Google Bard Bawa Bahasa Indonesia, Begini Cara Pakainya

0
Google Bard
Foto: PCMag

Gadgetdiva.id — Chatbot AI milik Google, Bard, baru-baru ini menambah 40 bahasa baru dari berbagai negara di dunia. Termasuk bahasa Indonesia.

Sebelumnya, Google Bard meluncur pada bulan Mei pada perhelatan Google I/O 2023. Saat itu, chatbot tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan Korea.

Dua bulan setelahnya, pesaing ChatGPT ini menambah 40 bahasa baru dalam platformnya. Beberapa di antaranya ialah bahasa, Arab, China, Hindi, Spanyol dan Indonesia.

Tak hanya menambah puluhan bahasa baru, Google Bard juga membawa fitur baru. Termasuk memungkinkan pengguna untuk mengubah tanggapan Bard sesuai dengan nada atau panjang yang diinginkannya.

Misalnya, kamu ingin membuatnya jadi lebih profesional. Kemudian, saat kamu ingin melanjutkan Bard di bagian akhir, Paradiva dapat menyematkan tanggapan dan menyimpannya di sidebar.

Bagi para pembuat kode, fitur baru Google Bard ini memungkinkanmu untuk mengekspor kode Python ke Replit sebagai tambahan dari Google Colab. Paradiva juga dapat membagikan tanggapan bahkan seluruh obrolan Bard dengan orang lain melalui tautan yang dapat dibagikan.

Lebih dari itu, Google Bard juga merubah antarmuka pengguna. Perusahaan telah memindahkan Bard Activity, FAQ dan pengaturan lainnya ke sudut kanan atas platform.

Penyesuaian ini bertujuan untuk memberi pengalaman yang lebih ramping dan intuitif kepada pengguna. Caranya dengan menempatkan pengaturan dan informasi penting sehingga mudah untu diakses. Perubahan ini berkontribusi pada alur kerja yang lebih baik dan kemudahan penggunaan dalam antarmuka obrolan Bard.

Cara menggunakan Google Bard dalam Bahasa Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa langkah yang dapat Paradiva lakukan untuk menggunakan Google Bard dalam bahasa Indonesia. Di antaranya sebagai berikut.

Google Bard

  1. Buka laman bard.google.com.
  2. Setelah itu, Paradiva akan melihat tampilan Bard dengan kolom pertanyaan maupun perintah di bagian bawah.
  3. Berikan pertanyaan atau perintah dalam kolom tersebut dengan bahasa Indonesia.
  4. Google Bard secara otomatis akan menjawabnya dengan bahasa Indonesia.

Selamat mencoba ya, Paradiva!

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan