Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi
UMKM

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi

Telkomsel DCE Cari 5 UKM Terbaik dari 300 Peserta Terseleksi # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.idTelkomsel DCE mulai mencari usaha kecil menengah (UKM) terbaik di bidang makanan dan minuman, fashion, kerajinan tangan, dan personal care. Nantinya akan dipilih 5 UKM terbaik dari 300 peserta terseleksi.

Langkah ini dilakukan Telkomsel melalui Digital Creative Entrepreneurs (DCE) untuk memposisikan diri sebagai Small Medium Enterprise (SME) impact accelerator. Ini merupakan event DCE tahun ketiga.

UMKM Toko Yatmi: 6000 Kontak WhatsApp adalah Aset Jualan

Dikutip dari studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77 persen UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5 persen di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif. Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.

telkomsel DCEVP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel – Saki H. Bramono (tengah). GM CSR Telkomsel – Andry P. Santoso.

Telkomsel DCE untuk UKM Indonesia

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan jika Telkomsel terus berupaya menciptakan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan yang mengimplementasikan prinsip ESG, program DCE dihadirkan kembali dengan mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal.

“Telkomsel berharap program DCE dapat terus secara relevan mengakselerasi perkembangan bisnis UKM agar dapat bergerak dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,” ujar Saki di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Telkomsel meningkatkan program DCE ke-3 tahun ini dengan kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM, membuka peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel, penyelenggaraan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline, keterlibatan komunitas-komunitas pendukung UKM seperti Rumah BUMN, inkubator bisnis kampus, dan komunitas kreatif lokal, serta peningkatan peran alumni sebagai pendamping mentor.

“Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care,” jelasnya.

Hari ini, 6 Desember 2023, Telkomsel memulai kick off dengan melangsungkan 3rd DCE Open Call di Jakarta. Salah satu pembicara adalah Co-Founder Maharati sekaligus alumni program DCE Nirakatriena Pravitaswari. Kemudian, Telkomsel akan melangsungkan kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).

Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha, kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya, kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.

Telkomsel DCE adalah program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel yang berfokus membuka lebih banyak peluang dengan mengambil peran sebagai platform akselerasi untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia melalui pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas Telkomsel.

Program DCE dirancang secara khusus untuk mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global. Dihadirkan sejak 2021, hingga tahun ketiga pelaksanaannya program Telkomsel DCE telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumninya.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Pertamina Berikan Pelatihan untuk Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan
UMKM

Pertamina Berikan Pelatihan untuk Ribuan Pengusaha UMKM Perempuan

gadgetdiva.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perempuan merupakan penopang pere..

UMKM Toko Yatmi: 6000 Kontak WhatsApp adalah Aset Jualan
UMKM

UMKM Toko Yatmi: 6000 Kontak WhatsApp adalah Aset Jualan

Gadgetdiva.id — Wanita berjilbab ungu itu berjalan tergopoh-gopoh mendekatiku. Kami memang ..

Perjalanan Mama Sariat Tole, Seniman Kain Tenun Ikat Alor Berkualitas Ekspor
UMKM

Perjalanan Mama Sariat Tole, Seniman Kain Tenun Ikat Alor Berkualitas Ekspor

Gadgetdiva.id – Kampung kecil bernama Kampung Hula yang terletak di pedalaman Pulau Alor, N..

Dari TSDC Store Bali Kita Tahu Kerajinan Tangan Tak Hanya dari Rotan
UMKM

Dari TSDC Store Bali Kita Tahu Kerajinan Tangan Tak Hanya dari Rotan

Gadgetdiva.id— Ni Wayan Sri Mustika Dewi dengan gamblang dan jelas memperkenalkan kerajinan..


;