Kisah UMKM Tokopedia dari Modal Rp0 Hingga Capai Omzet Harian Jutaan

Kisah UMKM Tokopedia dari Modal Rp0 Hingga Capai Omzet Harian Jutaan
UMKM

Kisah UMKM Tokopedia dari Modal Rp0 Hingga Capai Omzet Harian Jutaan

Kisah UMKM Tokopedia dari Modal Rp0 Hingga Capai Omzet Harian Jutaan

Kisah UMKM Tokopedia dari Modal Rp0 Hingga Capai Omzet Harian Jutaan # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Kisah inspiratif datang dari dua UMKM Tokopedia yang berhasil memenangkan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia. Mulai dari punya modal Rp0 hingga bisa raih omzet jutaan per hari.

Dalam rangka hari jadi yang ke-empat untuk aplikasi Mitra Tokopedia, perusahaan tersebut menggelar kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia lewat kampanye #SemangatKu4t. Guna mengapresiasi para UMKM Tokopedia lokal, khususnya mereka yang merupakan pegiat usaha tradisional.

Tokopedia Boyong Merek Lokal ke Kancah Internasional

Dari kompetisi tersebut terpilihlah dua pemenang yang paling inspiratif dan berdampak positif untuk lingkungan di sekitarnya. Dua UMKM Tokopedia itu adalah Marfour Syam dan Titin Lestari.

“Selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia–seperti Ibu Marfour dan Ibu Titin–juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” ungkap Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo pada acara Konferensi Pers Virtual Peringatan HUT ke-4 Mitra Tokopedia, Selasa (1/11) kemarin. 

Kisah Inspiratif UMKM Tokopedia

Kisah inspiratif pertama datang dari Marfour Syam yang memiliki modal Rp0 sejak pertama kali menggunakan aplikasi Mitra Tokpedia. Dia bercerita bahwa ia telah menggunakan aplikasi tersebut sedari 2018.

Marfour Syam sendiri merupakan pemilik Toko Si Kembar yang berada di wilayah Bogor, Jawa Barat. Sebuah toko yang menjual produk digital. Ia bergabung dengan Mitra Tokopedia karena suaminya terpaksa harus berhenti bekerja.

Lewat aplikasi tersebut, dia tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital. Menurut catatannya, produk yang paling diminati ialah pulsa telepon, paket data, vouchrr games dan token listrik.

UMKM Tokopedia

Salah satu kebiasaan baik yang paling sering dilakukannya ialah dia selalu ikut menyumbang dalam kegiatan Jumat Berkah di lingkungannya. Tentunya, untuk berbagi rezeki kepada sesama.

Marfour mengaku banyak sekali kemudahan yang didapatkannya sedari menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia. Terlebih dalam pecatatan hutang pelanggan maupun mengatur pembukuan lewat fitur Catat Hutang.

“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data,” ungkap Marfour.

Sama halnya dengan Titin Lestari yang berasal dari Medan, Sumatra Utara. Dia merupakan pemilik Toko Gibran yang telah berdiri sejak 2017 lalu. Dua tahun setelahnya, dia bergabung dengan aplikasi Mitra Tokopedia.

Titin merasa sangat terbantu dengan aplikasi Mitra Tokopedia. Dimana ia dapat menstok barang melalui fitur Grosir, sekaligus menggunakan fitur Produk Digital untuk berjualan beragam produk seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Salah satu keuntungan yang dirasakan Titin setelah bergabung dalam aplikasi tersebut ialah dia bisa mendapatkan omzet harian mencapai jutaan rupih. Tepatnya, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Bahkan, tokonya kini dapat membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.

“Warung saya jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga yang tidak punya tempat berjualan. Untuk menitipkan barang dagangan mereka,” tutur Titin.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

3 Pemenang W20 Sispreneur, dari Mainan Edukasi Anak sampai Fashion
UMKM

3 Pemenang W20 Sispreneur, dari Mainan Edukasi Anak sampai Fashion

Gadgetdiva.id — Program Woman 20 (W20) Sispreneur mengumumkan 10 perempuan pelaku UMKM yang..

Tokopedia Boyong Merek Lokal ke Kancah Internasional
UMKM

Tokopedia Boyong Merek Lokal ke Kancah Internasional

Gadgetdiva.id — Tokopedia telah berhasil memboyong merek lokal dalam industri kecantikan da..

Kitchen Uni Lien Kalimalang, Ingin Tetap Konsisten di Rasa
UMKM

Kitchen Uni Lien Kalimalang, Ingin Tetap Konsisten di Rasa

Gadgetdiva.id — Pukul 17.35. Beruntung hari itu adalah Sabtu. Waktunya santai dan bersilatu..

Kisah Perjalanan Carl & Clair, Parfum Besutan UMKM Lokal Perempuan
UMKM

Kisah Perjalanan Carl & Clair, Parfum Besutan UMKM Lokal Perempuan

Gadgetdiva.id — Shopee kembali menggelar Seller Story Shopee 9.9 Shopping Day, hari ini (9/..


;