Berkat Internet, Peluang Bisnis Makin Terbuka di Pelosok

0
berkat internet
Foto: Ilustrasi

Tidak dipungkiri lagi jika masyarakat pelosok makin terbuka aksesnya untuk berbisnis, berkat internet. Bahkan mereka bisa sekaligus menjadi konten kreator dan mendapatkan cuan sampai puluhan juta.

Berkat internet, berjualan online memiliki jangkauan yang luas, hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Pedesaan yang kaya akan buah-buahan misalnya, akan memberikan peluang bisnis yang lebih luas kepada petani dalam membantu meningkatkan pendapatan dengan berjualan makanan khas berbahan dasar buah.

Memanfaatkan internet untuk berjualan telah terbukti dapat membantu meningkatkan pendapatan. Salah satu berkat internet, [emilik akun TikTok bernama sohibcemilan misalnya, berdasarkan data dari situs KaloData.com, pendapatan rata-rata per hari akun ini ada di kisaran Rp115 jutaan.

Akun TikTok bernama Eat Sambal adalah contoh sukses lain yang berhasil memanfaatkan internet untuk berjualan. Kombinasi produk dan penyampaian melalui konten yang menarik menjadi kunci utama kesuksesan mereka.

berkat internet
Foto: Ilustrasi

Berdasarkan data dari KaloData.com, akun Eat Sambal mampu menghasilkan pendapatan rata-rata per hari di angka Rp90 jutaan dari satu konten TikTok. Semua berkat internet.

Selain itu, masyarakat di pelosok juga berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program Sobat IndiHome (SOBI). Informasi lengkap tentang program ini bisa ditemukan di situs SOBI.

Tips Berjualan Online Melalui Konten yang Kreatif

Berjualan online membutuhkan strategi agar produk yang kita jual bisa laris pembeli. Bagi masyarakat di pelosok, media sosial adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk dagangannya.

Ceritakan lah kisah inspiratif tentang produk untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Misalnya, jika kita menjual produk makanan, ceritakan tentang bagaimana produk tersebut dibuat dengan resep turun-temurun yang sudah berusia puluhan tahun.

Dengan bercerita, kita bisa mendapatkan eksposur lebih dari followers, yang pada akhirnya memiliki potensi untuk mendatangkan pembeli. Berikut strategi jualan online yang bisa dicoba:

  • Membuat konten video yang menarik dan lucu, misalnya cerita pendek
  • Buat video tentang proses pembuatan produk
  • Gunakan produk dalam konten video yang menampilkan cerita
  • Ikut tren media sosial yang viral dengan menyelipkan informasi produk

Manfaat Berjualan Online Bagi Masyarakat di Pelosok Indonesia Berkat Internet

Berjualan online memiliki banyak manfaat bagi masyarakat di pelosok Indonesia, salah satunya adalah untuk memperluas pasar dan menjangkau pelanggan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh seller juga tentunya akan meningkat, seiring dengan peningkatan pada jumlah penjualan produk yang dipasarkan. Selain itu, beberapa manfaat lain dari berjualan online di antaranya:

  1. Mengurangi ketergantungan pada toko fisik
    Dengan berjualan online, masyarakat di pelosok dapat menjual produk mereka secara langsung kepada pelanggan, tanpa harus melalui perantara atau toko fisik.
  2. Menghemat pengeluaran operasional
    Berjualan online membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional dalam proses pemasaran dan distribusi produk.
  3. Mengurangi kesenjangan ekonomi
    Berjualan online juga dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi antara daerah perkotaan dan pelosok. Dengan menggunakan platform e-commerce, masyarakat di pelosok dapat memiliki akses yang sama dengan masyarakat di perkotaan dalam hal pemasaran dan penjualan produk. Hal ini dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pelosok.
  4. Memacu inovasi dan kreativitas
    Dengan berjualan online, masyarakat di pelosok dapat terus memperbaiki produk mereka dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya saing dan membuka peluang bisnis baru di masa depan.

Hadirnya internet yang menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia secara signifikan turut berperan dalam membantu masyarakat di pelosok untuk mendapatkan penghasilan dari berjualan online.

Hadirnya provider internet seperti IndiHome dari Telkom Indonesia, memberi peluang kepada masyarakat di pelosok untuk menghasilkan cuan jutaan dari berjualan online melalui platform marketplace dan media sosial.

Dalam era serba digital seperti saat ini, berjualan online bisa menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat di pelosok untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan