Tips UMKM: Cara Usaha Kuliner Daftar Jadi Merchant GoFood

0
merchant gofood
Ilustrasi GoFood

Gadgetdiva.id — GoFood kini menjadi platform jual beli dan hantar makanan yang disukai oleh semua orang, termasuk merchant GoFood. Satu kali klik, bayar, maka makanan akan langsung sampai. Banyak yang bertanya tentang cara menjadi merchant GoFood sehingga pemasaran produknya lebih luas lagi.

Gadgetdiva telah mencoba membantu seorang pemilik UMKM Ayam Geprek di wilayah Jakarta Timur untuk menjadi bagian dari merchant GoFood. Perempuan pemilik UMKM itu awalnya mengaku gaptek, tidak bisa memasarkan ayam geprek buatannya melalui platform digital manapun.

Perempuan bernama Leni itu memiliki usaha ayam geprek dengan harga yang murah, hanya kisaran Rp12.000 dan selama ini hanya dipasarkan melalui status whatsapp. Dia ingin sekali bergabung menjadi bagian dari merchant GoFood.

merchant GoFood
Foto: Gojek

Kami pun menyuruhnya mengikuti langkah ini untuk jadi merchant GoFood

1. Menyiapkan KTP, nomor rekening bank, NPWP (jika tidak ada pajak restoran tak perlu).
2. Pastikan ada outlet fisik. Jika tidak ada, bisa menggunakan alamat rumah.
3. Siapkan alamat email juga, dan nomor ponsel pemilik untuk verifikasi. Sebenarnya dibutuhkan nomor telepon outlet, tapi karena pakai alamat rumah, bisa menggunakan nomor telepon pribadi.

Cara Mendaftar:

1. Download aplikasi GoBiz melalui Google Play Store, lalu klik ‘Daftar GoBiz’
2. Pilih Usaha Milik Pribadi
3. Lengkapi data yang diperlukan. Pastikan data yang dimasukkan masih aktif dan pendaftaran dilakukan oleh pemilik usaha sendiri (bukan kasir dan karyawan), lalu klik ‘Kirim data pemilik’
4. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik ‘Konfirmasi’
5. Kita akan diminta untuk mengisi dan mengirim kelengkapan data usaha sesuai dengan tipe usaha yang Anda pilih. Mohon isi data dengan lengkap dan benar.
6. Setelah semua data usaha dilengkapi, Mohon pelajari Syarat & Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik ‘Verifikasi data usaha saya’
7. Kemudian muncul pop-up konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik `Kirim`

Selanjutnya adalah tahap verifikasi yang akan memakan waktu sekitar dua hari kerja. Nantinya akan ada 3 keputusan yang akan diambil oleh GoBiz terkait pendaftaran usaha ini. Setiap pendaftaran tidak selalu disetujui. Pasti ada juga yang belum disetujui atau ditolak.

  • Jika data usaha sudah disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi dan email yang Anda daftarkan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke proses aktivasi layanan yang Anda pilih
  • Jika data usaha belum disetujui/butuh perbaikan, silakan klik ‘Perbaiki data usaha’ kemudian lihat alasannya. Mohon segera perbaiki data usaha. Anda akan diberikan waktu untuk memperbaiki data sebanyak maksimal 3 kali dalam waktu 14 hari, apabila Anda tidak memperbaiki dalam jangka waktu yang telah diberikan, maka aplikasi Anda akan dihapus. Anda juga bisa mengetahui solusinya apabila data usaha belum disetujui dengan baca artikel “Verifikasi data belum disetujui untuk usaha milik pribadi”
  • Jika data usaha ditolak, data yang Anda cantumkan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pendaftaran GoBiz. Mohon baca artikel “Verifikasi data usaha milik pribadi ditolak” untuk melihat alasan lengkap mengenai penolakkan data usaha.

Tertartik bergabung menjadi merchant GoFood?


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan