Alasan Kenapa Galaxy S21 FE Masih Layak Beli di 2023

0
galaxy s21 fe
Samsung Galaxy S21 FE 5G Navy Blue

Gadgetdiva.id — Meski telah meluncur sejak 1,5 tahun lalu, tepatnya di awal 2022, Samsung Galaxy S21 FE ternyata masih layak untuk dibeli. Apalagi baru-baru ini, S21 FE muncul dengan warna baru, yakni Navy Blue.

Menurut pihak Samsung, Navy Blue merupakan satu dari tiga warna yang menjadi favorit para penggemar smartphone Samsung. Dua warna teratas yakni Lavender dan Cream.

Spesifikasi di dalam Galaxy S21 FE juga dianggap masih mumpuni untuk dijadikan sebagai smartphone daily driver. Artinya, pengguna yang ingin naik kelas untuk merasakan fitur-fitur flagship Samsung bisa membeli S21 FE karena budgetnya ramah di kantong.

Kamera yang jadi andalan para konten kreator

Dari sisi kamera, sebagai smartphone flagship, meski berada di level harga terendahnya, fitur kamera menjadi salah satu yang ditonjolkan. Samsung S21 FE 5G dilengkapi tiga kamera belakang dengan konfigurasi masing-masing 12 MP kamera utama dengan OIS (optical image stabilization), kamera telephoto 8 MP dengan OIS, dan kamera ultrawide 12 MP.

Di depan, tersemat kamera 32MP di lubang kamera pada tengah atas layarnya. Pembeda ponsel ini dengan Galaxy A Series (baik seri high-end yaitu Galaxy A54 dan Galaxy A73) adalah adanya fitur dual-recording. Fitur ini membuat pengguna dapat merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus. Ada dua tampilannya, ala view finder seperti video call atau split screen.

Samsung mengatakan, fitur ini cuma eksklusif di seri flagship Samsung saja.  Meski kalau di flagship S23 namanya adalah Director’s View dengan fitur yang lebih lengkap, tapi Dual Recording sudah mencukupi.

Prosesor kencang untuk kelas flagship

Pembeda selanjutnya adalah chipset yang dipakai merupakan kelas flagship. Samsung S21 FE memakai dapur pacu Exynos 2100 yang sebenarnya tergolong lawas, tapi tetap saja flagship, dengan arsitektur 5nm. Konfigurasi CPU-nya terdiri dari 1- core Cortex X1 dengan kecepatan 2.9 GHz, 3-core Cortex A78 dengan kecepatan 2.80 GHz, dan 4-core Cortex A55 dengan kecepatan 2.2 GHz.

Meski agak lama, tetapi Samsung menjamin kinerjanya tetap mumpuni untuk kebutuhan harian atau penggunaan berat. Terlebih, smartphone ini ditunjang juga dengan RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB, serta baterai 4.500 mAh dengan kemampuan fast charging 25W.

Smartphone ini juga sudah berjalan di One UI 5.1 berbasis Android 13 yang menghadirkan UI (user interface) yang lebih intuitif. Satu hal yang patut disayangkan, Samsung belum memberi kejelasan berapa kali update OS untuk Galaxy S21 FE 5G ini.

Flagship dengan harga terjangkau

Makanya, meski sudah lama meluncur, Samsung pede menghadirkan Galaxy S21 FE 5G atau Fan Edition. Harganya lebih terjangkau. Dari kehadiran awal 2022 sekitar Rp10 jutaan, kini dijual hanya Rp7 jutaan. Padahal spesifikasinya ada peningkatan, loh. Oiya, Galaxy S21 FE 5G Navy Blue hanya tersedia untuk varian RAM 8 dan ROM 256GB.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan