Tips UMKM: Jangan Sampai WhatsApp Kena Hack Orang Lain

0
tulisan berkarakter whatsapp
Bisa langsung balas pesan WhatsApp dari Cover Screen di Samsung Galaxy Z Flip5.

Gadgetdiva.id — Para pemilik UMKM saat ini memang banyak yang bergantung pada WhatsApp untuk berjualan sehingga banyak yang was-was jika WhatsApp kena hack orang lain. Makanya, sangat penting untuk bisa menjaga dan melindungi akun WhatsApp jualan kita.

Ketika WhatsApp kena hack, apalagi WhatsApp Bisnis, dampaknya akan cukup signifikan terhadap bisnis UMKM. Tidak hanya kehilangan kontrol terhadap akun jualan tapi juga kehilangan data pelanggan.

Peretas dapat mengambil alih akun WhatsApp kena hack dan menggunakannya untuk tujuan yang tidak sah, seperti penipuan. Jika pelanggan mengetahui bahwa akun WhatsApp Bisnis telah diretas, ini dapat merusak reputasi bisnis dan menurunkan kepercayaan pelanggan.

whatsapp kena hack
Foto: Ilustrasi

Peretas juga dapat mengakses dan mencuri data pelanggan yang sensitif, yang bisa berdampak pada privasi dan keamanan pelanggan. Akibatnya dapat mengganggu operasi bisnis sehari-hari, termasuk komunikasi dengan pelanggan.

Untuk menghindari WhatsApp kena hack, penting bagi UMKM untuk menjaga keamanan akun mereka agar terhindar dari WhatsApp kena hack, misalnya dengan menggunakan fitur verifikasi dua langkah dan tidak membagikan kode OTP dengan orang lain. Jika akun WhatsApp Bisnis terkena hack, segera laporkan ke alamat e-mail dukungan WhatsApp di [email protected].

Nah, berikut ini ada 3 cara yang bisa UMKM lakukan agar terhindar dari WhatsApp kena hack.

1. Jangan membagikan kode apapun 

WhatsApp memiliki 6 digita kode verifikasi yang kerap digunakan untuk meregister akun kita di smartphone baru. Kode ini bisa dikirimkan melalui SMS atau voice call. Sekali kode verifikasi ini diberikan ke orang lain yang tidak bertanggung jawab, maka mereka bisa mengambil alih akun kalian dan memiliki kontrol penuh terhadapnya.

Oia, pastikan akun WhatsApp kamu ditautkan ke perangkat yang dikenal. Jika tidak, segera putuskan koneksinya dan login ulang.

2. Daftar Ulang Jika Akses Akun Menghilang

Jika Anda tiba-tiba kehilangan akses ke akun WhatsApp, kemungkinan besar orang lain telah mendapatkan akses tersebut. Dalam skenario seperti itu, tindakan terbaik adalah membatalkan pendaftaran akun WhatsApp Anda. Tindakan ini mencegah penipu mengakses obrolan sebelumnya. Dengan mendaftarkan ulang akun WhatsApp, Meta secara otomatis akan keluar dari akun kita dari perangkat lain yang tertaut, sehingga tidak mungkin orang lain dapat mengakses obrolan Anda. Untuk melakukan ini, kita hanya memerlukan akses ke kartu SIM yang digunakan untuk membuat akun WhatsApp.

3. Gunakan WhatsApp versi Terbaru dan Asli

Baik di iPhone atau Android, pastikan menggunakan aplikasi WhatsApp versi resmi dan terbaru. Praktik ini mencegah pihak ketiga mengakses data dan memungkinkan merasakan semua inovasi dan fitur terbaru yang ditawarkan oleh WhatsApp. Meskipun ada banyak aplikasi WhatsApp pihak ketiga yang tersedia, penggunaan aplikasi ini membahayakan data pribadi kita. Selain itu, menggunakan aplikasi semacam itu dapat menyebabkan hilangnya kendali sepenuhnya atas akun kita karena Meta telah memblokir secara permanen beberapa akun WhatsApp akibat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jadi, tetap waspada dan selalu berhati-hati ya, Paradiva UMKM!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan