UMKM

Tips UMKM: Cara Usaha Kuliner Daftar Jadi Merchant GoFood

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — GoFood kini menjadi platform jual beli dan hantar makanan yang disukai oleh semua orang, termasuk merchant GoFood. Satu kali klik, bayar, maka makanan akan langsung sampai. Banyak yang bertanya tentang cara menjadi merchant GoFood sehingga pemasaran produknya lebih luas lagi.

Gadgetdiva telah mencoba membantu seorang pemilik UMKM Ayam Geprek di wilayah Jakarta Timur untuk menjadi bagian dari merchant GoFood. Perempuan pemilik UMKM itu awalnya mengaku gaptek, tidak bisa memasarkan ayam geprek buatannya melalui platform digital manapun.

Soal Jualan Barang Impor di Social Commerce, Pengamat: Yang Salah Regulasinya

Perempuan bernama Leni itu memiliki usaha ayam geprek dengan harga yang murah, hanya kisaran Rp12.000 dan selama ini hanya dipasarkan melalui status whatsapp. Dia ingin sekali bergabung menjadi bagian dari merchant GoFood.

merchant GoFoodFoto: Gojek

Kami pun menyuruhnya mengikuti langkah ini untuk jadi merchant GoFood

1. Menyiapkan KTP, nomor rekening bank, NPWP (jika tidak ada pajak restoran tak perlu).
2. Pastikan ada outlet fisik. Jika tidak ada, bisa menggunakan alamat rumah.
3. Siapkan alamat email juga, dan nomor ponsel pemilik untuk verifikasi. Sebenarnya dibutuhkan nomor telepon outlet, tapi karena pakai alamat rumah, bisa menggunakan nomor telepon pribadi.

Cara Mendaftar:

1. Download aplikasi GoBiz melalui Google Play Store, lalu klik ‘Daftar GoBiz’
2. Pilih Usaha Milik Pribadi
3. Lengkapi data yang diperlukan. Pastikan data yang dimasukkan masih aktif dan pendaftaran dilakukan oleh pemilik usaha sendiri (bukan kasir dan karyawan), lalu klik ‘Kirim data pemilik’
4. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS, lalu klik ‘Konfirmasi’
5. Kita akan diminta untuk mengisi dan mengirim kelengkapan data usaha sesuai dengan tipe usaha yang Anda pilih. Mohon isi data dengan lengkap dan benar.
6. Setelah semua data usaha dilengkapi, Mohon pelajari Syarat & Ketentuan layanan yang dipilih, lalu centang dan klik ‘Verifikasi data usaha saya’
7. Kemudian muncul pop-up konfirmasi. Pastikan data sudah sesuai, lalu klik `Kirim`

Selanjutnya adalah tahap verifikasi yang akan memakan waktu sekitar dua hari kerja. Nantinya akan ada 3 keputusan yang akan diambil oleh GoBiz terkait pendaftaran usaha ini. Setiap pendaftaran tidak selalu disetujui. Pasti ada juga yang belum disetujui atau ditolak.

  • Jika data usaha sudah disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi dan email yang Anda daftarkan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke proses aktivasi layanan yang Anda pilih
  • Jika data usaha belum disetujui/butuh perbaikan, silakan klik ‘Perbaiki data usaha’ kemudian lihat alasannya. Mohon segera perbaiki data usaha. Anda akan diberikan waktu untuk memperbaiki data sebanyak maksimal 3 kali dalam waktu 14 hari, apabila Anda tidak memperbaiki dalam jangka waktu yang telah diberikan, maka aplikasi Anda akan dihapus. Anda juga bisa mengetahui solusinya apabila data usaha belum disetujui dengan baca artikel “Verifikasi data belum disetujui untuk usaha milik pribadi”
  • Jika data usaha ditolak, data yang Anda cantumkan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pendaftaran GoBiz. Mohon baca artikel “Verifikasi data usaha milik pribadi ditolak” untuk melihat alasan lengkap mengenai penolakkan data usaha.

Tertartik bergabung menjadi merchant GoFood?


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Jelang Hari Pangan Sedunia, Kisah UMKM Sambal Bu Djui
UMKM

Jelang Hari Pangan Sedunia, Kisah UMKM Sambal Bu Djui

Gadgetdiva.id — Jelang Hari Pangan Sedunia, UMKM lokal terus unjuk gigi, terutama mereka ya..

Soal Jualan Barang Impor di Social Commerce, Pengamat: Yang Salah Regulasinya
UMKM

Soal Jualan Barang Impor di Social Commerce, Pengamat: Yang Salah Regulasinya

Gadgetdiva.id — Pemerintah tengah menggodok aturan baru untuk memisahkan media sosial agar ..

Indibiz Hotel, Bisa Pantau Aset dan Komunikasi Pelanggan di Satu Pintu
UMKM

Indibiz Hotel, Bisa Pantau Aset dan Komunikasi Pelanggan di Satu Pintu

Gadgetdiva.id — Langkah Telkom untuk masuk ke ranah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ternyata..

Kisah UMKM Bekasi Andalkan 4G Telkomsel untuk Jualan Kentang Mustofa
UMKM

Kisah UMKM Bekasi Andalkan 4G Telkomsel untuk Jualan Kentang Mustofa

Sudah banyak orang yang tahu mengenai kuliner bernama kentang mustofa. Namun tak banyak yang paha..


;