatkan perangkat yang kita punya saat ini.

“Tidak ada salahnya pakai smartphone dulu, lalu agar video lebih bagus juga bisa dicicil, misalkan beli ring light dan microphone,” ucap Dhiar.

Jangan Takut Memulai & Manfaatkan Peluang 

Banyak orang merasa ragu dan terhambat oleh ketakutan akan kegagalan atau kurangnya pengalaman. Namun, penting untuk mengatasi rasa takut ini dan memulai langkah pertama. Perlu diingat, semua content creator yang sekarang sudah sukses pun pernah ada di titik nol.

Konten VisualFoto: Unsplash/Jenny Ueberberg

Dhiar turut berbagai pengalamannya seputar program Shopee Affiliate. Dimana program ini juga memberi kesempatan bagi para kreator untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

“Saya merasa program (Shopee Affiliate) ini dapat memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pasar saya sekaligus memberikan opsi platform terpercaya untuk membeli barang elektronik kepada followers dan subscribers saya,” tutup Dhiar. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial
Tips

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Pelajari langkah-langkah terbaru untuk melindungi privasi Anda di media sosial. Dengan 5 tips ini, h..

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE
Tips

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE

Gadgetdiva.id – Mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan skrip..

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!
Tips

Tips Penting Jelang Konser NCT Dream di Jakarta!

Gadgetdiva.id – Antusiasme para NCTzen di Indonesia mencapai puncaknya menjelang konser NCT..

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI
Tips

Tips Atasi Lima Masalah Rambut Perempuan dengan Teknologi AI

Gadgetdiva.id – Masalah rambut sering menjadi perhatian utama bagi wanita Indonesia. Dari r..

Tips Ampuh dari POCO untuk Kembali Produktif Pasca Libur Lebaran
Tips

Tips Ampuh dari POCO untuk Kembali Produktif Pasca Libur Lebaran

Gadgetdiva – Setiap libur panjang Lebaran usai, tantangan untuk kembali ke rutinitas kerja ..


;