UMKM

IndiHome Dilepas, Muncul IndiBiz Telkom untuk UKM

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Usai melepas IndiHome, Telkom mempercepat upayanya untuk masuk ke segmen business to business (B2B) dengan mempersiapkan IndiBiz. Platform ini akan dijadikan one stop solutions untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Seperti diketahui, UKM merupakan pasar yang cukup besar di Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan UMKM menyebut jika jumlah pengusaha mikro, kecil dan menengah di tanah air sudah mencapai angka 8,71 juta. Bahkan UKM dipastikan mampu membantu Indonesia untuk bangkit dari resesi ekonomi, terutama saat pandemi melanda kemarin.

Perempuan yang Punya Ide Inovatif Wajib Ikut Indosat SheHacks 2023

Semua tak lepas dari kegigihan para UKM untuk mau mengenal teknologi. Proses digitalisasi bisnis menjadi hal yang tidak bisa dihindari di tubuh UKM tanah air. Menjawab kebutuhan digitalisasi dunia usaha tersebut, Telkom Indonesia menghadirkan ekosistem solusi dunia usaha Indonesia bernama IndiBiz.

IndibizKi-Ka : SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza; Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah; Venusiana Papasi, Acting Director of Enterprise and Business Services PT Telkom.

Dijelaskan Venusiana Papasi, Acting Director of Enterprise and Business Services PT Telkom, menyebut jika sejatinya Telkom sudah mengarah ke segmen B2B sejak lama, namun belum difokuskan. Tahun ini, usai melepas IndiHome, Telkom akan mulai memfokuskan diri untuk Small Medium Business (SME).

“SME itu ada dua, yakni local collaboration dan local government. Jadi IndiBiz ini akan kami fokuskan sebagai solusi dunia usaha. Singkatan dari Indonesia Digital Business,” ujar Venus di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

Mengenal IndiBiz Telkom

Nantinya, kata dia, akan ada 4 pilar yang difokuskan untuk mendorong UKM Go Digital dan Go Global. Yakni, menyiapkan platform digital untuk menjembatani UKM dengan konsumen, kolaborasi dengan startup, kolaborasi dengan platform pembayaran, dan tentunya bekerja sama dengan dunia usaha. Salah satu yang akan digelontorkan adalah memberikan pendanaan melalui kerja sama dengan lembaga penanaman modal untuk menghadirkan solusi pengembangan modal usaha para pelaku usaha di Indonesia.

“Platform-nya berbentuk aplikasi. Isi di dalamnya ada semua aplikasi yang dibutuhkan oleh UKM, mulai dari kesehatan, transportasi (logistik), pertanian/peternakan, edukasi dan keuangan,” papar Venus.

Dalam IndiBiz akan ada banyak solusi digital di berbagai sektor. Di antaranya adalah Pijar untuk solusi digital sektor pendidikan. Netmonk, monitor jaringan yang komprehensif untuk semua pelaku usaha. Agree, platform digital untuk bidang pertanian. Logee untuk sektor logistik. Kuncie, platform digital untuk belajar bisnis dan ratusan produk digital lainnya yang juga didukung konektivitas dari Telkom.

Apakah IndiBiz akan menjadi SuperApp untuk pelaku UKM? Bisa jadi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

14 Tahun di Singapura, Pulang Ke Indonesia Ingin Lukis Wajah Orang
UMKM

14 Tahun di Singapura, Pulang Ke Indonesia Ingin Lukis Wajah Orang

Gadgetdiva.id — Di gang sempit itu, kursi-kursi berselimutkan kain putih telah berjejer den..

Perempuan yang Punya Ide Inovatif Wajib Ikut Indosat SheHacks 2023
UMKM

Perempuan yang Punya Ide Inovatif Wajib Ikut Indosat SheHacks 2023

Gadgetdiva.id — Ada yang beda dari Indosat SheHacks 2023, yakni apresiasi akan ide inovatif..

Berkat Internet, Peluang Bisnis Makin Terbuka di Pelosok
UMKM

Berkat Internet, Peluang Bisnis Makin Terbuka di Pelosok

Tidak dipungkiri lagi jika masyarakat pelosok makin terbuka aksesnya untuk berbisnis, berkat inte..

Cara Mendapatkan Passive Income, Gabung Affiliate
UMKM

Cara Mendapatkan Passive Income, Gabung Affiliate

Salah satu cara yang sedang menjadi tren saat ini untuk mendapatkan passive income adalah gabung ..


;