KemenPPPA Beber UMKM Indonesia Masih Minim Akses Digital

0
UMKM

Gadgetdiva.id — Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyatakan bahwa UMKM masih minim akses ke ruang digital. Hal tersebut disampaikannya dalam acara peluncuran Modul Perempuan Maju Digital pada hari ini, Selasa (12/7).

“Ketika kita berbicara akses di teknologi ini juga menjadi PR, perempuan masih tertinggal dengan laki-laki,” pungkas Menteri PPPA Bintang Puspayoga yang ditemukan di bilangan Jakarta Selatan.

Pihaknya menyampaikan bahwa menurut data Kementerian Perdagangan di tahun 2021, ada 94 persen UMKM tidak menggunakan komputer dalam bisnisnya. Sebanyak 80 persen di antaranya belum menggunakan internet.

Sedangkan, 15,3 juta UMKM belum menggunakan platform digital untuk memasarkan produknya. Sedangkan, 24 persen pelaku UMKM di antaranya telah memanfaatkan teknologi digital.

Di samping itu, data KUKM menunjukkan bahwa dari 65,6 juta UMKM di Indonesia hampir 64 juta adalah usaha mikro. 60 persen di antaranya dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

“Kenapa dalam mengakses, berpartisipasi dalam pembangunan para perempuan Indonesia ini masih menjadi PR? Ini bukan karena perempuan yang lemah, namun karena konstruksi sosial budaya patriarki yang mengakar berabad-abad inilah yang harus kita kikis,” tegas dia.

Oleh sebab itu, pihaknya dan Tokopedia meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang diperuntukan khusus untuk mengedukasi perempuan pelaku UMKM di seluruh penjuru Indonesia. Modul ini dihadirkan untuk meningkatkan daya saing UMKM perempuan yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online.

Melalui modul ini, KemenPPPA berharap perempuan dapat berdaya secara ekonomi. Sebab, dengan berdaya secara ekonomi, berbagai tantangan terkait isu perempuan yang sangat kompleks dan multi sektroal ini dapat cepat terselesaikan.

“Kalau kita berdaya secara ekonomi, isu pengasuhan, kekerasan, pekerja anak, demikian juga perkawinan anak akan bisa kita selesaikan. Untuk itu, kegiatan hari ini menjadi sangat amat penting untuk gerak langkah kita bersama,” imbuh Bintang.

Adapun beberapa isu penting yang dibahas dalam Modul Perempuan Maju Digital. Mulai dari 10 langkah awal pemberdayaan bisnis milik perempuan, e-commerce membuat perempuan suskes dalam ekonomi digital, cara memajukan bisnis milik perempuan, hingga hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi perempuan pengusaha di era digital.

Modul Perempuan Maju Digital dapat diakses secara gratis lewat Pusat Edukasi Seller Tokopedia. Modul ini juga disosialisasikan ke perempuan pelaku UMKM lewat Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) yang rutin diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan