5 Tahun Perjalanan, KOMPAG Perkuat Program Dorong UMKM Naik Kelas

5 Tahun Perjalanan, KOMPAG Perkuat Program Dorong UMKM Naik Kelas
UMKM

5 Tahun Perjalanan, KOMPAG Perkuat Program Dorong UMKM Naik Kelas

UMKM

UMKM # Sumber : KOMPAG

GadgetDiva – Dalam rangka merayakan Hari UMKM Nasional 2024, GoFood, layanan pesan-antar makanan dari Gojek, menegaskan komitmennya terhadap pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia. GoFood meluncurkan Pojok Belajar di bawah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), bertujuan mendorong UMKM naik kelas dengan menyediakan akses edukasi dan networking yang lebih baik.

Menurut studi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada 2024, 83,46% pelaku usaha menghadapi tantangan dalam menggunakan platform digital, menyoroti kebutuhan mendalam untuk edukasi dan jaringan. Menanggapi hal ini, GoFood mendirikan KOMPAG pada 2019 untuk menyediakan sarana edukasi dan networking bagi mitra usahanya.

Leoni Kibarkan Bisnis di Bogor, Teladani Filosofi Bisnis Pendiri Astra

Felicia Natalie Wijaya, Head of Merchant Marketing Gojek, mengungkapkan bahwa KOMPAG telah berkembang pesat dalam lima tahun terakhir, kini memiliki lebih dari 212.000 anggota aktif di 80 kota Indonesia. Ini menandakan minat besar di kalangan pelaku UMKM digital untuk bergabung dan belajar melalui komunitas ini.

Untuk memenuhi permintaan yang tinggi, KOMPAG 2024 menghadirkan tiga program utama. Pertama, Webinar NGOPI, sesi online dua kali sebulan yang memungkinkan pelaku UMKM saling berbagi strategi bisnis kuliner. Kedua, KOMPAG Kopdar, pertemuan bulanan tatap muka antara mitra usaha dan manajemen GoFood untuk berbagi ilmu dan membangun jaringan.

Ketiga, Pojok Belajar, yang diluncurkan awal 2024, menyediakan sesi berbagi ilmu intensif secara tatap muka di enam kota: Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Solo, dan Denpasar. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam bagi mitra usaha GoFood.

Ihdal, pemilik UMKM Ayam Bakar & Soto Betawi Ibu Titin dan salah satu narasumber Pojok Belajar, berbagi pengalamannya. Ia mengungkapkan bahwa bergabung dengan GoFood dan KOMPAG telah meningkatkan omzet usahanya hingga enam cabang dan memberikan banyak lapangan kerja, serta memberikan rasa dukungan dan komunitas.

Selain program-program ini, KOMPAG juga secara rutin memberikan edukasi melalui Facebook Page dan podcast NGOPI, yang telah ditonton lebih dari 380.000 kali dalam tujuh bulan terakhir. Mitra usaha GoFood dapat bergabung dengan Facebook Page KOMPAG melalui link: gjk.id/gabungkompag.

Dampak keseluruhan dari kegiatan KOMPAG dan GoFood terlihat dari riset terbaru LPEM FEB UI 2024, yang menunjukkan bahwa layanan GoFood telah menyumbang Rp 19,68 triliun, atau 3,7% dari PDB Indonesia 2023, mempertegas kontribusi signifikan mereka terhadap perekonomian.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

UMKM Cuan 463 Juta Rupiah dari Digiland 2024
UMKM

UMKM Cuan 463 Juta Rupiah dari Digiland 2024

Pada acara tersebut, Telkom menghadirkan pasar rakyat dan bazaar UMKM yang diikuti oleh 34 tenant, d..

Leoni Kibarkan Bisnis di Bogor, Teladani Filosofi Bisnis Pendiri Astra
UMKM

Leoni Kibarkan Bisnis di Bogor, Teladani Filosofi Bisnis Pendiri Astra

Perjalanan Leoni Agus Setiawati membangun bisnis dimulai dari bisnis fashion muslim dengan modal han..

Transaksi Produk UMKM di Tokopedia dan ShopTokopedia Naik 2 Kali Lipat
UMKM

Transaksi Produk UMKM di Tokopedia dan ShopTokopedia Naik 2 Kali Lipat

UMKM menyumbang lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia, dan Tokopedia serta ShopTokopedia berusaha me..

5 Langkah Efektif Tingkatkan Bisnis UMKM Toko Herbal
UMKM

5 Langkah Efektif Tingkatkan Bisnis UMKM Toko Herbal

Tingkatkan bisnis UMKM herbal dengan 5 langkah efektif dari Lazada, termasuk pentingnya legalitas, s..


;