Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google

Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google
Tips

Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google

Peneliti Ungkap Serangan Hacker Targetkan Ponsel Android Lama, Termasuk di Indonesia

Peneliti Ungkap Serangan Hacker Targetkan Ponsel Android Lama, Termasuk di Indonesia # Sumber : Dan Nelson/Unsplash

GadgetDivaGoogle baru saja mengumumkan bahwa alat keamanan mereka, Dark Web Report, akan segera tersedia secara gratis bagi semua pengguna akun Google. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan layanan berbayar Google One. Namun, mulai akhir Juli 2024, hampir semua pengguna akun Google akan bisa memanfaatkan alat ini untuk memindai dark web dan memeriksa apakah data pribadi mereka telah bocor.

Dark Web Report merupakan alat yang sangat berguna untuk menjaga keamanan data pribadi Anda. Dark web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses melalui mesin pencari biasa dan sering digunakan untuk aktivitas ilegal, termasuk perdagangan data pribadi yang dicuri.

Langkah Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Maksimalkan Ruang Penyimpanan!

Apa Itu Dark Web Report?

Dark Web Report memindai dark web untuk mencari informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat fisik, nomor telepon, alamat email, dan nomor Jaminan Sosial (untuk pengguna di AS). Alat ini dapat membantu Anda mengetahui apakah informasi tersebut telah bocor dalam kebocoran data sebelumnya.

Kapan Dark Web Report Tersedia untuk Semua Orang?

Menurut informasi dari halaman dukungan Google, perubahan ini akan terjadi pada akhir Juli 2024. Pengguna akun Google konsumen, bukan akun perusahaan, akan memenuhi syarat untuk menggunakan fitur ini. Namun, beberapa negara besar yang sering menggunakan internet tidak termasuk dalam daftar kelayakan, seperti Rusia, China, Afrika Selatan, dan Selandia Baru.

Cara Menggunakan Dark Web Report

Sejak awal Juli, pengguna gratis sudah bisa mengakses halaman Google One yang memulai pemindaian Dark Web sebagai bagian dari layanan Dark Web Report. Anda dapat memeriksa apakah alamat Gmail Anda ada di dark web dengan mengklik tombol "Run scan" di sudut kanan bawah halaman tersebut.

Jika Anda tidak beruntung (dan seperti kebanyakan orang, Anda mungkin tidak beruntung), Anda akan menerima kabar buruk yang berbunyi:

"Informasi Anda ditemukan di dark web" diikuti dengan jumlah kebocoran data yang menyertakan alamat email Anda. Ini tidak berarti bahwa kredensial alamat email atau akun Google Anda telah bocor, tetapi hanya menunjukkan bahwa alamat email tersebut termasuk dalam kebocoran data lain yang terkait dengan akun di situs atau layanan lain yang menggunakan alamat email Anda.

Dengan mengklik "View all results," Anda akan mendapatkan daftar semua kebocoran yang menyertakan informasi Anda. Jumlahnya bisa sangat banyak, terutama jika Anda telah menggunakan alamat email yang sama dalam waktu yang lama.

Mengatur Profil Pemantauan Dark Web

Saat ini, untuk mengakses laporan Dark Web lengkap, pengguna masih harus mendaftar ke akun Google One berbayar. Namun, dengan layanan ini, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Mengatur profil pemantauan dark web Anda, termasuk nama, tanggal lahir, dan alamat Gmail Anda sebagai default, serta opsi untuk menambahkan alamat fisik, alamat email tambahan, dan nomor telepon Anda.
  2. Menerima hasil pencarian Google untuk kecocokan terkait semua data ini dalam kebocoran data di dark web.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Hasil Dark Web Report

Jika kata sandi Anda bocor:

  • Ubah segera.
  • Daftar ke layanan pengelola kata sandi.

Jika alamat email Anda bocor:

  • Jika akun sensitif seperti perbankan atau data pribadi terhubung, pertimbangkan untuk membuat alamat email terpisah khusus untuk penggunaan sensitif. Jaga kerahasiaan alamat ini.

Jika informasi lainnya bocor (alamat, tanggal lahir, dll.):

  • Sayangnya, informasi tersebut sudah bocor dan sulit untuk ditarik kembali.

Mengakses Versi Gratis Laporan Dark Web

Informasi mengenai cara mengakses versi gratis layanan ini masih terbatas. Pada akhir Juli, ketika layanan ini menjadi gratis, kemungkinan halaman myaccount.google.com akan mencerminkan perubahan ini, dan fungsionalitas Dark Web Report akan diintegrasikan ke dalam bagian "Results about you" dari Google.

"Results about you" adalah layanan terpisah dari Google yang bertujuan memberikan kontrol kepada pengguna atas informasi apa yang dapat dicari tentang mereka secara online. Dark web, yang tidak dapat dicari secara definisi, sebelumnya tidak termasuk dalam layanan ini.

Dengan Dark Web Report, pengguna dapat lebih proaktif dalam melindungi data pribadi mereka dari ancaman siber yang semakin meningkat. Pastikan Anda memanfaatkan alat ini untuk menjaga keamanan data Anda dan tetap waspada terhadap ancaman yang mungkin muncul.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis dan Menggunakan Alternatif Desain Grafis
Tips

Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis dan Menggunakan Alternatif Desain Grafis

Bosan dengan Canva versi gratis? Yuk, simak tips jitu mengubah Canva Anda menjadi Pro secara gratis!..

Langkah Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Maksimalkan Ruang Penyimpanan!
Tips

Langkah Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Maksimalkan Ruang Penyimpanan!

Temukan cara mudah menghapus foto duplikat di Android dan iPhone untuk memaksimalkan ruang penyimpan..

Tips Mengelola Risiko Wi-fi Publik Menurut Kaspersky
Tips

Tips Mengelola Risiko Wi-fi Publik Menurut Kaspersky

Untuk mengurangi risiko ini, para ahli dari Kaspersky menyarankan beberapa praktik aman yang dapat d..

Tips Amankan Data Informasi dari Serangan Siber
Tips

Tips Amankan Data Informasi dari Serangan Siber

Terapkan autentikasi dua faktor untuk menambah lapisan keamanan tambahan, memerlukan verifikasi ide..


;