Tips

Cara Jualan Online di Live Shopping Tokopedia Play Biar Makin Cuan

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Tokopedia telah menyediakan layanan live shopping yang memungkinkan para UMKM berjualan secara real-time di platformnya. Layanan tersebut dinamakan Tokopedia Play.

Layanan Tokopedia Play sendiri sebenarnya telah hadir dalam aplikasi sejak 2018 lalu. Melalui layanan ini, Tokopedia memberi peluang promosi sekaligus meningkatkan awareness para UMKM guna menarik engagement toko online mereka.

Begini Cara Buat My Top 5: Taylor Swift's Era di Spotify

E-commerce mengungkap kategori produk terlaris di Tokopedia PLAY selama semester I 2023. Di antaranya ialah makanan dan minuman, fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan serta rumah tangga.

Adapun kenaikan rata-rata jumlah transaksi penjualan setelah menggunakan Tokopedia PLAY secara keseluruhan naik lebih dari 7 kali lipat. Angka tersebut dibandingkan semester I 2022.

“Angka kenaikan jumlah transaksi ini merupakan rata-rata sepanjang semester I 2023, terlepas ada atau tidaknya high season,” kata Associate VP of Content Marketing Platform Tokopedia Nirmala Hapsari dalam pernyataan resminya dikutip Senin (7/8).

Lebih lanjut, ditemukan pula bahwa sejumlah penjual mengalami kenaikan rata-rata transaksi hingga lebih dari 60 kali lipat selama semester I 2023 jika dibandingkan dengan semester I 2022. Beberapa kota seperti Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Sidoarjo merupakan daerah dengan jumlah tertinggi penonton Tokopedia PLAY selama semester I 2023.

Tips Jualan Online di Tokopedia Play

Nirmala pun juga turut membagi tips berjualan online di Tokopedia Play. Setidaknya, ada lima langkah yang dapat kamu ikuti, khususnya bagi Paradiva yang ingin mulai berjualan secara real time di e-commerce tersebut.

Langkah pertama ialah persiapkan alat dan tempat khusus untuk melakukan live shopping. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu terlihat lebih profesional sebagai pelaku usaha.

Persiapkan alat streaming yang memadai untuk melakukan live streaming seperti handphone, tripod dan clip-on microphone. Pastikan kamu menggunakan layar belakang yanh polos dan bersih serta pencahayaan yang terang supaya produk dan wajahmu terlihat dengan jelas.

Paradiva bisa menggunakan tambahan ring light. Supaya kualitas gambar yang ditampilkan selama live shopping lebih oke.

Langkah selanjutnya ialah berikan pengalaman interaktif yang memuaskan dengan para calon pembeli. Kamu dapat interaksi tersebut dengan secara aktif menanggapi setiap pertanyaan maupun komentar dari mereka. Hal ini merupakan keunggulan dari berjualan lewat live streaming.

Tokopedia PLAY

Pastikan bahwa konten dan topik yang dibahas pada saat live shopping sesuai dengan kategori yang kamu jual. Misal untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin tahu kualitas serta tampilan dari produk tersebut.

“Penjual dapat membuat konten berupa cara pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) pakaian untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli. Ada banyak tips dan trik lainnya terkait pembuatan konten yang menarik dan interaktif di Pusat Edukasi Seller,” ujar Nirmala.

Langkah berikutnya adalah membuat penawaran spesial yang hanya berlaku selama live shopping berlangsung. Supaya calon pembeli tertarik untuk mengikuti live shopping hingga membeli produk, Paradiva disarankan untuk menghadirkan penawaran berupa diskon atau giveaway yang hanya bisa didapatkan selama live shopping berlangsung. 

Nirmala menuturkan bahwa beberapa siaran live streaming yang paling banyak ditonton oleh masyarakat melalui Tokopedia PLAY sepanjang semester I 2023. Di antaranya ialah konten giveaway gawai (atau gadget), live call dengan influencer hingga siaran dengan diskon untuk berbagai jenis produk. 

Untuk membangun loyalitas audiens dan meningkatkan brand awareness, penjual perlu menjadwalkan live shopping secara rutin. Umumnya live shopping dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu agar produk atau toko makin diingat oleh pembeli. 

Setelah mengatur jadwal, Paradiva dapat mempromosikan tayangan tersebut melalui berbagai kanal media sosial hingga Tokopedia Feed. Buat judul konten dan cover banner yang menarik agar calon pembeli tertarik untuk menonton tayangan dan membeli produk.

Setelah sesi live shopping berakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi agar performa live shopping selanjutnya bisa makin optimal. “Melalui fitur Wawasan Video yang bisa diakses lewat aplikasi Tokopedia Seller. 

Penjual dapat mengakses data performa video live shopping. Antara lain jumlah penonton, produk yang dilihat, produk yang ditambah ke keranjang, produk terjual dan estimasi pendapatan. 

“Dengan memanfaatkan kanal video streaming Tokopedia PLAY, kami berharap pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat di era social commerce,” tutup Nirmala. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Twitter Mungkinkan Pengguna Sembunyikan Centang Biru, Begini Caranya
Tips

Twitter Mungkinkan Pengguna Sembunyikan Centang Biru, Begini Caranya

Gadgetdiva.id — Para pelanggan Twitter Blue alias X Blue kini dapat menyembunyikan centang..

Begini Cara Buat My Top 5: Taylor Swift's Era di Spotify
Tips

Begini Cara Buat My Top 5: Taylor Swift's Era di Spotify

Gadgetdiva.id — Swifties! jangan sampai kelewatan untuk membuat My Top 5: Taylor SwiftR..

Tips Pilih WiFi yang Ideal untuk Tingkatkan streaming mu!
Tips

Tips Pilih WiFi yang Ideal untuk Tingkatkan streaming mu!

Gadgetdiva.id – Untuk menikmati streaming sepenuhnya tentu kamu perlu mengandalkan koneks..

Tips Membuat Video Cinematic Pakai Samsung Galaxy A34 5G
Tips

Tips Membuat Video Cinematic Pakai Samsung Galaxy A34 5G

Gadgetdiva.id – Ketika kita mengunjungi tempat-tempat tersembunyi yang indah, rasanya seper..


;