Tips

Tips Memotret Bangunan Gedung ala Fotografer Fenno

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Memotret bangunan gedung ternyata memiliki cara tersendiri. Biar terlihat indah dan megah, berikut tips memotret bangunan gedung alat fotografer Muhammad Fenno.

Menurut Fenno, salah satu tips utama adalah memaksimalkan smartphone yang ada. Dengan smartphone, kita tidak perlu memikirkan banyak peralatan selama traveling, sehingga barang bawaan jadi lebih sedikit dan perjalanan jadi lebih nyaman dan lancar.

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Fenno menganggap, memotret bangunan gedung atau arsitektur merupakan salah satu cara menarik untuk mengabadikan momen memorable saat traveling, sehingga arsitektur bangunan jadi salah satu objek yang paling seru untuk di-explore. Keseruan saat explore foto arsitektur pun semakin bertambah ketika dirinya memakai Galaxy S23 Ultra 5G.

“Dengan pilihan lensa dan resolusi yang bervariasi seperti mode 200MP, kemampuan zoom sampai 100x, hingga fitur Expert RAW dan Pro Mode, saya bisa mendapatkan pengaturan terbaik di segala kondisi dengan hasil layaknya pakai kamera profesional. Jadi, saya bisa menikmati momen traveling dengan maksimal tanpa repot bawa banyak perlengkapan, karena Galaxy S23 Ultra sudah menjawab semua kebutuhan,” ujar Fenno.

memotret bangunan gedungIkuti-Tips-Fotografi-Arsitektur-Epic-dengan-Galaxy-S23-Ultra-dari-Fotografer-Muhammad-Fenno

Cari tahu tentang objek arsitektur yang ingin difoto

Ada banyak cerita dan sejarah yang digambarkan pada detail arsitektur bangunan seperti ukiran untuk bisa menghasilkan foto yang lebih bercerita. Arsitektur bangunan bisa saja menjadi saksi bisu dari berbagai momen bersejarah dari sebuah kota. Makanya penting bagi kita untuk mencari tahu keunikan di balik detail-detail bangunan tersebut.

“Kita bisa memanfaatkan kemampuan zoom hingga 100x pada Galaxy S23 Ultra untuk mendapatkan detail bangunan dengan mudah, bahkan dari jarak yang jauh sekalipun. Untuk memaksimalkan kualitas gambar, kita bisa explore pengambilan foto dengan fitur zoom menggunakan Expert RAW atau Pro Mode,” ujarnya.

memotret bangunan gedungMode-Expert-RAW-digunakan-untuk-memberikan-keleluasaan-pengguna-mengatur-shutter-speed-hingga-ISO-untuk-fotografi-arsitektur-layaknya-profesional.

Rule nomor satu ketika mengambil gambar dengan pengaturan manual menggunakan zoom, kata dia, adalah selalu perhatikan exposure. Waktu di siang hari, kita bisa atur shutter speed di atas 1/250 dengan ISO kecil, seperti 50. Sementara di kondisi pencahayaan gelap, seperti di malam hari, kita bisa menggunakan setting ISO yang besar dan shutter speed di sekitar 1/60.

Super HDR untuk Sentuhan Artistik Memotret Bangunan Gedung

Secara garis besar, HDR dapat membantu kita untuk mendapatkan bidikan gambar yang lebih epic dalam situasi kontras tinggi, sehingga warna pada gambar terlihat lebih nyata. Saat digunakan dengan tepat, HDR mampu menciptakan sentuhan artistik yang cocok untuk menghidupkan detail-detail arsitektur bangunan.

memotret bangunan gedungHasil-crop-gambar-menggunakan-resolusi-200-MP-tetap-terlihat-jelas-dan-detail

Bagi Fenno, selain menghasilkan gambar yang lebih memukau, fitur HDR juga dapat membantu kita untuk mengatasi berbagai tantangan saat memotret arsitektur, salah satunya adalah pencahayaan. Maka dari itu, Fenno sangat puas dengan Galaxy S23 Ultra yang telah dilengkapi dengan Super HDR yang dapat memastikan hasil foto tetap terlihat vivid dan nyata meskipun dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

“Sedikit tips buat temen-temen, kita bisa mengaktifkan fungsi auto HDR di Galaxy S23 Ultra dengan aplikasi Camera Assistant. Jadi, kita bisa mendapatkan foto HDR yang lebih jernih kapan pun kita mau tanpa perlu bolak-balik atur settings. Ketika menemukan bangunan-bangunan menarik saat jalan-jalan di malam hari juga nggak perlu khawatir. Kita bisa memanfaat Night Mode jika ingin pengambilan gambar yang lebih praktis,” kata Fenno.

memotret bangunan gedungHasil-foto-dalam-kondisi-lowlight-tetap-terlihat-epic-berkat-kemampuan-Nightography-Galaxy-S23-Ultra

Lengkapi foto bangunan dengan scenery sekitar

Foto scenery yang jernih bisa didapat menggunakan Galaxy S23 Ultra berkat resolusi kamera 200MP yang mampu memaksimalkan detail pada gambar. Bahkan, ketika hasil fotonya kita zoom dan crop, gambar akan tetap jernih, jadi kita bisa mendapatkan komposisi gambar yang kita inginkan dengan mudah. Jika butuh pengaturan kamera yang lebih advance untuk menyesuaikan setting di tempat foto, kita juga bisa menggunakan Expert RAW demi mendapatkan hasil gambar yang sesuai keinginan. Fenno menyarankan penggunaan resolusi 50 MP pada mode ini agar hasil gambar terlihat semakin detail.

Ingin mencoba Galaxy S23 Ultra 5G? Kamu bisa mendapatkan Galaxy S23 Ultra favorit secara langsung di toko online maupun gerai retail dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus
Tips

Simak! Ini Tips Memulihkan IG Story yang Telah Terhapus

IG Story adalah tempat di mana pengguna dan bisnis dapat berbagi gambar dan video vertikal dalam for..

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial
Tips

5 Langkah Jitu Menghindari Doxing di Media Sosial

Pelajari langkah-langkah terbaru untuk melindungi privasi Anda di media sosial. Dengan 5 tips ini, h..

4 Tips Jitu Explore Lebih Worry-free Pakai Galaxy S24 Series
Tips

4 Tips Jitu Explore Lebih Worry-free Pakai Galaxy S24 Series

Galaxy S24 Series bukan hanya menawarkan performa dan kecerdasan buatan (AI) yang impresif, tetapi j..

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE
Tips

Tips Bikin Skripsi Jadi Lebih Praktis dengan Galaxy AI S23 FE

Gadgetdiva.id – Mahasiswa dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menyelesaikan skrip..


;