Tips

TIPS: 5 Langkah Antisipasi Sebelum iPhone Kamu Hilang Entah Kemana

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Para pemilik iPhone pasti akan ngerasa ‘nyesek’ kalau tiba-tiba perangkat kesayangannya itu hilang entah kemana. Selain karena harganya yang mahal, semua data pribadi dan penting ada di dalam iPhone tersebut. Makanya, penting untuk melakukan antisipasti agar saat iPhone hilang, kamu ga nyesek-nyesek amat.

Berikut ini, Gadgetdiva mencoba memberikan beberapa langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya pencurian data dalam iphone hilang. Mulai dari mengaktifkan airplane mode sampai mengunci ponsel agar ID Apple kita tidak bisa diakses.

Tips dan Trik Tangkap Momen Perayaan Tahun Baru Pakai realme C67

1. Aktifkan Find My iPhone

Hal pertama yang harus Paradiva lakukan dengan iPhone adalah mengaktifkan Find My iPhone. Hal ini bisa dilakukan setelah kita masuk menggunakan ID Apple. Fitur Find My iPhone bermanfaat untuk melacak keberadaan iPhone kita. Bisa jadi iPhone hilang bukan karena ada yang mengambil tapi karena anda lupa meletakkannya dimana. Selain itu, Find My iPhone juga berguna mencegah pencuri menggunakan ponsel begitu mereka mendapatkannya.

iphoneFoto: Unsplash

2. Blokir akses ke ID Apple

Hal kedua yang harus dilakukan adalah memblokir akses ID Apple. Untuk melakukannya, tetapkan kata sandi kedua untuk mengakses ID Apple di telepon. Paradiva dapat melakukan hal ini dari menu Pengaturan, lalu masuk ke Perubahan Akun dengan kata sandi. Menu ini berada di bawah Screen Time dan Content & Privacy Restriction.

3. Ubah kode PIN

Menggunakan kode pin angka memang mudah diingat, namun jauh lebih beresiko. Apalagi jika hanya menggunakan empat atau enam karakter PIN. Oleh karena itu, ada baiknya jika Paradiva mengganti kode PIN dengan password gabungan huruf dan angka. Ini tentunya harus dibedakan antara kode PIN perangkat dengan password ID Apple.

4. Gunakan Face ID di iPhone

Penggunaan kode PIN juga cukup beresiko saat kamu sedang berada dalam keramaian dan ingin membuka layar ponsel. Orang akan dengan mudah mengintipnya. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita menggunakan Face ID atau Touch ID saat akan membuka layar ponsel. Lagipula, Face ID mempercepat waktu anda untuk membuka ponsel. Cukup arahkan ponsel ke wajah, layar akan terbuka dalam hitungan detik. Jika pun terpaksa harus membuka menggunakan kode PIN, carilah tempat aman yang tidak terlalu ramai.

5. Blokir akses ke Control Center

Oia, jangan lupa untuk melindungi aplikasi sensitif dengan password, atau Face ID jika memungkinkan. Hal ini akan mencegah oknum pencuri mengakses aplikasi seperti mobile banking, ecommerce dan lainnya. Selanjutnya, blokir akses ke Control Center di lock screen iPhone sehingga pencuri tidak akan bisa mengaktifkan Airplane Mode. Pasalnya, jika Airplane Mode diaktifkan, kita tidak bisa melacak iPhone yang hilang atau menghapus data dari jarak jauh.

Yang paling penting adalah sangat dianjurkan untuk melakukan backup data iPhone. Tidak hanya mem-backup ke iCloud tapi juga menyimpannya di dalam storage lokal seperti laptop atau portable storage.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Tips Nikmati Konten Seru Pakai Ponsel 2 Jutaan Galaxy A15 Series
Tips

Tips Nikmati Konten Seru Pakai Ponsel 2 Jutaan Galaxy A15 Series

Gadgetdiva.id – Untuk meningkatkan pengalaman menikmati berbagai konten digital, Samsung me..

Tips dan Trik Tangkap Momen Perayaan Tahun Baru Pakai realme C67
Tips

Tips dan Trik Tangkap Momen Perayaan Tahun Baru Pakai realme C67

Gadgetdiva.id – Tahun baru identik dengan kemeriahan yang diiringi dengan atraksi kembang ..

Tips Penggunaan Gadget untuk Si Kecil dari Psikolog
Tips

Tips Penggunaan Gadget untuk Si Kecil dari Psikolog

Gadgetdiva.id – Gadget dapat memberikan dampak baik bagi anak apabila penggunaannya diserta..

Tips Anti Gagal untuk UMKM Dapatkan Kredit Tambahan Modal
Tips

Tips Anti Gagal untuk UMKM Dapatkan Kredit Tambahan Modal

GadgetDiva.id–Salah satu tantangan UMKM bertumbuh adalah minimnya modal. Sulitnya mendapatk..


;