Tips: Cara Efektif Amankan Gmail dari Serangan Hacker

Tips: Cara Efektif Amankan Gmail dari Serangan Hacker
Tips

Tips: Cara Efektif Amankan Gmail dari Serangan Hacker

Gmail

Gmail # Sumber : Techcrunch

GadgetDiva – Semakin banyak peretas yang menargetkan orang biasa dengan tujuan mencuri kripto, mengakses rekening bank, atau bahkan sekadar menguntit. Meskipun serangan semacam ini masih relatif jarang, penting untuk mengetahui apa yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri jika mencurigai seseorang telah mengakses email atau akun media sosial Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan pada berbagai layanan online.

Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google

Seperti dalam panduan sebelumnya, ada catatan penting. Anda harus tahu bahwa metode-metode ini tidak menjamin bahwa Anda belum dikompromikan. Jika Anda masih tidak yakin, sebaiknya hubungi profesional, terutama jika Anda seorang jurnalis, disiden, atau aktivis, atau seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi menjadi target.

Catatan lainnya, jika Anda belum melakukannya, sebaiknya aktifkan otentikasi multi-faktor pada semua akun Anda, atau setidaknya yang paling penting (email, perbankan, media sosial). Direktori ini adalah sumber daya hebat yang mengajarkan cara mengaktifkan otentikasi multi-faktor pada lebih dari 1.000 situs web. (Perhatikan bahwa Anda tidak harus menggunakan aplikasi multi-faktor yang dipromosikan di situs itu, ada banyak alternatif lainnya.)

Semakin banyak layanan online yang menawarkan penggunaan kunci keamanan fisik atau passkey yang disimpan dalam pengelola kata sandi Anda, yang merupakan salah satu perlindungan tertinggi untuk mencegah intrusi akun yang bergantung pada malware pencuri kata sandi atau phishing.

Gmail Menampilkan Semua Lokasi Akun Anda Aktif

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika mencurigai seseorang telah masuk ke akun Gmail Anda (dan dengan ekstensi semua layanan Google lain yang terhubung) adalah menggulir ke bawah di kotak masuk hingga Anda melihat "Aktivitas akun terakhir" di sudut kanan bawah.

Gmail tips

Source : techcrunch

Klik "Detail." Anda kemudian akan melihat jendela pop-up yang menampilkan semua lokasi di mana akun Google Anda aktif. Jika Anda tidak mengenali salah satunya, misalnya jika berasal dari lokasi yang berbeda, seperti negara yang belum pernah Anda kunjungi, klik "Pemeriksaan Keamanan." Di sini Anda dapat melihat perangkat apa saja yang akun Google Anda aktif.

Jika Anda menggulir ke bawah, Anda juga dapat melihat "Aktivitas keamanan terbaru."

Gmail tips

Source : techcrunch

Periksa daftar ini untuk melihat apakah ada perangkat yang tidak Anda kenali. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan di salah satu tempat di atas, klik "Lihat aktivitas yang tidak dikenal?" dan ganti kata sandi Anda.

Gmail tips

Source : techcrunch

Setelah Anda mengganti kata sandi, seperti yang dijelaskan oleh Google di sini, Anda akan keluar dari semua perangkat di semua lokasi, kecuali pada "perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi bahwa itu adalah Anda saat masuk," dan beberapa perangkat dengan aplikasi pihak ketiga yang telah Anda berikan akses akun. Jika Anda ingin keluar juga dari sana, pergi ke halaman Dukungan Google ini dan klik tautan untuk "Melihat aplikasi dan layanan dengan akses pihak ketiga."

Gmail tips

Source : techcrunch

Disarankan juga untuk mempertimbangkan mengaktifkan Perlindungan Lanjutan Google di akun Anda. Perlindungan keamanan yang ditingkatkan ini membuat phishing kata sandi Anda dan meretas akun Google Anda menjadi lebih sulit. Kelemahannya adalah Anda perlu membeli kunci keamanan, perangkat keras yang berfungsi sebagai faktor kedua. Namun, kami pikir metode ini penting dan harus digunakan bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi.

Ingat juga bahwa akun email Anda kemungkinan terhubung dengan semua akun penting lainnya, jadi mengaksesnya bisa menjadi langkah pertama untuk meretas akun lain. Itulah mengapa mengamankan akun email Anda lebih penting daripada hampir semua akun lainnya.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik agar Tidak Jadi Korban Hacker
Tips

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik agar Tidak Jadi Korban Hacker

Lindungi data pribadi Anda saat menggunakan WiFi publik dengan tips dari Kaspersky. Hindari hacker d..

Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google
Tips

Cara Mudah Cek Data Pribadi di Dark Web dengan Google

Google meluncurkan Dark Web Report gratis yang memindai dark web untuk mengetahui apakah data pribad..

Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis dan Menggunakan Alternatif Desain Grafis
Tips

Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis dan Menggunakan Alternatif Desain Grafis

Bosan dengan Canva versi gratis? Yuk, simak tips jitu mengubah Canva Anda menjadi Pro secara gratis!..

Langkah Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Maksimalkan Ruang Penyimpanan!
Tips

Langkah Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Maksimalkan Ruang Penyimpanan!

Temukan cara mudah menghapus foto duplikat di Android dan iPhone untuk memaksimalkan ruang penyimpan..


;