Tips Biar Ga Kecanduan Instagram, Cara Setting Batasan Scrolling

0
kecanduan instagram
Foto: Instagram/@thv

Gadgetdiva.id — Sudah bukan rahasia lagi jika Instagram memang bikin kecanduan. Kalau sudah scrolling, susah untuk berhenti. Nah, ini ada beberapa tips agar tidak kecanduan Instagram.

Anak-anak muda sekarang gampang banget kecanduan Instagram. Tak hanya melihat carousel foto tapi juga video reels, dan kadang intip-intip Live orang lain. Salah satu cara untuk mencegahnya yakni membatasi screen time, atau melihat aplikasi di layar.

Meta sepertinya tertarik untuk membantu penggunanya mengatur waktu pemakaian perangkat. Oleh karena itu, di opsi Instagram, kita akan melihat menu Your Activity, yang antara lain dapat digunakan untuk melihat rata-rata scrolling Instagram harian dan menetapkan batas penggunaan.

Namun, lognya hanya mundur tujuh hari, jadi mungkin kita harus menggunakan pengelola Screen Time yang ada di ponsel untuk melihat informasi lebih lanjut. Untungnya, versi iOS atau Android terbaru mana pun memiliki cara dalam pengaturan yang dapat digunakan untuk memeriksa jam buka aplikasi tertentu.

kecanduan instagram

Tidak hanya itu, pengguna jika bisa memblokir aplikasi ini berdasarkan data batas paparan digital di smartphone.

Berikut ini 2 cara untuk mengatur Screen Time di ponsel, agar tidak kecanduan Instagram:

Cara pertama, menggunakan fitur bawaan di Instagram.

1. Buka Instagram dan sentuh ikon profil di ujung kanan bawah
2. Sentuh gambar garis 3 horizontal di ujung kanan atas untuk membuka semua menu.
3. Pilih ‘Your Activity’ dari menu yang muncul
4. Cari ke bawah ‘How You Use Instagram’
5. Pilih Time Spent

Dalam tampilannya, angka pertama di atas adalah rata-rata penggunaan harian selama tujuh hari terakhir. Tepat di bawah rata-rata jam terdapat grafik yang berisi waktu yang dihabiskan setiap hari sebelumnya di Instagram. Kita dapat menekan dan menahan ikon api/lilin di grafik untuk melihat berapa lama kita menghabiskan waktu di Instagram setiap hari.

Di bawah grafik adalah bagian Manage Your TIme”. Di sini, kita dapat mengatur pengingat istirahat untuk interval 10, 20, atau 30 menit, mengaktifkan mode senyap tanpa pemberitahuan dan balasan otomatis, dan menetapkan batas harian untuk penggunaan Instagram Anda.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan