Kisah Perjalanan Carl & Clair, Parfum Besutan UMKM Lokal Perempuan

0
28
Carl & Clair

Gadgetdiva.id — Shopee kembali menggelar Seller Story Shopee 9.9 Shopping Day, hari ini (9/6). Kali ini, seller alias UMKM lokal yang kebagian giliran ialah Carl & Clair yang berfokus membuat parfum asli Indonesia.

Dimiliki oleh seorang perempuan bernama Nouva Puspita sebagai Founder sekaligus CEO, Carl & Clair hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk wewangian berkualitas. Namun, tetap dengan harga yang ramah kantong.

Carl & Clair sendiri telah dibangun sejak 2019 lalu. Awalnya, Nouva mencoba peruntungan ke orang terdekat. Kemudian, dirinya membernikan diri unutk berpartisipasi pada acara bazar offline. Dari sana Nouva belajar banyak dari interaksi secara langsung oleh pembeli.

Memulai bisnis dari awal pasti banyak rintangannya, hal tersebut juga dirasakan oleh Nouve. Dirinya mengaku bahwa melalui banyaknya tantangan.

Salah satunya ialah saat Calr & Clair pertama kali meluncurkan produk. Dimana banyak pembeli yang bingung karena produk yang mereka hadirkan mencapai 30 varian koleksi.

“Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan,” ungkap Nouva Puspita. 

Carl & Clair

Belajar dari kegagalan tersebut, Carl & Clair selalu melakukan pemetaan konsep sebelum meluncurkan ragam koleksi. Pemetaan konsep tersebut diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan, tren dan karakter masyarakat.

“Sesuai dengan misi awal kami untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” tambah Nouva. 

Nouva sendiri turut membocorkan rahasia di balik kualits produk Carl & Clair. Dalam menghasilkan satu fragrance oil, memerlukan lebih dari seribu raw material hingga terciptalah sebuah aroma.

Proses untuk menghasilkan wangi premium, dibutuhkannya kerjasama dengan Perfumer Spesialis yang sudah bersertifikasi dan menggandeng erat frangnance house dari berbagai negara. Hal ini wujud komitmen Carl & Claire dalam menghadirkan wewangian kelas internasional di pasar Indonesia. 

Sehingga, saat mencium sebuah aroma parfum, bukan hanya indra penciuman saja yang bekerja, imajinasi dan rasa emosional seakan ikut bergabung menciptakan ruang memori positif. Disinilah peran Carl & Claire yang memberi kebebasan imajinasi para penggunanya dalam sebuah aroma.

“Kedepannya, Carl & Claire berharap dapat terus memberikan dampak kepada para penggunanya untuk dapat merasa lebih percaya diri melalui koleksi aroma parfum yang dihadirkan,” tutur Nova. 

Carl & Clair resmi berkembang di Shopee pada 2021

Untuk mengembangkan usahanya, Carl & Clair resmi bergabung di Shopee pada tahun 2021. Menurut Nouva langkah tersebut dapat semakin memperkuat presence dalam ranah digital, karena dengan ShopeeMall Nouva yakin dapat semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand. 

Pihaknya melihat platform e-commerce seperti Shopee menghadirkan tidak hanya kemudahan tetapi juga wadah bagi brand atau penjual khususnya pelaku usaha lokal untuk memperkuat potensi. Ragam fitur serta program yang ditawarkan Shopee telah disesuaikan dengan kebutuhan market baik pembeli maupun para penjual.

Carl & Clair

Salah satu diantaranya adalah panduan dari tim Shopee kepada penjual untuk memanfaatkan fitur dan program yang tersedia dalam mengembangkan produk sekaligus toko. Selain itu, Carl & Claire juga memanfaatkan program Shopee Affiliate. Dengan fitur ini, Nouva merasa sangat terbantu dimana produk Carl & Claire dapat dipromosikan sehingga meningkatkan daya tarik pengguna untuk berbelanja produknya. 

“Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi, dimana kami pelaku usaha dihadapkan oleh pembatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat,” tutur Nouva. 

Lebih lanjut, Nouva juga turut memberi semangat kepada seluruh UMKM yang sedang berjuang. Dirinya menyatakan bahwa seberat apapun rintangan awal yang dihadapi, ingat akan banyak hal baik dan kesuksesan yang menanti di akhir nanti. 

Layaknya mengayuh sepeda, terasa berat di awal namun pada akhirnya ban roda tersebut akan berputar dan membuat beban menjadi lebih ringan. Intinya jangan cepat menyerah, berani menerobos hal baru, karena kegagalan itu bukan berarti berhenti tapi awal mula dari kesuksesan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini